PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA CAMPAIGN PRODUK XL SATU FITUR KUOTA BERSAMA
Abstract
XL Satu merupakan produk inovasi dari XL Axiata yang menggabungkan dua layanan sekaligus yaitu wifi internet fiber dan kuota HP kartu XL (Kuota Bersama). Berdasarkan data internal perusahaan, sebanyak 50% pelanggan XL Satu belum mengaktifkan fitur Kuota Bersama, dari target sebanyak 75%. Maka dari itu diperlukan perancangan campaign komunikasi visual untuk meningkatkan pesentase pengguna XL Satu yang aktivasi Kuota Bersama hingga 75%. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan penjabaran secara deskriptif yang akan diperoleh dengan cara wawancara dan studi literasi serta menggunakan data pendukung lainnya. Data tersebut akan dianalisis melalui beberapa tahap, seperti analisis SWOT, pengumpulan ide visual, pengarahan visual, visualisasi, dan desain final. Perancangan ini menggunakan dua jenis media, yaitu media digital dan cetak untuk kebutuhan campaign agar dapat terlaksana secara optimal.References
Aesthetika, N. M., & Febriana, P. (2023). Buku Ajar Komunikasi Visual. In Buku Ajar Komunikasi Visual. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-063-2
Ali, F., Dewanto, Y., & Ahmad Ali, S. (2022). Komunikasi Visual Kampanye Tarian Burung Migran sebagai Upaya Peningkatan Kepedulian terhadap Pelestarian Kesenian Desa Sungsang. Magenta | Official Journal STMK Trisakti, 6(01), 922–930. https://doi.org/10.61344/magenta.v6i01.86
Aulia, M. F., & Atmami, H. (2023). Skema Perancangan Media Visual Kampanye (Ideological) bagi Desain Komunikasi Visual. DESKOVI : Art and Design Journal, 6(1), 48. https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.3096
Ball-Rokeach, S. J. , and M. L. D. (1976). Ball-RokeachDeFleur. Chandra, O., Adib, A., & Wijayanti, A. (2019). Perancangan Komunikasi Visual Social Campaign Media “Body Shaming” Pada Anak 13-18 Tahun Pemakai Media Sosial. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 9.
Fardia, D., & Jailani, M. (2022). AKIBAT PENGGUNAAN JARINGAN INTERNET BERUBAH PERILAKU REMAJA DI KAMPUNG SEUMADAM. In Psychology (Jurnal Ilmiah Psikologi.
Goenawan, D. C., Suhartono, A. W., & Bramantijo, B. (2017). Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Domain Budget Pizza di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(10), 9.
Hidayat, M. J., Ramli, A. M., & Safiranita, T. (2023). Telecommunication Network Implementation Practices as Digital Transformation Accelerators Based on Positive Law in Indonesia. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i03.861
Ilham, M., Minawati, R., & Yulika, F. (2023). Makna Media Kampanye Bagi Pemilih Pasangan Mahyeldi Dan Audy Joinaldy Pada Pilkada Sumatera Barat Tahun 2020. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.36982/jsdb.v8i1.2827
Indrawan, J., & Ilmar, A. (2020). KEHADIRAN MEDIA BARU (NEW MEDIA) DALAM PROSES KOMUNIKASI POLITIK.
Kriyantono, R. (n.d.). SEKILAS TENTANG PERENCANAAN KAMPANYE.
Nurjanah, I. (2021). Perancangan Komunikasi Visual Body Positivity Campaign Fat Heart Club
Melalui Instagram.
Pramiswara, I. G. A. N. A. Y. (2021). Fotografi Sebagai Media Komunikasi Visual Dalam Promosi Budaya. Danapati : Jurnal Komunikasi, 1(2), 126–138.
Putrayasa, I. N., Karsana, I. putu, & Sujana, I. made. (2020). Visualisasi Imagine Ganesha Sebagai Media Komunikasi Visual Dalam Seni Patung. Stilistika, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.5281/zenodo.4295607
Rina Astriani, & Yeni Nuraeni. (2023). Peran Wedding Photography Sebagai Media Komunikasi Visual Dalam Komunitas Hallucination Photo. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.56127/jushpen.v2i1.747
Silalahi, Y. N. (2023). PENGGUNAAN KABEL FIBER OPTIK.
Sunarya, L., Maimunah, M., & Sari, R. (2019). Media Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada Smk Multimedia Mandiri. CCIT Journal, 12(1), 22–32. https://doi.org/10.33050/ccit.v12i1.597
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Luthfi Akbari, Adji Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0