Pengelolaan Kampanye Public Relations “Diet” Kendaraan Pribadi Oleh Dinas Perhubungan Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.8347Abstract
Penggunaan kendaraan pribadi yang berlebih dapat menyebabkan dampak negatif, diantaranya kemacetan dan meningkatnya polusi udara. Sebagai bagian lembaga pelayan publik, Dinas Perhubungan provinsi Jawa Barat bertanggungjawab memberikan informasi/sosialisasi kondisi volume kendaraan di wilayahnya. Untuk dapat menjadikan informasi yang positif, lembaga memerlukan praktik kehumasan dalam bentuk kampanye dalam rangka membangun tata kelola pemerintahan dibidang komunikasi publik yang baik. Kampanye menjadi komponen penting dalam aktifitas kehumasan yang menuntut dapat merepresentasikan informasi berbagai aktivitas lembaga dengan baik dan benar kepada publik sasarannya yang dapat memanfaatkan kemajuan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi lansung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye “Diet Kendaraan” menggunakan tahapan model Lasswell dalam hal komunikator, isi pesan dan media yang digunakan. Untuk komunikator kampanye ini mengutamakan key opinion leader (KOL) dari para pejabat pemerintah daerah, isi pesan yang formal, kreatif, dan mengutamakan sisi emosional, sedangkan media kampanye berupa saluran tatap muka langsung dan media sosial. Simpulan penelitian ini adalah jenis kampanye “Diet Kendaraan” lebih berorientasi pada fungsi sosialisasi kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan provinsi Jawa Barat. Dalam menjalani fungsinya sebagai pemberi informasi dan komunikasi yang persuasif, Humas Pemerintah dalam hal ini memaksimalkan program kampanye “Diet Kendaraan” melalui berbagai key opinion leader (KOL), isi pesan yang kreatif, dan media publikasi baik media cetak, media elektronik maupun media sosial.Kata Kunci: Diet Kendaraan; Humas; Kampanye; Lasswell; Tata Kelola PemerintahanDownloads
Published
2023-09-08
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).