Penentu Niat Beli Produk Kosmetik Halal Wardah pada Konsumen Generasi Z

Sahda Julia Arsanti, Mahmud Mahmud

Abstract


This study aims to determine the influence of Religious Belief, Material Safety, Halal Logo, and Promotion on the purchase intention of Wardah Halal Cosmetic Products in generation Z in Java and Sumatra. The population of this study was users of Wardah cosmetic products from generation Z aged 17 to 25 years. The study was conducted by survey method of 160 generation Z people from various regions in Java and Sumatra. Data were collected over an eight-day period, using a closed questionnaire. Purposive sampling methods were used and a total of 105 usable questionnaires were analyzed.160 samples were distributed via WhatsApp and Instagram using Google forms to obtain primary data. The data that has been collected will be examined by evaluating the stage of the research instrument by covering (reliability test and validity test). The stages of conventional assumption testing include (multicollinearity, reality test, and validity test). Classical assumption tests include (heteroscedacity, normality test, and multicollinearity test). This stage involves testing the hypothesis that has been proposed in this study using the coefficient of determination test, simultaneous test (f test), partial test (t test). The findings that have been made reveal that the variabel of religious belief has an insignificant influence. Then, the variabels of material safety, halal logos, and promotions have a significant influence on the purchase intention of Wardah's halal cosmetic products in generation Z both partially and simultaneously.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keyakinan Agama, Keamanan Bahan, Logo Halal, dan Promosi terhadap niat beli Produk Kosmetik Halal Wardah pada generasi Z di Pulau Jawa dan Sumatra. Populasi penelitian ini adalah pengguna produk kosmetik Wardah dari generasi Z yang berusia 17 sampai dengan 25 tahun. Penelitian dilakukan dengan metode survei terhadap 160 orang generasi Z dari berbagai daerah di Jawa dan Sumatra. Data dikumpulkan selama periode delapan hari, menggunakan kuesioner tertutup. Metode purposive sampling digunakan dan total 105 kuesioner yang dapat digunakan dianalisis.160 sampel didistribusikan melalui WhatsApp dan Instagram menggunakan Google form untuk mendapatkan data primer. Data yang telah dikumpulkan akan diperiksa dengan evaluasi tahap instrumen penelitian dengan meliputi (uji realibilitas dan uji validitas). Tahapan uji asumsi konvensional meliputii (multikolinearitas, uji realibilitas, dan uji validitas). Uji asumsi klasik meliputi (heteroskedasitas, uji normalitas, dan uji multikolinearitas). Tahap ini melibatkan pengujian hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian ini dengan menggunakan uji koefisien determinasi, uji simultan (uji f), uji parsial (uji t). Temuan yang telah dilakukan mengungkapkan bahwasannya variabel keyakinan agama memiliki pengaruh tidak signifikan. Lalu, pada variabel keamanan bahan, logo halal, dan promosi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat beli produk halal kosmetik Wardah pada generasi Z baik secara parsial maupun simultan.


Keywords:

halal logo

religious belief

purchase intention

safety of product materials

promotion


Full Text:

PDF

References


Abu-Alhaija, AS, Yusof, RNR, Hasyim, H. dan Jaharuddin, NS (2018), “Konsumen Agama penelitian perilaku: pentingnya komitmen keagamaan dan afiliasi keagamaan”, Jurnal Internasional Ekonomi, Perdagangan dan Manajemen,Jil. 6 No.1, hal.245-258.

Alam, SS, Mohd, R. dan Hisham, B. (2011), “Apakah religiositas merupakan determinan penting dalam kehidupan Muslim? perilaku konsumen di Malaysia?”,Jurnal Pemasaran Islami,Jil. 2 No. 1, hlm. 83-96.

Aziz, YA dan Chok, NV (2013), “Peran komponen kesadaran, sertifikasi, dan pemasaran dalam menentukan niat beli di kalangan nonMuslim di Malaysia: pendekatan pemodelan persamaan struktural”,Jurnal Pemasaran Pangan dan Agribisnis Internasional,Jil. 25 No.1, hlm. 1-23.

Bashir, M. (2019), “Pengaruh kesadaran halal, logo dan sikap halal terhadap pembelian konsumen asing maksud",Jurnal Makanan Inggris,Jil. 121 No. 9, doi:10.1108/BFJ-01-2019-0011.

Berliana, RA, Ratih, H. dan Yuvaraj, G. (2019), “Produk kemasan halal luar negeri yang mempengaruhi niat beli”,Jurnal Manajemen Teknologi Asia,Jil. 12 No.2, hal.86-93

Chen, M. (2007), “Sikap konsumen dan niat membeli dalam kaitannya dengan makanan organik di Taiwan: efek moderat dari ciri-ciri kepribadian yang berhubungan dengan makanan”,Kualitas dan Preferensi Makanan,Jil. 18 No.7, hal.1008-1021.

Chok, YA (2013), “Peran komponen kesadaran, sertifikasi, dan pemasaran dalam menentukan niat beli di kalangan Non-Muslim di Malaysia: pendekatan pemodelan persamaan struktural”,Jurnal Pemasaran Pangan dan Agribisnis Internasional,Jil. 25 No.1, hlm. 1-23.

Ferdinand, A. (2005),Pemodelan Persamaan Struktural dalam Riset Manajemen,Semarang: Universitas Diponegoro.

Hayat, MA, Ahmad, N. dan Zeeshan, H. (2015), “Faktor yang mempengaruhi niat beli Halal – bukti dari sektor Makanan Halal Pakistan”,Tinjauan Riset Manajemen,Jil. 38 No.6, doi:10.1108/ MRR-01-2014-0022.

