LITERASI PELAJAR SMA TENTANG INTERNASIONALISASI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Rino A Nugroho Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret
  • Apneta Vionuke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret
  • Septyanto G Prakoso Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret
  • Likha S Anggreni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret
  • Monika S Yuliarti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33633/ja.v2i1.2695

Abstract

AbstrakPembangunan suatu negara ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Dalam banyakkasus, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, beberapa orang memilih untukmendapatkan gelar yang lebih tinggi di universitas di luar negeri. Sayangnya, sebagian besarsiswa memilih untuk tidak kembali ke negara asal mereka dan lebih memilih untuk tinggal danbekerja di negara tempat mereka mendapatkan negara mereka. Fenomena tertentu ini disebutbraindrain.Untukmengurangikemungkinanbraindrainterjadi,kualitasuniversitaslokalharusdisinkronkandenganstandarinternasional.Namun,walaupunadabeberapauniversitasberstandarinternasionaldidalam negeri,adakemungkinanbahwacalonsiswa/ lulusan sekolahmenengahmasih belumtahutentangpentingnyaketerpaparaninternasionaldankualitasdalammemilihuniversitasmasa depan mereka.Penelitianinidilakukanuntukmeneliti literasiinformasisiswaSMA tentanginternasionalisasitingkatyanglebih tinggi.Inidianggapsebagaiproyekpercontohanuntukmenemukankorelasiliterasiinformasisiswasekolahmenengahdanstatusuniversitastingkatinternasional.Penelitianini dilakukandenganmelakukansurveiterhadapsiswadi dua sekolahmenengahterkemukadi Solo.Sampeldiambil denganmenggunakanmetodeconveniencesampling,mengingatsifatpenelitian untukmenemukanfenomenasosial.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwauntukkriteriatertentu,siswasudah tahutentangmasalahini,tetapiuntukbeberapakriterialain merekamasih memilikiinformasiminimum.Penelitianinijugadapatmenemukanmediayangbanyakdigunakanolehsiswasebagaisaranauntukmeningkatkanliterasiinformasi.Kata kunci: brain drain, internasionalisasi pendidikan tinggi, literasi informasi, media. AbstractIt is a fact that the development of a country is decided by the quality of the human resources.In a lot of cases, to increase the quality of human resources, some individuals choose to gettheir higher degree in the universities overseas. Unfortunately, most of these students choosenot to go back to their home country and prefer to stay and work in the the country where they get their country instead. This certain phenomenon is called brain drain. To reduce the possi-bility of brain drain for happening, the quality of local university should be synchronized withinternational standard. However, eventhough there are some internationally-standard universitiesdomestically,thereisa possibilities thatthe potentialstudents/highschool graduatesstilldonotknowabout theimportanceof internationalexposureandqualityinchoosingtheirfutureuniversity.Thisresearchisconductedtoscrutinizethe informationliterationofhighschoolstudentsabout higherdegreeinternationalization.Thisisconsidereda pilot projecttodiscoverthecorrelationofinformationliterationof high schoolstudentsand the statusof ainternational-leveluniversity.Theresearch isdonebyconductingsurveytowardsstudentsin two reputable high schools in Solo. Sample is taken by applying convenience sampling method, considering the nature of the research to discover a social phenomenon. The result of the researchshownthat tocertaincriteria,thestudentsalready knowabout the issue,but forsomeothercriteriatheystillpossessa minimum information.Thisresearchalsoabletofind themedia which mostly used by the students as the means to increase information literation. Keywords: higher education internationalization, information literacy, media.

Downloads

Published

2019-07-24