Pengembangan Kualitas Layanan pada Kolam Renang Batang Tirtayasa Berdasarkan Prioritas Kebutuhan Konsumen (Pendekatan Quality Function Deployment (QFD))

Salsabila Aulia Rizky, Handy Nur Cahya

Abstract


The business world which is experiencing an increase has an impact on business managers in promoting their business ventures to support the businesses they have started so that they can compete with other business managers. One effort that managers can take is to improve the quality of existing facilities according to customer needs. One of the steps used to evaluate services based on customer needs is by applying the Quality Function Deployment method. The Quality Function Deployment method is used to determine customer needs and formulate how the company can determine priorities for fulfilling these needs based on the condition of the company's resources. The Quality Function Deployment method refers to what customers need and how the company meets those needs. Based on the results of research conducted at the Batang Tirtayasa Swimming Pool using the Quality Function Deployment method, results were obtained in the form of three service attributes that were prioritized for customer needs, namely friendly employees, cleanliness and clarity of pool water, good response from employees to visitors. These three attributes will be developed and improved based on the results of three of the thirteen technical responses. The technical response is improving and checking facilities every month, improving service and employee performance, renting life jackets and other equipment.


Dunia bisnis yang sedang mengalami peningkatan memberikan dampak bagi para pengelola bisnis dalam mempromosikan usaha bisnis mereka untuk menunjang usaha yang telah mereka rintis sehingga dapat bersaing dengan pengelola bisnis lainnya. Salah satu upaya yang dapat pengelola tempuh adalah dengan meningkatkan kualitas dari fasilitas yang ada sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Salah satu langkah yang digunakan untuk melakukan evaluasi pelayanan berdasarkan kebutuhan pelanggan yaitu dengan menerapkan metode Quality Function Deployment. Metode Quality Function Deployment digunakan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan beserta merumuskan bagaimana perusahaan dapat menentukan prioritas pemenuhan kebutuhan tersebut berdasarkan kondisi sumber daya perusahaan. Metode Quality Function Deployment mengacu pada apa yang dibutuhkan pelanggan dan bagaimana perusahaan memenuhi kebutuhan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kolam Renang Batang Tirtayasa dengan menerapkan metode Quality Function Deployment, didapatkan hasil berupa tiga atribut pelayanan yang dijadikan prioritas kebutuhan pelanggan yaitu pegawai bersikap ramah, kebersihan dan kejernihan air kolam, respon baik pegawai kepada pengunjung. Ketiga atribut tersebut akan dilakukan pengembangan dan perbaikan berdasarkan hasil tiga dari tiga belas respon teknis. Respon teknis tersebut adalah pembenahan dan pengecekan fasilitas tiap bulan, meningkatkan pelayanan dan kinerja pegawai, penyewaan pelampung dan perlengkapan lainnya.

 

Keywords:
Swimming Pool,
Service Quality,
Quality Function Deployment,
House of Quality
Customer Needs


Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen. Edisi Pertama. Bayumedia Publishing.

Aptaguna, A. & Endang P. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Journal of Pembangunan Jaya University. Vol.3. 51. https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.24

Bahia, T. H. A., Idan, A. R., & Athab, K. R. (2023). The effect of quality function deployment (QFD) in enhancing customer satisfaction. International Journal of Professional Business Review, 8(1), e01156-e01156.

Birgün, S., & Çal??kan, Y. (2017). Who Is Customer?: A QFD Cycle For The Swimming Pool Managers. European Proceedings of Social and Behavioural Sciences.

Cahya, H. N. (2018). Optimalisasi kualitas produk layanan purna jual Chevrolet sumber andalan Jogja dengan pendekatan QFD. In Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2301

Cahya, H. N., & Windasari, W. (2021). Quality Function Deployment Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan PT KAI Di Era Pandemi Covid19. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 18(2).

Cahya, H. N., & Dila, Z. S. (2022). Penerapan Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan EServequal (Implementation of Quality Function Deployment to Improve E-Servequal). Akutansi Bisnis & Manajemen (ABM), 29(1), 1-17.

Chan, L. K., & Wu, M. L. (2002). Quality function deployment: A literature review. European journal of operational research, 143(3), 463-497.

Fitri, M. D., & Cahya, H. N. (2023). Penerapan Quality Function Deployment untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Kebutuhan Pelanggan Restoran Cepat Saji Omah Gedhi Steak dan Penyet di Kota Kendal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 105-112.

Govers, C. P. (1996). What and how about quality function deployment (QFD). International journal of production economics, 46, 575-585.

Kurniawan, M.I.D. (2021). Penerapan Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Kebutuhan Pelanggan Kafe Panorama Kopi Abah di Kota Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro: Semarang. Tidak Dipublikasikan.

Prananda, Y., Lucitasari, D. R., & Abdul Khannan, M. S. (2019). Penerapan Metode Service Quality (Servqual) Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan. Opsi, 12(1), 1. https://doi.org/10.31315/opsi.v12i1.2827

Rizal, M. (2017). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Kolam Renang Mutiara Waterpark Perumnas Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1), 469-478.

Situmorang, E. V. A., Siregar, Z. H., & Harahap, U. N. (2021). Perbaikan dan pengembangan produk baby chair menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment) Studi Kasus; PT. Casa Woodworking Industry. Jurnal VORTEKS, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.54123/vorteks.v2i2.86

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan pembelian: sebagai variabel mediasi hubungan kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen. In Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen (Vol. 5, Issue 1). http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm


Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS)

Published by:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis | Universitas Dian Nuswantoro
Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang, Jawa Tengah 50131, Indonesia

Email: jekobs@feb.dinus.ac.id
Phone: (024) 3567010
Website:  http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS

ISSN
2964-8866 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.