PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK “LOKAN” MENGGUNAKAN KARAKTER ANIME DAN VTUBER BAGI GEN-Z

Authors

  • Rahdian Indraldi Firmansyah UNESA
  • Nova Kristiana UNESA

Abstract

Anime populer di kalangan remaja, terutama di Indonesia, dimana penggemar anime menunjukkan dedikasi melalui komunitas dan event. Totebag dengan desain anime menjadi populer di kalangan Gen Z, sehingga muncul ide untuk menciptakan brand "Lokan" yang menggabungkan anime dengan kebudayaan lokal Indonesia dalam desain totebag. Akan tetapi UMKM Lokan ini memiliki kekurangan yaitu belum ada media promosi guna mempromosikan produk. Tujuan perancangan ini yaitu untuk  merancang media promosi UMKM Lokan. Metode perancangan yang digunakan yaitu pengumpulan data. Analisis SWOT. Konsep dan visualisasi hasil yang didapatkan yaitu perancangan media promosi X-banner, Feeds Instagram Kemasan, Poster, brosur, Stiker, dan Gantungan Kunci. Gaya desain yang digunakan yaitu pengabungan antara unsur jepang dan unsur lokal yang simple.

References

Aurellia, Anindyadevi. 2022. “Analisis SWOT: Adalah, Contoh, Faktor, dan Tujuannya”, https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-6198162/analisis-swot-adalah-contoh-faktor-dan-tujuannya . Diakses pada 11 Februari 2024.

Dewi, Wiwiek Nurkomala dkk. 2022. Perancangan Brand Identity Dan Banner sebagai Media Promosi Bunabee Fashion Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Digit https://www.jurnaldigit.org/index.php/DIGIT/article/view/217 ,Volume 12, Nomor 1. Diakses pada 7 Februari 2024.

Dewi,Liliana & Alfredo, Wilibrodus. 2019. Peningkatan Penjualan dengan Media Online dan Offline bagi Perusahaan Ez Denim Totebag. Jurnal Lecture Papers National. Published Articles https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/2905. Diakses pada 7 Februari 2024.

Malini, Helma. 2021. Gaya Konsumsi dan Perilaku Konsumen Generasi Z di Warung Kopi. Prosiding Seminar Nasional SATIESP 2021 Universitas Tanjungpura. ISBN: 978-602-53460-8-8. Diakses pada 6 Februari 2024,

Swadjiwa, Jiebon. 2023. “Didominasi Gen-Z, Inilah Lama Waktu Rata-rata Orang Indonesia Internetan” Diakses pada 4 Februari 2024, https://www.hukamanews.com/tekno/46010727215/didominasi-gen-z-inilah-lama-waktu-rata-rata-orang-indonesia-internet-an .

Saskara, I. P. S., Darmawan, A. J., & Putra, I. P. D. A. (2022). Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Brand Fashion “Ana” Di Badung. Jurnal Selaras Rupa, 3(2), 16–22. Diambil dari https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa/article/view/494

Witt, Gregg L & Baird, Derek E. 2018. The Gen Z Frequency How Brands Tune In & Build Credibility”. London: Kogan Page Limited.

Yamane,Toi. 2020. Kepopuleran dan Penerimaan Anime Jepang di Indonesia, Jurnal Ayumi, Vol.7 No.1, pp. 68–82.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Rahdian Indraldi Firmansyah, & Nova Kristiana. (2024). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK “LOKAN” MENGGUNAKAN KARAKTER ANIME DAN VTUBER BAGI GEN-Z. CITRAKARA, 6(2), 144–155. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11198

Issue

Section

Articles