Pengaruh Return on Sale, Earning per Share, Economic Value Added, dan Market Value Added Terhadap Nilai Perusahaan (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Baku yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2021)

Authors

  • Dyah Puspita Ayu Lativa Fatariska Program Studi Akuntansi - S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Wikan Isthika Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Abstract

This research is a quantitative study which aims to examine the effect of return on sales, earnings per share, economic value added, and market value added on company value. The population of this study was 89 manufacturing companies in the raw goods sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2021. Based on the purposive sampling method, the sample obtained was 51 companies. Data were analyzed using multiple linear regression analysis with SPSS 23 tools. The results of this study stated that simultaneously return on sales, earnings per share, economic value added, and market value added had a significant effect on company value. Earnings per share, economic value added, and market value added partially have a significant effect on company value. However, return on sale does not have a significant effect on company value.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh return on sale, earnings per share, economic value added, dan market value added terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini sebanyak 89 perusahaan manufaktur sektor barang baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 51 perusahaan. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa secara simultan return on sale, earnings per share, economic value added, dan market value added berpengaruh signifikan pada nilai perusahaan. Earnings per share, economic value added, dan market value added secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Akan tetapi, return on sale tidak berpengaruh signifikan pada nilai perusahaan Keywords:Nilai PerusahaanReturn on SaleEarning per ShareEconomic Value AddedMarket Value Added 

References

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (14th ed.). Salemba Empat.

Hery. (2016). Akuntansi Dasar. PT. Grasindo.

Innafisah, L., Afifudin, & Mawardi, M. C. (2019). Pengaruh Earning per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) Dan Dividend Payout Ratio (DPR) Terhadap Nilai Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2017. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8.07.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada.

Mahasari, N., & Binastuti, S. S. (2021). Pengaruh Economic Value Added Dan Market Value Added Terhadap Nilai Perusahaan Pada (Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Periode 2015-2019. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 7, 11–21. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/dmj/article/view/1956

Octavianus, W., & Mala, C. M. F. (2020). Pengaruh Market Value Added, Residual Income, Earning Per Share, Dan Arus Kas Operasi Terhadap Nilai Perusahaan. JCA Ekonomi, 1(1), 24–36.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Erlangga.

Sani, A., & Irawan. (2021). Model Panel Regression: Pengaruh Economic Value Added (Eva), Market Value Added (Mva), Kebijakan Dividen Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Ekonomi (AKMAMI), 2(3), 598–610. https://ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/view/463

Sanoto, E. (2022). Pengaruh Return on Sale Ratio, Net Profit Margin, Current Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Debt Equity Ratio Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Otomotif dan Komponen Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Universitas Pancasakti Tegal.

Setianto, B. (2016). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Bumisaka Kurnia.

Sitorus, J. S., Tanasya, N. I., Fadillah, R., & Gulo, Y. (2020). Pengaruh Financial Leverage, Kebijakan Dividen Dan Earning Per Share Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan Minuman. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(3), 424–440.

Sobahi, I. N., Enas, E., & Herlina, E. (2019). Pengaruh Economic Value Added Dan Market Value Added Terhadap Nilai Perusahaan (Suatu Studi Pada Bank Bca Yang Terdaftar Di Bei Periode 2007-2017). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1, 120–148.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuanttitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanto, S. M., & Viriany. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(2), 826. https://doi.org/10.24912/jpa.v2i2.7665

Syafitri, Y., & Sari, L. I. (2020). Penagruh Return on Sale, Earning per Share, Economic Value Added, dan Market Value Added Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ratri (Riset Akuntansi Tridinanti ), 1(1).

Syahirah, S. C., & Lantania, M. F. (2016). Pengaruh Market Value Added, Economic Value Added, Kebijakan Dividen Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 1(1).

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Fatariska, D. P. A. L., & Isthika, W. (2024). Pengaruh Return on Sale, Earning per Share, Economic Value Added, dan Market Value Added Terhadap Nilai Perusahaan (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Baku yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2021). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(4), 248–261. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS/article/view/9977