ETNOGRAFI VIRTUAL PADA LAMAN PENGGUNA INSTAGRAM STORIES (IG STORIES) SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Akira Aulia Witri, Mutia Rahmi Pratiwi

Abstract


Abstrak
Perkembangan media sosial di Indonesia berdampak pada penggunanya, terutama bagi
remaja. Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh para remaja untuk
menunjukan eksistensinya melalui berbagai informasi yang diunggah. Instagram Stories (IG
Stories) merupakan salah satu fitur di Instagram yang memiliki banyak pengguna. Fitur IG
Stories menjadi media pengungkapan diri melalui unggahan berupa foto, teks, video yang
didukung dengan filter didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
metode etnografi virtual. Subjek penelitian terdiri dari dua orang yaitu Icak dan Rizky, remaja
berusia 18 dan 23 tahun yang aktif menggunakan IG Stories di akun pribadinya. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat lima aspek dalam pengungkapan diri yang melatarbelakangi
pengguna fitur IG stories, yaitu: (1) Berdasarkan aspek ketepatan, para informan mengunggah
konten yang relevan dengan kegiatan yang sedang dilakukan; (2) Berdasarkan aspek motivasi,
para informan termotivasi untuk mengungkapkan dirinya karena adanya dorongan dari luar
dan dalam melalui setiap foto yang diposting; (3) Berdasarkan aspek waktu, para informan
memposting foto pada pagi, siang dan malam hari; (4) Berdasarkan aspek keintensifan yang
ditunjukan oleh para informan kepada siapa ia mengungkapkan dirinya; (5) Berdasarkan aspek
kedalaman, para informan melakukan postingan di IG Stories yang ditujukan kapada semua
follower di akunnya.    


Kata Kunci: Self Disclosure, Instagram Stories, Remaja.

 


Abstract
The development of social media in Indonesia has an impact on its users, especially for teenagers.
Instagram is one of the social media used by teenagers to show their existence through various
uploaded information. Instagram Stories (IG Stories) is one of the features on Instagram that
has many users. IG Stories feature is a medium for self disclosure through uploads of photos,
text, videos that are supported by filters inside. This research is a qualitative research with
virtual ethnographic methods. The research subjects consisted of two people, Icak and Rizky,
adolescents aged 18 and 23 years who actively used IG Stories in their personal accounts.
The results of the study describe a five aspect of instagram stories feature. Five aspect of self
disclosure which is influence the user of Instagram Stories feature: (1) Accuracy, the informants
uploaded content that was relevant to the activities being carried out;(2) Motivation aspect,
the informant is motivated to express himself because of the encouragement from inside
and outside through each photo posted; (3)The time aspect, the informant posted a photo
in the morning, afternoon and evening; (4) The intensification aspect, which is indicated by
the informant to whom he revealed himself; (5) The depth aspect, the informant posting on
instagram stories is directed to all followers or to certain accounts on his instagram.


Keywords: Self Disclosure, Social Media, Adolescent


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.2710

Article Metrics

Abstract view : 1586 times
PDF - 1869 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.