Efektivitas @foximasmandiri Branding Produk Sepatu Guna Menarik Minat Beli Masyarakat

Yulia Sariwaty S, Diny Fitriawati

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pemanfaatan akun Instagram @foximasmandiri dalam melakukan branding produk sepatu guna menarik target konsumen masyarakat umum, dari sebelumnya sebagai produsen sepatu dinas bagi pegawai intansi pemerintah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif melalui pendekatan analisis deskriptif. Berdasarkan konsep pembentukkan brand image dari Keller, di tinjau dari faktor strength of brand association, merek Foximas belum memiliki kekuatan signifikan, logo belum dikenal Masyarakat, sedangkan dari aspek key messages telah memiliki kekuatan dalam menarik target konsumen umum karena tayangan konten event banyak mempengaruhi target audience @foximasmandiri sebelum memutuskan pembelian produk. Dari faktor favourability of brand association, kesuksesan dalam menarik perasaan suka konsumen dikarenakan harapan akan kebutuhan dan keinginan terhadap produk menunjukan kesesuaian dengan foto maupun video mengenai kualitas produk yang ditampilkan akun @foximasmandiri. Faktor terakhir yaitu uniqueness of brand association, keunikan yang menarik minat beli konsumen terhadap produk sepatu Foximas Mandiri lebih dikarenakan model yang ditawarkan tidak pasaran, kekuatan produk didasarkan pada siapa para pemakainya dan medan seperti apa yang ditampilkan dalam menunjukan ketahanan akan kekuatan produk sepatu tersebut pada postingan @foximasmandiri. Secara keseluruhan pemanfaatan Instagram @foximasmandiri sebagai media branding produk bisa dikatakan cukup berhasil. Namun masih diperlukan perbaikan secara optimal dalam pengelolaan akun dari sisi update informasi dan respon terhadap feedback khalayak guna meningkatkan jumlah pengikut maupun jumlah konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.8310

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.