PROTEKSI PRIVASI BIG DATA DALAM MEDIA SOSIAL

Authors

  • Winarsih Winarsih Universitas Indonesia
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.3722

Abstract

AbstrakPerkembangan media sosial di Indonesia begitu pesat dengan jumlah pengguna yang  terus  meningkat.   Akan   tetapi  hal  tersebut   kurang  diimbangi   dengan kesadaran tentang privasi dalam kaitannya dengan big data yang dihasilkan oleh penyedia  layanan.  Penyedia  layanan  memberikan  kebijakan  berupa  syarat dan ketentuan  akan tetapi masyarakat  umumnya masih rendah dalam hal memiliki kesadaran  tentang privasi  data pribadi  mereka.  Penelitian  ini bertujuan  untuk mengetahui  solusi dari permasalahan  privasi  big data  dalam  media  sosial  dan dianalisis   dengan   teori  privasi   komunikasi.   Metode  yang  digunakan   dalam penelitian ini adalah metode meta-analisis yang mengolah hasil temuan dari penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian ini berupa solusi bagi perlindungan privasi data individu saat pembuatan, penyimpanan, dan pemrosesan data. Kata Kunci: data besar, Indonesia, kebijakan, media sosial, privasi AbstractThe development of social media in Indonesia is high increasing. However, this is not  accompanied   by  awareness   of  privacy  in  its  commitment   to  big  data generated  by service providers.  The service provider provides an agreed policy, will provide the public about their data privacy issues. This article used Communication Privacy Management to finding solution about big data privacy problems.   The  method  used  in  this  study  is  a  meta-analysis   method   that processes  the findings  from previous  studies.  The results  of this study contain solutions for privacy protection when creating data, data storage, and processing data. Keywords: big data, Indonesia, policy, social media, privacy

Author Biography

Winarsih Winarsih, Universitas Indonesia

Departemen Ilmu Komunikasi

Downloads

Published

2020-10-19