PENGARUH TERPAAN IKLAN ONLINE DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PERILAKU ADOPSI GO-JEK DI KOTA SEMARANG YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP KONSUMEN

Muhammad Thoyib Amali

Abstract


Abstrak
Berlandaskan pada teori difusi inovasi, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak
terpaan iklan online dan kelompok referensi terhadap perilaku adopsi GO-JEK yang dimediasi
oleh sikap konsumen. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden yang tersebar di Kota
Semarang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur menggunakan SmartPLS
3.0. Berdasarkan pengujian hipotesis yang ada, terpaan iklan online dan kelompok referensi
memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku adopsi GO-JEK, di mana sikap konsumen
mengambil peran sebagai mediasi parsial pada hubungan variabel-variabel tersebut. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa paparan iklan online dan kelompok referensi tidak serta
merta mempengaruhi perilaku adopsi GO-JEK, tetapi lebih membentuk sikap terhadap GOJEK,
yang
kemudian
memengaruhi
perilaku
adopsi
pada GO-JEK itu sendiri.
Melihat
nilai sikap

konsumen
yang
rendah
dalam
indikator
kemudahan
menemukan
driver
peneliti
menyarankan
agar
pihak GO-JEK memperluas penyebaran
driver.


Kata Kunci: Terpaan Iklan Online, Kelompok Referensi, Sikap Konsumen, Adopsi GO-JEK

 


Abstract
By implementing the innovation diffusion theory this research has aims to analyze the impact
of online ad exposure and reference group on GO-JEK adoption behaviour with the mediating
role of consumer attitude. This research was interviewing 100 respondents spreaded across
Semarang City. The analysis technique used was path analysis using SmartPLS 3.0. Based on
the existing hypothesis testing, online ad exposure and reference group has a significant effect
on GO-JEK adoption behaviour where the consumer attitude taking role as a partial mediation
on the relation of those variables. The study indicates that online ad exposure and reference
group does not necessarily affect GO-JEK adoption behavior, but rather shapes attitudes
towards GO-JEK, which then influences adoption behaviour on GO-JEK it self. Based on the low
value of consumers attitude on finding the drivers, we suggest GO-JEK to expand their driver
deployment.


Keywords: Online Ad Exposure, Reference Group, Consumers Attitude, GO-JEK Adoption


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i1.2692

Article Metrics

Abstract view : 459 times
PDF - 1487 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.