REDESAIN BRAND IDENTITY KEDAI “JADI NGOPI” UNTUK MENONJOLKAN IDENTITAS
Abstract
Jadi Ngopi adalah kedai kopi bersekala kecil di Semarang yang ingin mengembangkan usahanya sehingga dibutuhkan sebuah citra baru untuk menonjolkan identitas mereka kepada calon konsumen. Momen ini dijadikan untuk melakukan Redesain pada brand Jadi Ngopi yang mencakup logo, desain kemasan produk, dan elemen visual pendukung lainnya. Pendekatan kualitatif digunakan dalam perancangan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi dengan analisis data 5W+1H serta menggunakan metode perancangan 5 Phase of Design Graphic Process. Dapat disimpulkan bahwa upaya Redesain Brand Identity kedai Jadi Ngopi ini untuk mencerminkan karakter dan ciri khas Jadi Ngopi dengan tujuan meningkatkan Brand Awareness melalui perancangan logo sesuai GSM (Graphic Standard Manual) yang konsisten, serta pengaplikasian desain pada cup, kemasan, stiker, dan merchandise.References
Halim, J. M., Dektisa Hagijanto, A., Dian, B., & Maer, A. (2016). Perancangan Brand Identity E-Commerce “Greater Good.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen , 3(2008), 135–136.
Murphy and Rowe. (2019). Teori Tentang Logo Beserta Elemen Visualnya dan Teori Budaya Perusahaan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Pajriana, A., Adityawan, O., Perdana, B. B., & Pujaswati, C. (2017). Branding Distro Growing Supply Co. Melalui Perancangan Corporate Identity. Jurnal Sketsa, 4(2), 12.
Rustan, S. (2013). Mendesain logo. Gramedia Pustaka Utama.
Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Diny Fitriawati. (2019). Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.
Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Andi Publisher
Setiawan, M. (2021). Pengertian Warna. https://marwansetiawan.medium.com/pengertianwarna-e6726edc6635
Juniko, M. P. P., & Haryadi, T. (2023). Perancangan Ulang Visual Brand “Telor Asin Cah Angon” Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Citrakara, 5(2), 208-228.
Nurliana, F., & Akbar, A. (2022). Perancangan Ulang Identitas Visual Kedai Kopi Monotype untuk Membangun Brand Awareness dan Meningkatkan Citra Brand Terhadap Konsumen. Magenta Official Journal STMK Trisakti, 6(01), 867–891.
Ahmad Asrori. (2021). Perancangan Re-Branding Identitas Visual Kopi Totalitas Di Surabaya. Jurnal Barik, 2(3), 1–15.
Rizkha, I. A., & Anggapuspa, M. L. (2022). Perancangan Board Game Pengenalan Gizi Seimbang Sebagai Media Edukasi Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Barik, 4(1), 175–189. Retrieved
from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48614
Hidayat, A. (2018). Teori Desain Dan Perencanaan Logo. Program Studi Bisnis Digital, 1–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andika Wahyu Putra P, Mohamad Taufik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0