Pengaruh Kualitas Pelayanan, Saluran Distribusi dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang)
Abstract
Purchasing decision is the process by which a consumer or organization chooses whether or not to buy a product or service. The purpose of this study is to ascertain how service quality, distribution channels and discounts on the purchase decisions of shopee users in students of the faculty of economics & business, dian nuswantoro university. This type of research used a quantitative approach and data analysis techniques using structural equation modeling (SEM) analysis with smartpls 3.0 software. the number of samples obtained was 192 respondents using purposive techniques and taken from online questionnaires. the results of the research concluded that service quality, distribution channels and discounts have a positive and significant influence on purchasing decisions.Keputusan pembelian adalah proses di mana konsumen atau organisasi memutuskan apakah akan membeli atau tidak membeli suatu produk atau layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, saluran distribusi dan diskon terhadap keputusan pembelian pengguna shopee pada mahasiswa fakultas ekonomi & bisnis Universitas Dian Nuswantoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS 3.0. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 192 responden dengan menggunakan teknik purposive serta diambil dari kuesioner online. Hasil riset menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan, saluran distribusi dan diskon memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Keywords:Kualitas PelayananSaluran DistribusiDiskonKeputusan PembelianReferences
Adhitya, W. R., & Fauziah, A. (2023). Pengaruh Kemudahan Transaksi, Keamanan Transaksi, Dan Kualitas Pelayanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee Manajemen Kreatif Jurnal, 1,178–189. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/makreju/article/view/1031%0Ahttps://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/makreju/article/download/1031/834
Alghifari, A.f., dan Rahayu, T. S. M. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Derivatif Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.
Amalia, N. R., & Saryadi, S. (2018). Pengaruh Kemudahan Akses Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Online Tiket.Com. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 1–5. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/21057
Ananingsih, T., Hasiholan, L. B., & Wahyono, E. H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Johnson and Johnson Indonesia. Jurnal Manajemen, 1, 1–10.
Andriani, Z., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion di Tiktok Shop pada Pengguna Aplikasi Tiktok. Bursa?: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 209–220.
Cahya, anca dwiki, Nurhajati, & Basalamah, R. (2020). Pengaruh Diskon, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Jasa Foto Bo Production). 132–143.
Chandra, Y. E., Bukhori, M., R, W. D., Studi, P., & Manajemen, M. (2022). Online Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian pada Chandra Supermaret Bandar Lampung. Jurnal Bisnis, 3(2), 31.
Dhamayanti, S. K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Saluran Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Logam Mulia Pada PT . Pegadaian Di Jakarta. Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 87–100.
Fadillah, A., & Syarif, R. (2013). Pengaruh Program Diskon Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 77–84. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i1.256
Fahrevi, S. R., & Satrio, B. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee.co.id. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 7, No(3), 1–15.
Febriani, A., & Cahya, H. N. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(3), 150-162.
Fransiska, I., & Madiawati, P. N. (2021). the Effect of Price , Promotion , Service Quality , and Brand Image on Purchasing Decisions on Shopee Users in Bandung. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis, 8(4), 3340–3353.
Ghozali, H. H. B. Al, & Purwanto, A. B. (2011). Green Product, Saluran Distribusi, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 14(1), 49–57.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares, Konsep, Teknik Dan Applikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (Ed.3). Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107. https://doi.org/10.1504/ijmda.2017.087624
Lestari, L. D. (2021). Pengaruh Fenomena HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) Pada E-Commerce Shopee Melalui Diskon Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1482–1491.
Mokodompit, H. Y., Lapian, S., (2022). Rating, Sistem Pembayaran Cash on Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Jurnal EMBA: Jurnal, 10(3),975–984. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/43393%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/43393/38189
Mukti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kirani Coffee. Jurnal Bina Manajemen, 10(1).
Nazmi, H. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Furing Prima Pada Pt. Biru Indokon. JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis), 6(1), 89–98. https://doi.org/10.30743/jrmb.v6i1.3967
Ningsih, D. S., & Cahya, H. N. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Pengguna Grab Bike Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(3), 138-149.
Nurlitasanti, F. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Saluran Distribusi, Dan Celebrity Endoser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pengguna Masker Wajah Mustika Ratu di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 9(2), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Octhaviani, S., & Sibarani, H. J. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi Pada Pengguna Aplikasi Grab Food Di Kota Medan. Scientific Journal Of Reflection?: Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 521–528. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i3.331
Pasi, L. N. K., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Reivews Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Shopee Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Purnama, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Promosi, Harga, Produk Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Hp Xiaomi. Jurnal Ilmu Riset Manajemen, 6(7), 24–36.
Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Citizen?: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482–491. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.132
Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
Shoffi’ul, A., Basalamah, M. R., & Millannintyas, R. (2019). Pengaruh Diskon dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Manajemen, 111–113. www.fe.unisma.ac.id
Wijaya, F., Andy, A., Vincent, V., Steven, S., & Harahap, R. A. (2019). Pengaruh Saluran Distribusi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Alat Kesehatan Merek Omron Pada Pt. Sumber Medika Indonesia Medan (Distributor Alat Kesehatan). Jurnal Darma Agung, 27(2), 973. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v27i2.268
wiwin kusuma pratiwi, sri wahyuni. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepercayaan Konsumen Berrybenka Di Shopee. SEIKO?: Journal of Management & Business, 6(2), 431–443.
Yulliyanie, T., & Evyanto, W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Saluran Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Bingas Manufacturing. ECo-Buss, 4(3), 505–515. https://doi.org/10.32877/eb.v4i3.283
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Bandung). Alfabeta.
Tjiptono, F. (2020). Strategi pemasaran?: prinsip dan penerapan (A. Diana (ed.); cetakan pe). Yogyakarta: Penerbit Andi, 2019 © 2019. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1325883
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.