Efektivitas @foximasmandiri Branding Produk Sepatu Guna Menarik Minat Beli Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.8310Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pemanfaatan akun Instagram @foximasmandiri dalam melakukan branding produk sepatu guna menarik target konsumen masyarakat umum, dari sebelumnya sebagai produsen sepatu dinas bagi pegawai intansi pemerintah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif melalui pendekatan analisis deskriptif. Berdasarkan konsep pembentukkan brand image dari Keller, di tinjau dari faktor strength of brand association, merek Foximas belum memiliki kekuatan signifikan, logo belum dikenal Masyarakat, sedangkan dari aspek key messages telah memiliki kekuatan dalam menarik target konsumen umum karena tayangan konten event banyak mempengaruhi target audience @foximasmandiri sebelum memutuskan pembelian produk. Dari faktor favourability of brand association, kesuksesan dalam menarik perasaan suka konsumen dikarenakan harapan akan kebutuhan dan keinginan terhadap produk menunjukan kesesuaian dengan foto maupun video mengenai kualitas produk yang ditampilkan akun @foximasmandiri. Faktor terakhir yaitu uniqueness of brand association, keunikan yang menarik minat beli konsumen terhadap produk sepatu Foximas Mandiri lebih dikarenakan model yang ditawarkan tidak pasaran, kekuatan produk didasarkan pada siapa para pemakainya dan medan seperti apa yang ditampilkan dalam menunjukan ketahanan akan kekuatan produk sepatu tersebut pada postingan @foximasmandiri. Secara keseluruhan pemanfaatan Instagram @foximasmandiri sebagai media branding produk bisa dikatakan cukup berhasil. Namun masih diperlukan perbaikan secara optimal dalam pengelolaan akun dari sisi update informasi dan respon terhadap feedback khalayak guna meningkatkan jumlah pengikut maupun jumlah konsumen.Downloads
Published
2023-08-29
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).