PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN SIRUP PALA BANARAN GROUP PRODUCT

Authors

  • Laila Nihayatul Quswa Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Henry Bastian Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v2i01.3749

Abstract

Tujuan perancangan media promosi sirup pala Banaran group Product merupakan upaya untuk meningkatkan penjualan Banaran Group Product khususnya sirup pala yang ditujukan kepada masyarakat luas dan Semarang. Proses perancangan menggunakan metode kualitatif dengan tahapan berupa pengupulan data, data primer (wawancara, observasi, dokumentasi) dan data sekunder (internet, laporan). Data yang telah diperoleh akan dijabarkan kemudian dianalisis melalui teknikkSWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats). Dalam perancangan penulis membuat media promosi berupaamedia utama adalah web banner, dan mediappendukung berupa x-banner, poster, flyer, merchandise. Menampilkan konsep media yang menarik, sedehana, modern dan elegan.

References

Sihombing, D. (2015). tipografi dalam desain grafis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Morissan, M.A. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu

Suyanto M. 2004. Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Yogyakarta: Andi.

Jurnal

Santoso, A. (2018). Perancangan Media Promosi Untuk Meningkatkan Omzet Chrystal Pet Clinic, Artikel Laman, https://studylibid.com/doc/566885/ laporan-tugas-akhir-perancangan-media-promosi-untuk (Diunduh:10 Desember 2019).

Setiawan Raymond. (2019). Perancangan Media Promosi Wingko Babat Cap Gading Di Solo.

Tejokusuma William. (2013). Perancangan Komunikasi Visual Promosi Restoran Fujiya Surabaya, Artikel Laman, https://www.neliti.com/id/publications/76734/perancangan-komunikasi-visual-promosi-restoran-fujiya-surabaya (Diunduh: 28 Februari 2020)

Internet

Augesti, A. (2019, oktober 1). 5 Negara Ini Jadi Produsen Kopi Terbesar di Dunia, Salah Satunya Indonesia, Artikel Laman, https://www.indonesia.go.id/ ragam/komoditas/ekonomi/mencecap-nikmat-dan-harum-teh-indonesia (Diunduh: 25 November 2019)

(2018, November 28), Mencecap Nikmat dan Harum Teh Indonesia, Artikel Laman, https://m.liputan6.com/global/read/4075971/5-negara-ini-jadi-produsen-kopi-terbesar-di-dunia-salah-satunya-indonesia (Diunduh: 25 November 2019)

Pradita, A. (2015, juli 3), Kualitas Pala Indonesia Terbaik di Dunia, Artikel Laman, https://m.liputan6.com/global/read/2264927/kualitas-pala-asal-indonesia-terbaik-di-dunia (Diunduh: 26 November 2019)

Kelompok Warna-Warna, Artikel Laman, http://edupaint.com/warna/ragam-warna/1959-kelompok-warna-warna.html (Diunduh: 10 Desember 2019)

Manis, S. (2017). 12 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli, Artikel Laman, https://www.pelajaran.co.id/2017/28/pengertian-promosi-menurut-para-ahli.html (Diunduh: 10 Desember 2019)

Thidi. Pengertian Pemasaran dan Baurannya (marketing mix) dalam Bisnis, Artikel Laman, https://thidiweb.com/bauran-pemasaran/ (Diunduh: 12 Desember 2019)

Setiawan, S. Pengertian Promosi – Tujuan, Fungsi, Komponen, Bentuk, Para Ahli, Artikel Laman, https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-promosi/ (Diunduh: 12 Desember 2019)

Setiawan, A. (2018). Metodologi Desain. Yogyakarta: Arttex.

Dasar-Dasar Fotografi, Artikel Laman, http://staffnew.uny.ac.id/upload/13231983 9/pendidikan/Fotografi+1+dasar- dasar+Fotografi.pdf (Diunduh: 12 Desember 2019)

Suyanto, M. Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan., Artikel Laman, https://books.google.co.id/books?id=K7lbFHVt6AAC&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false (Diunduh: 12 Desember 2019)

Mahesa, Y. Mengenal Jenis-Jenis Font, Artikel Laman, https://www.nawadwipa.co.id/mengenal-jenis-jenis-font/ (Diunduh: 25 februari 2020

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Quswa, L. N., & Bastian, H. (2020). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN SIRUP PALA BANARAN GROUP PRODUCT. CITRAKARA, 2(01), 49–71. https://doi.org/10.33633/ctr.v2i01.3749

Issue

Section

Articles