PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPERKENALKAN SITUS PASAR.ID

Helvano Putra Leo Virgi Siregar, Toto Haryadi

Abstract


Pasar.id merupakan situs milik Bank BRI yang dapat memfasilitasi para pedagang pasar untuk berjualan secara online di masa pandemi ini. Namun, karena kurangnya penyampaian informasi, variasi media, dan kegiatan promosi, masih banyak masyarakat yang belum tahu mengenai situs ini. Metode kualitatif dalam perancangan ini digunakan dengan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan internet, kemudian diolah dengan metode analisis SWOT. Berdasar dari hasil analisis SWOT tersebut maka strategi yang akan digunakan dalam perancangan media ini adalah menggunakan Bank BRI sebagai brand yang dapat meningkatkan kepercayaan para pedagang pasar untuk bergabung dan berjualan secara online menggunakan situs Pasar.id. Hasil dari perancangan ini adalah billboard sebagai media utama serta spanduk, poster, poster digital, komik strip digital, dan konten feed instagram sebagai media pendukung.

Full Text:

PDF

References


Arifin dan Kusrianto. (2009). Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

A Shimp, Terence. (2003). “Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi. Pemasaran Terpadu)”. Jilid I, edisi Terjemahan, Jakarta : Erlangga

Asyhar, Rayandra. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Brewster, David. (1831). Teori Warna Brewster. Retrived January 2, 2021, from http://edupaint.com/warna/roda-warna/486-read-110617-teori-warnabrewster.html

Cangara, Hafied. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.

Cenadi, Christine Suharto. (1999), Elemen-Elemen Dalam Desain Komunikasi Visual. Jakarta

Craig, James. (2006). Designing With Type: The Essential Guide to Typography. Watson. Gutpill Publictaion.

Dalma, M. Afif. (2021). Warna: Pengertian, Jenis, dan Contoh Warna. Retrived January 2, 2021, from http://dosenpintar.com/campuran-warna

David, Fred. R. (2011) Startegic Management: Concept and Case -13/E. Pearson Education, Inc. New York City.

Ehrenberg, Ronald G., dan Smith, Robert S. (2003). Modern Labor Economics: Theory and Public Policy, Eight Edition (Edisi Terjemahan). Pearson Education, Inc. New York City.

Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip (2005) Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV Andi Offset.

McCarthy, E. J. (1960). Basic Marketing: A Managerial Approach. Homewood: R.D. Irwin

Sawa, Bartholo Bush. (2014). Teori Tipografi Jenis Huruf Part 1. Retrived January 2, 2021, from http://dumetschool.com/blog/Teori-Tipografi-Jenis-Huruf-Part-1

Soedarso. (1990). Tinjauan Seni. Yogyakarta: Saku Dayar Sarana.

Strauss, J., & Frost, R. (2001). E-marketing. New Jersey: Upper Saddle.

Sudiana, Dendi. (2001). Pengantar Tipografi. Bandung: Rumah Produksi Dendi Sudiana

Zaenuddin. (2020). Pengertian Ilustrasi, Fungsi, Tujuan, Jenis & Contoh Ilustrasi. Retrived January 2, 2021, from http:// https://artikelsiana.com/pengertian-ilustrasi-fungsi-tujuan/




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v3i3.5927

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0