Hubungan Promosi, Brand Ambassador dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mi Instan Merek Mie Sedaap (Studi kasus konsumen Mie Sedaap di Kota Semarang)

Authors

  • Hasna Labiba Azmi Rachmawati Program Studi Manajemen - S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Handy Nur Cahya Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Abstract

Instant noodles are products that are currently competing in the market. According to the World Instant Noodle Association (WINA), Indonesia is the second largest consumer in the world in 2021 where this number continues to increase from year to year. Meanwhile, based on data from the Top Brand Index in the last four years 2019-2022, Mie Sedaap has not experienced an increase, but in 2022 Mie Sedaap has started to see an increase based on its percentage but remains in second place for packaged instant noodle products. Mie Sedaap is an instant noodle produced by PT Wings Surya and is one of the instant noodles that is often consumed by Indonesian people but still has not been able to change the leading position of the instant noodle market from PT Indofood which is successful in Indonesia, which produces Indomie. This indicates that the intention to repurchase instant noodles in Mie Sedaap brand packaging is low. Several aspects can affect repurchasing intentions, such as promotions, brand ambassadors, and prices. This study aims to determine the effect of promotions, brand ambassadors, and prices on repurchase intention. The population in this study were consumers who had purchased at least five times the Mie Sedaap instant noodle product in Semarang City. By using a sample of 100 respondents and collecting data using a questionnaire and distributing it using the Google Form. Sampling in this study using purposive sampling method. Analysis with the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). The results of this study indicate that the promotion and price have a significant effect on repurchase intention. Meanwhile, the brand ambassador variable has no significant effect on repurchase intention.Mi instan merupakan produk yang saat ini sedang bersaing di pasaran. Menurut World Instan Noodle Asociation (WINA), Indonesia merupakan konsumen terbesar kedua di dunia pada tahun 2021di mana jumlah tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun. Sedangkan berdasarkan data dari Top Brand Index dalam empat tahun terakhir 2019-2022, Mie Sedaap belum mengalami peningkatan namun pada tahun 2022 Mie Sedaap sudah mulai terlihat peningkatan berdasarkan presentasenya tapi tetap berada di posisi kedua pada produk mie instan dalam kemasan. Mie Sedaap adalah mie instan yang diproduksi oleh PT Wings Surya dan merupakan salah satu mie instan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia namun tetap belum dapat mengubah posisi terdepan pasar mie instan dari PT Indofood sukses di Indonesia yang memproduksi Indomie. Hal ini mengindikasikan bahwa minat beli ulang pada mi instan dalam kemasan merek Mie Sedaap tergolong rendah. Beberapa aspek dapat mempengaruhi minat beli ulang, seperti promosi, brand ambassador, dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, brand ambassador, dan harga terhadap minat beli ulang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian minimal lima kali pada produk mi instan merek Mie Sedaap di Kota Semarang. Dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden serta pengumpulan data menggunakan kueisoner dan dibagikan menggunakan Google Form. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Analisis dengan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS),. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel promosi dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli ulang. Sedangkan variabel brand ambassador tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Keywords:promotionbrand ambassadorpricerepurchase intention

References

Alma H. Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Astri Rumondang Banja?nahor, dkk. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis. Jakarta.

Darma, Y. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(4), 133-138.

Databoks. (2017). Pangsa Pasar Mi Instan Domestik Triwulan III 2016. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/01/30/indofood-kuasai-71-pasar-mi-instan-indonesia

Della Irona, V., & Triyani, M. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen: kualitas produk, harga dan promosi (review literatur smm). Jurnali Ilmui Multidisplin, i1(1), 174-185.

Devi Gita, R. S. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan Online Zalora.co.id The Effect Brand Ambassador To The Brand Image of Online Company From Zalora.co.id. Vol.3.

Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta: Andi.

Faradisa, I., Budi, L., Minarsih, M. M., Jurusan, M., Fakultas, M., Dan, E., Universitas, B., Semarang, P., Dosen, Manajemen, J., & Ekonomika, F. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian Coffeshop Semarang (Icos Caffe). Journal Of Management, 2(2).

Firmansyah, m. Anang (2019) pemasaran produk dan merek (planning & strategy). Surabaya: cv. Penerbit qiara media

Ghozali, i. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi Kesembilan. Badan Penerbit-Undip.

