Analisis Klasifikasi Review Film Kang Mak from Pee Mak di Twitter dengan Algoritma Naïve Bayes
DOI:
https://doi.org/10.33633/ja.v8i1.12352Abstract
Twitter merupakan media sosial berbasis microblog yang tidak hanya interaktif, tetapi juga informatif. Salah satu informasinya adalah ulasan (Review) yang dilakukan oleh film “Kang Mak from Pee Mak” yang dilakukan oleh berbagai akun resmi dan pengguna Twitter itu sendiri sebagai bentuk strategi komunikasi pemasaran organik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat akurasi pada klasifikasi central route dan peripheral route dalam perspektif ELM sebagai proses pengambilan keputusan terhadap pesan persuasif. Metode penelitian menggunakan machine learning dengan pendekatan algoritma Naïve Bayes pada software Orange Data Mining dengan fitur Test-Score dan Confusion Matrix. Hasil penelitian dari 558 tweets menunjukan bahwa tingkat akurasi pada central route dan peripheral route sebesar 3.6%. Proses pengambilan keputusan melalui jalur periferal menunjukkan angka F1-score sebesar 89.5%, dimana keputusan khalayak untuk menonton film berdasarkan informasi pengalaman menonton beserta informasi rating. Kata Kunci: Analisis klasifikasi; Elaboration Likelihood Model; Twitter; Ulasan FilmDownloads
Published
2025-03-03
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).