Pengaruh Penamaan Merek Berbahasa Asing Terhadap Citra Merek Number Sixtyone Kota Bekasi Dengan Kognitif Konsumen Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.7865Abstract
Industri fashion telah menjadi gaya hidup dan kepribadian masyarakat dengan persaingan yang sangat ketat, menarik konsumen melalui penggunaan bahasa asing sebagai identitas baru yang dikenal oleh konsumen. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh nama merek berbahasa asing terhadap brand image Number Sixty One di Kota Bekasi dengan kognitif konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 22.320 pengunjung toko Number Sixty One. Sampel penelitian dipilih berdasarkan teknik accidental sampling dengan jumlah 100 responden dan menggunakan SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5%, disimpulkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan pengaruh antara variabel nama merek berbahasa asing dan nomor citra merek; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel penamaan merek berbahasa asing dan kognitif konsumen number sixty one; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kognitif konsumen dan brand image number sixty one; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel penamaan merek berbahasa asing terhadap citra merek dan kognitif konsumen sebagai variabel intervening.Kata kunci: Penamaan Merek Bahasa Asing, Citra Merek, Kognitif KonsumenDownloads
Published
2023-02-23
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).