PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KERIPIK SINGKONG “RENYAK” UNTUK MEMPERLUAS PASAR DI SURABAYA

Authors

  • Althof Mochamad Nurcholis Majid State University of Surabaya
  • Asidigisianti Surya Patria

Abstract

AFGHANI CRIP (Keripik Bu Ida Wati) merupakan UMKM yang memproduksi dan menjual cemilan keripik, bertempat di Kota Surabaya. Keripik Bu Ida Wati ini memiliki pasar yang cukup baik, akan tetapi strategi pemasaran yang digunakan masih lebih condong ke konvensional sehingga sulit dalam menjangkau target pasar yang lebih luas. Oleh karena hal itu maka dilakukan-lah perancangan yang bertujuan untuk membantu memperluas pasar UMKM Keripik Bu Ida Wati dengan mempromosikan produk Keripik Singkongnya melalui brand Renyak yang tercipta dari projek KKN yang berkolaborasi bersama UMKM Keripik Bu Ida Wati, rancangan yang digunakan dalam media promosi ialah desain label kemasan dan konten media sosial. Dalam perancangan ini mengaplikasikan metode kualitatif karena menonjolkan landasan praktis dan teoritis dari hasil perancangan tersebut. Perancangan ini menerapkan analisis SWOT untuk mencari informasi mengenai kelebihan, kekurangan, dan keunikan produk milik UMKM tersebut. Hasil perancangan tersebut berupa Desain Label Kemasan dan Gondola (Rak Display) sebagai media utama, media sosial Instagram dan Tiktok sebagai media pendukung, lalu beberapa media pendukung lainnya seperti Sticker, Gantungan Kunci, X Banner, Poster, Kartu Nama, Jaket dan Kantong Plastik.

References

Cummins, Julian & Roddy Mullin. (2004). Sales Promotion; Menciptakan; Mengimplementasikan, dan Mengintegrasikan Program Promosi Penjualan. PPM, Jakarta.

Darmaprawira, S. (2002). Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaanya edisi ke-2. Bandung: ITB.

Julianti, S. (2014). The Art of Packaging. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Klimchuk, M., Sаndrа А. K. 2006. Dеsаin Kеmаsаn. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium diterjemahkan Benyamin Molan: PT. Prenhallindo: Jakarta

Kotler, P. and Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th edn. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Laduni., Rahaningsih., Bahtiar (2023), “Perancangan Desain Kemasan UKM Cemilin Nih di Cirebon”. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, Vol. 7, No. 1, Februari 2023, pp 189-196.

Permana, Mohammad Ridho., Ernawati, Dira. (2024). “Implementasi Digital Marketing pada UMKM Donat Kekinian (RASADONAT) dalam upaya membangun Strategi Pemasaran”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin (Abdi-mesin), Vol. IV, No. 1, Mei 2024, pp 34-44.

Pratama, Sandi Destian., Adityawan, Oki., Fathurrizky, Ahmad. (2023). “Perancangan Desain Kemasan sebagai Media Promosi Produk Kuliner Tradisional”. Jurnal Kajian Pariwisata, Volume 05 No.1, April 2023, pp 11-19.

Rustan, Surianto. (2009). Layout Dasar dan Penerapanya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sihombing, D. (2015). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Warman, Gusriadi. (2023). “Promosi Keripik Lento 3T melalui Media Kemasan”. Jurnal Pengkajian, Penciptaan Seni, dan Humaniora, Mei 2023, pp 131;136.

Yunus, H. S. (2010). Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Majid, A. M. N., & Asidigisianti Surya Patria. (2024). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KERIPIK SINGKONG “RENYAK” UNTUK MEMPERLUAS PASAR DI SURABAYA. CITRAKARA, 6(2), 170–179. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11197

Issue

Section

Articles