ANALISA SEMIOTIKA VISUAL FILM BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA

Rizki Rengganu Suri Perdana

Abstract


Abstrak
Terorisme didefinisikan sebagai sebuah doktrin yang mengandung unsur intimidasi, kekerasan dan brutalisme
melawan warga sipil sebagai dasar dengan motivasi tertentu. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa
pembuat film telah mengangkat persoalan yang terjadi dalam masyarakat untuk membangun perhatian
tentang isu terkait,salah satunya adalah film Bulan Terbelah di Langit Amerika. Metode yang dipakai dalam
penelitian ini adalah Metode Analisis Semiotik film (MAS) Christian Metz.Bahasa struktur film kemudian
dibagi menjadi delapan pengelompokan dalam â€The Large Syntagmatic Category†.Teori yang penulis
gunakan adalah Sigmund Freud – Psikoanalisis,teori ini untuk melihat bagaimana representasi dari karakter
yang dibentuk dari hasil tabarakan montage,dan Sergei Eisenstein – Teori Montage,adalah teori yang
digunakan untuk memunculkan serta menimbulkan emosi kepada audience.Hasil dari penelitian ini(1)Teror,
direpresentasikan berupa penekanan akan Super Ego pada karakter(2)Intimidasi, direpresentasikan melalui
media–media menyorot karakter Sarah dan Azima, sehingga menciptakan trauma psikologis kepada mereka,
terlihat kekerasan simbolik yang terlihat dari narasi (verbal) dan bahasa tubuh (non verbal),(3)Pengakuan
Bangsa Barat, direpresentasikan melalui karakter Philipus Brown dan bentuk dorongan Id nya yang akhirnya
membuat keseluruhan karakter memiliki kesamaan Id


Kata Kunci : Bulan Terbelah di Langit Amerika, Semiotik, Film Teroris


Abstract
Terrorism is defined as a doctrine that contains elements of intimidation, violence and brutality against
civilians as a basis with certain motivations. In recent years, some filmmakers have raised the issues that occur
in society to build attention to related issues, one of which is the film of Bulan Terbelah di Langit Amerika.
The method used in this study is the Semiotic Analysis Film Method (MAS) Christian Metz.The structure of the
film is then divided into eight groupings in “The Large Syntagmatic Categoryâ€. The theory the author uses is
Sigmund Freud - Psychoanalysis, the theory is to see how the representation of the characters formed from
the results of montage, and Sergei Eisenstein - Montage Theory, is a theory used to generate emotion to the
audience. The results of this study (1) Terror, represented in the form of Super Ego emphasis on the character
(2) Intimidation, represented through the media highlighted the character of Sarah and Azima, thus creating
psychological trauma to them, seen symbolic violence seen from the narrative (verbal) and body language
(non verbal), (3) Confession of the West, represented by the character of Philipus Brown and the form of his
Id impulse that eventually made it whole an character has a similarity Id.


Kata Kunci : Bulan Terbelah di Langit Amerika, Semiotics, Terrorism Movie.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i1.2681

Article Metrics

Abstract view : 550 times
PDF - 2867 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.