Gregorius, C., & Fandy, T. (2017). Pemasaran Strategik, Edisi Ke-3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hastuti, D., & Suryadi, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador, Iklan, dan Harga Terhadap Minat Pembelian Mie Sedaap oleh Mahasiswa Univeritas Brawijaya.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2017). Penelitian bisnis pendekatan kuantitatif. Kencana.

Ilmi, S., Pawenang, S., & Setya Marwati, F. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image (Citra Merek) dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Korean Spicy Chicken. (Vol. 04, Issue 01).

Immaculata, M. A., & Utami, L. S. S. (2021). Pengaruh Popularitas Brand Ambassador NCT 127 terhadap Minat Beli Produk Nu Green Tea oleh Konsumen. Prologia, 5(2), 261-266.

Kamilla, W. F., & Bestari, D. K. P. (2022). Pengaruh Popularitas Nct Dream sebagai Brand Ambassador dan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Mie Lemonilo (Studi pada Masyarakat di Kota Bandung). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3701-3708.

Katadata Insight Center. (2022). Merek Makanan paling sukses dipromosikan oleh idol Kpop 2022. https://goodstats.id/article/merek-makanan-paling-sukses-dipromosikan-oleh-idol-kpop-2022-OdWrz

Kompas. (2022). Sejarah Mi Instan. https://www.kompas.com/food/read/2020/07/15/163328375/sejarah-mi-instan-diciptakan-supaya-orang-gampang-masak-mi?page=all

Kompasiana. (2019). Gaya Hidup Serba Instan Generasi Milenial. https://www.kompasiana.com/imazuliatunis/5d1a4047097f3619a061aa52/gaya-hidup-serba-instan-generasi-milenial

Kotler, P dan Keller, KL. (2016). Marketing Management. 15ed. Pearson Education Limited. England

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing(17th ed.). United Kingdom: Pearson Education Limited.

Lestari, R., & Elwisam. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang Produk Mie Instan Sedaap. JurnalIlmu dan Budaya, Vol.41, No.63, 26.

Lusiani, U., & Manggu, B. (2022). The 5 th Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli. 5th Prosiding Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology 2022, e-ISSN: 2828-0725. www.fimela.com

Lutfiana, M., & Saraswati, T. G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Si Akang Snack. eProceedings of Management, 8(2).

Mudiantono, S. P. R. (2016). Analisis Pengaruh Brand Ambassador ,Kualitas Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal Of Management.

Nafilah, K., Widarko, A., & ABS, M.K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Yang Mengkonsumsi Mie Instan). E-JRM: Jurnal Elektronik Riset Manajemen, 8(16).

Pramesti, D. Y., Widyastuti, S., Riskarini, D., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Pancasila, U. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 1(1), 27–39.

Putra Pratama, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie. Sugiyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.

Putri, N. N., Alkhaliq, B., & Kusuma, A. C. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Gerai Es Teh Indonesia di Kota Serang. Jurnal Teknologi Pangan dan Industri Perkebunan (LIPIDA), 2(1), 127-133.

Putri, R. B. A. E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Pisang Slebew. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 6(1), 21-29.

Reta Tiara A., & Leksono Poniran Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Sandra, S., & Setyabudi, D. (2020). Hubungani terpaan iklan di televisi dan kapabilitas brand ambassador dengan minat beli pada produk Mie Sedaap. Interaksi Online, 8(3), 1-9.

Secapramana, L. V. H. (2021). Model dalam strategi penetapan harga. Unitas, 9(1), 30-43.

Senggetang, V., Mandey, S. L., Moniharapon, S., & Lokasi…, P. (2019). Pembelian Konsumen pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado The Influence of LOocation, Promotion and Price Perception to Consumer Purchase on Kawanua Emerald City Manado Housing. Jurnal EMBA, 7(1), 881–890.

Shabrina, S. A., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Holland Bakery Pandanaran Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 475-481.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Top Brand Index. (2022). https://www.topbrand-award.com/top-brand-index

Ulfa Rafika. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman ISSN : 2685-6115.

WINA. (2022). Global Demand of Instant Noodles. https://instantnoodles.org/en/noodles/demand/table/

Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 146. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i2.712

Yuliana Prasetyawati, C. R., Putra, D. R., & Prasetyawati, Y. R. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Green Product Starbucks. Jurnal Metris, 22(1), 49–56. http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/metris

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Rachmawati, H. L. A., & Cahya, H. N. (2023). Hubungan Promosi, Brand Ambassador dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mi Instan Merek Mie Sedaap (Studi kasus konsumen Mie Sedaap di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(3), 173–184. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS/article/view/9123

Most read articles by the same author(s)