Pengaruh Brand Equity, Customer Value dan Price terhadap Repurchase Intention Konsumen Indomie di Kota Semarang

Authors

  • Dhimas Aditya Program Studi Manajemen - S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Imam Nuryanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Abstract

Repurchase intention is a behavior of people who buy products repeatedly which arises because of a previous feeling of satisfaction. Repurchase interest is part of purchasing behavior where in the context of repurchase interest there is the concept of loyalty. Many factors influence repurchase intention, including brand equity, customer value and price. The main objective of this research is to test and analyze the influence of brand equity, customer value and price on the repurchase intention of Indomie consumers in Semarang City. The population is the entire population in Semarang City who have Repurchase Intention on Indomie products. The sample for this research was 119 respondents. The sampling technique is purposive sampling. Verification analysis in this research uses statistical testing tools, namely the variance-based structural equation test or better known as SEM-Partial Least Square (PLS). The results of this research show that brand equity has a positive and significant effect on the repurchase intention of Indomie consumers in Semarang City. Customer value has a positive and significant effect on the repurchase intention of Indomie consumers in Semarang City. Price has a positive and significant effect on the repurchase intention of Indomie consumers in Semarang City. Repurchase intention merupakan salah satu perilaku masyarakat yang membeli produk secara berulang yang timbul karena adanya rasa kepuasan sebelumnya. Minat beli ulang merupakan bagian dari perilaku pembelian dimana didalam konteks minat beli ulang tersebut terdapat konsep loyalitas. Banyak faktor yang mempengaruhi repurchase intention, diantarana adalah brand equity, customer value dan price. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand equity, customer value dan price terhadap repurchase intention konsumen Indomie di Kota Semarang. Populasi adalah keseluruhan masyarakat di Kota Semarang yang melakukan repurchase intention pada produk Indomie. Sampel penelitian ini sebanyak 119 responden. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisis verifikatif dalam penelitian ini menggunakan alat uji statistik yaitu dengan uji persamaan struktural berbasis variance atau yang lebih dikenal dengan nama SEM-Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention konsumen Indomie di Kota Semarang. Customer value berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention konsumen Indomie di Kota Semarang. Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention konsumen Indomie di Kota Semarang. Keywords: Brand Equity Customer Value PriceRepurchase Intention

References

Ayunda, E., & Farida, N. (2018). Pengaruh Customer Value, Perceived Quality, dan Trust in Brand terhadap Brand Loyalty pada Produk Indomie (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 141-151.

Bahruzen, Komarsyah, D., & Nugeraha, P. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen pada Toko Ritel. Jurnal Perspektif Bisnis, 33-43.

Dwitama, R. (2021). Pengaruh Brand Image, E-Service Quality, E-Customer Satisfaction, dan E-Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Pengguna Aplikasi Tokopedia (Studi Pada Konsumen Rentang Usia Produktif Pengguna Aplikasi Tokopedia Di Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaa.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Undip.

Juwariyah, S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Perceived Price terhadap Repurchase Intention pada Tiket Maskapai Penerbangan Lion Air (Studi pada Mahasiswa/i S1 Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasisa FEB Universitas Brawijaya, 1-11.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management. New Jersey: Prentice-Hall.

Kusuma, A., & Marta, L. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Sikap dan Nilai yang dirasa terhadap Niat Pembelian Ulang Sarimi di Surabaya Timur. Journal of Business and Banking, 299 -318.

Lestari, R., & Elwisam. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang Produk Mie Instant Sedaap. Jurnal Ilmu dan Budaya, 7495-7515.

Mogea, G., Pangemanan, S., & Arie, F. (2022). The Effect of Customer Perceived Value, Customer Trust, and Customer Satisfaction on Repurchase Intention of Services Provided By Shopee Online Shop. Jurnal EMBA, 531-540.

Paramitha, P., Saerang, I., & Soegoto, A. (2019). Pengaruh Inovasi dan Brand Image terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen.

Prastiwi, S. (2016). Menguji Faktor-faktor Yang Berpengaruh terhadap Repurchase Intention pada Produk Mie Instan Indomie di Indonesia. Jurnal EKA CIDA , 96-109.

Pratama, T., & Suryadi, N. (2021). Pengaruh Perceived Quality, Price Perception, dan Brand Image terhadap Repurchase Intention (Studi pada Pengguna Produk Olah Raga Merek Specs di Kota Malang). Jurnal Imiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.

Pura, F., & Farida, N. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Promosi Penjualan Terhadap Repurchase Intention Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Konsumen Alfa Cell di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1121-1134.

Purnama, R. (2020). Experiental Marketing terhadap Customer Value dan Citra serta Pembelian Ulang. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 7-15.

Qurananda, A., & Giantari, I. (2020). Peran Customer Value dalam Memediasi Pengaruh Monetary Sacrifice dan Service Benefit Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 71-81.

Rahmawati, P. (2015). Pengaruh Variasi Produk, Harga, dan Customer Experience terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 89-98.

Safitri, R., Suardana, I., Asdiansyuri, U., & Yuliati, N. (2022). Pengaruh Trust, Price dan Service Quality terhadap Repurchase Intenstion (Studi Kasus pada Sinar Bahagia Supernarket di Lombok Timur). Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 53-62.

Sekaran, U. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis (Research Methods for Business). Jakarta: Salemba Empat.

Shalihah, N., Imtihani, O., Wulandari, T., Hidayat, R., & Prayoga, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mie instan Merek Indomie (Studi Kasus pada Mahasiswa di Lampung). Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 85-93.

Simamora, H. (2014). Manajemen Sumber Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bina Aksara.

Soediono, W., Prasetyo, K., & Adeline, M. (2020). Pengaruh Brand Experience, Brand Image-Congruence, Brand Affect dan Brandtrust terhadap Repurchase Intention pada Produk Fashion Berrybenka Secara Online di Jakarta. Media Bisnis, 57-66.

Sumiyati, & Yulian, R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Repurchase Intention Pada Konsumen Coffeehouse di Kota Pontianak. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, 1-7.

Wicaksono, S. (2022). Pengaruh Brand Equity dan Customer Satisfaction terhadap Repurchase Intention Pelanggan Shabu Hachi (Studi pada Pelanggan Restoran Shabu Hachi). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.

Widyantasari, I., Nurhajati, & Khalikussabir. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Minat Pembelian Ulang Produk INDOMIE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan Tahun 2017 Universitas Islam Malang. e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma, 106-116.

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

Aditya, D., & Nuryanto, I. (2024). Pengaruh Brand Equity, Customer Value dan Price terhadap Repurchase Intention Konsumen Indomie di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 81–86. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS/article/view/9980