Hussain, I., Rahman, S., Zaheer, A. dan Saleem, S. (2016), “Faktor Integrasi yang Mempengaruhi Konsumen pembelian produk: penerapan teori tindakan beralasan”,Jurnal Pemasaran Pangan dan Agribisnis Internasional,Jil. 28 No. 1, hlm. 35-58.

Hussain, K., Fayyaz, M., Shamin, A., Abbasi, A., Malik, J., dan Abid., M. (2022), “Attituse, repurchase intention and brand loyalty toward halal cosmetics” The current issue and full text archive of this journal is available on Emerald Insight at: https://www.emerald.com/insight/1759-0833.htm

Kemenlu.go.id (2022), “Peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi pusat produsen halal dunia”, https://kemlu.go.id/vienna/id/news/18866/peluang-besar-bagi-indonesia-untuk-menjadi-pusat-produsen-halal-dunia. (Diakses 21 April 2023)

Kemenlu.go.id (2022), “Peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi pusat produsen halal dunia”, https://kemlu.go.id/vienna/id/news/18866/peluang-besar-bagi-indonesia-untuk-menjadi-pusat-produsen-halal-dunia. (Diakses 21 April 2023)

Kompas.com (2020), “Survei Generasi Z Rela Habiskan Uang demi Kecantikan” The current issue and full text archive of this journal is available on Emerald Insight at: https://www.emerald.com/insight/1759-0833.htm

Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. 2014. Marketing for Hospitality and Tourism. 5 thedition. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Irfany, M., I., and Khairunnisa Y. (2023), “Factor influencing Muslim Generation Z consumers’ purchase intention of environmentally friendly halal cosmetic products” The current issue and full text archive of this journal is available on Emerald Insight at: https://www.emerald.com/insight/1759-0833.htm

Lada, S., Tankinjal, HG dan Amin, H. (2009), “Memprediksi niat untuk memilih produk halal menggunakan teori tindakan beralasan”,Jurnal Internasional Keuangan dan Manajemen Islam dan Timur Tengah,Jil. 2 No. 1, hlm. 66-76.

Marketing Charts (2017), “Pria Milenial memberikan pengaruh yang lebih besar di pasar kecantikan”, Tersedia di:www.marketingcharts.com/demographics-and-audiences/youth-and-gen-x-80188 (diakses 2 maret 2020).

Moira, P., Sarchosis, D. dan Mylonopoulos, D. (2017), “Keyakinan agama sebagai parameter pilihan makanan di tujuan wisata: kasus Mykonos”,Konferensi Wisata Religi dan Ziarah Internasional, Tersedia di:http://arrow.dit.ie/irtp/2017/concerns/4/

Monroe, KB (2003),Harga: Membuat Keputusan yang Menguntungkan,Edisi ke-3., McGraw-Hill, New York, NY.

Mukhtar, A. and Butt, M. (2012), “Niat Memilih Produk Halal: Peran Religiusitas”,Jurnal dari Pemasaran Islami,Jil. 3 No.2, hal.108-120.

Purbohastuti, A., W., dan Hidayah, A., A. (2020), “Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser”. Jurnal Bsnis Terapan, Vol 04 No.1, hal 37-46

Rahman, AA, Asrarhaghighi, R. dan Rahman, SA (2015), “Konsumen dan Produk Kosmetik Halal: Pengetahuan, religiositas, sikap dan niat”,Jurnal Pemasaran Islami,Jil. 6 No. 1, hal. 148-163

Salman, F. dan Siddiqui, K. (2011), “Sebuah studi eksplorasi untuk mengukur kesadaran konsumen dan persepsi terhadap makanan halal di Pakistan”,Jurnal Interdisipliner Penelitian Kontemporer dalam Bisnis,Jil. 3, hlm. 639-652.

Statista.com (2019), “Perawatan pribadi di Malaysia”, tersedia di:www.statista.com/outlook/254/122/ perawatan pribadi/malaysia(diakses 2 maret 2023).

Swidi, A., Wie, C., Hassan, MG, Al Hosam, A. dan Kassim, AWM (2010), “Arus utama industri kosmetik di Malaysia dan kemunculan, pertumbuhan, dan prospek Kosmetik Halal”,Konferensi Internasional Ketiga tentang Studi Internasional (ICIS 2010), 1-2 Desember 2010,1-20.

Wilson, JAJ dan Grant, J. (2013), "Pemasaran Islami - penantang kanon pemasaran klasik?", Jurnal Pemasaran Islami,Jil. 4 No.1, hal.7-21.

Wilson, JAJ (2019), “Melihat branding halal dengan pria yang membuatnya keren”, tersedia di:https:// halalfocus.net/a-look-at-halalbranding-with-the-man-who-made-it-cool/(diakses 4 Maret 2023).

Yuhanis, AZ dan Nyen, VC (2013), “Peran kesadaran halal, sertifikasi halal, dan pemasaran komponen dalam menentukan niat beli halal di kalangan non-Muslim di Malaysia: pendekatan pemodelan persamaan struktural”,Jurnal Pemasaran Pangan dan Agribisnis Internasional,Jil. 25 No.1, hlm. 1-23.


Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS)

Published by:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis | Universitas Dian Nuswantoro
Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang, Jawa Tengah 50131, Indonesia

Email: jekobs@feb.dinus.ac.id
Phone: (024) 3567010
Website:  http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS

ISSN
2964-8866 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.