Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett Whitening

Authors

  • Trisiska Wasitaningrum Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Handy Nur Cahya

Abstract

This study aims to determine the effect of celebrity endorser, brand image, and product quality on consumer buying interest in Scarlett Whitening products. The data collection method in this study used a questionnaire in the form of a google form filled out by respondents who were at least 17 years old, had used Scarlett products at least once, and had seen Rachel Vennya review Scarlett products. Sampling of 100 respondents. In this study using a purposive sampling method. The analysis used in this study is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that: (1) Celebrity endorsers have no effect on consumer buying interest in Scarlett products. (2) Brand image has a positive and significant effect on consumer buying interest in Scarlett products. (3) Product quality has no effect on consumer buying interest in Scarlett products.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, brand image, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk Scarlett Whitening. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk google form yang diisi oleh responden yang berusia minimal 17 tahun, pernah menggunakan produk Scarlett minimal 1 kali, dan pernah melihat Rachel Vennya melakukan review produk Scarlett. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen produk Scarlett. (2) Brand image berpengaruh positif dan signifikan erhadap minat beli konsumen produk Scarlett. (3) kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen produk Scarlett.Keywords:Celebrity Endorser, Brand Image, Product Quality, Buying Interest

References

AMELIA NOVIKA, D. E. A. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP MINAT MEMBELI ULANG PRODUK KOSMETIK “MAKE OVER” DI SLEMAN YOGYAKARTA. Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional" Veteran" Yogyakarta.

Andi, Suyono, P. A. Hafis, dan Hendri. 2020. Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk, Desain Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Asus Pada Mahasiswa Pelita Indonesia. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, p.23–26.

Andrianto, N. F., dan E. Sutrasmawati. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Pada Proses Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, p.104–109.

Angkasa, M. Y. 2017. Pengaruh Celebrity Endorser dan Citra Merek Terhadap Keputusan Membeli Motor Honda Beat di Kota Manado. Jurnal EMBA, p.1834-

Aryamti, A. S. 2019. “Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Pada Kepuasan Pelanggan Klinik Kecantikan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan.” In e-Proceeding of Management, , Pp. 131-138.

Dian Respati, W. (2017). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Produk Lipstik Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember). Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

Febriani, N. S., dan W. W. A. Dewi. 2018. Teori dan Praktis : Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. UB Press.Malang.

Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hardiyanti, H., & Prabantoro, G. (2020). ANALISIS PENGARUH HARGA, DESAIN PRODUK, CITRA MEREK (BRAND IMAGE), DAN BINTANG IKLAN (CELEBRITY ENDORSER) TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK FOCALLURE “Studi Kasus: PT Hexindo Adi Perkasa, Tbk.” S1 Manajemen, 1–20.

Juhaeri. 2016. The Influence of Brand Image, Service Quality, Price Perception and Trust on the Purchase Decision of Welding Workshop Welding Www.Kanopirumah.Com. Pinisi Direction Review, p.17–24.

Melyani. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Distriversa Buana. Cakrawala.

Munawaroh, S. A., Wati, L., & Trianita, M. (2020). PENGARUH HARGA, IKLAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELIPRODUK KOSMETIK LANEIGE. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University, 16(2).

Nurhalim, A. D. (2020). Pengaruh Brand Image Gojek Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Efek Covid-19 Konsumen Karawaci Tegal Baru Tangerang). Jurnal Bina Manajemen, 9(1), 17–29.

Roisah, R., & Al-Biru, M. (2021). PENGARUH BEAUTY VLOGGER SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI (Survey Pada Viewer Video YouTube PIXY Make It Glow akun Tasya Farasya di Kota Bandung). Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(2), 45–53.

Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah hubungan citra merek, kualitas produk dan keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 100–107.

Sudaryanto. 2018. Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen di Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Sudirjo, F., H. Ratnawati, dan D. Putranti. 2020. The Role of Product Attributes , Brand image , and Celebrity Endorser on Purchase Decision and Their Effects on Consumer Satisfaction on

Sukma, K. A. D. S. K., dan I K. Nurcahya. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men’s Biore. E- Jurnal Manajemen Unud, p.4016–4043.

Takaya, R. 2019. the Effect of Celebrity Endorsment on Brand Image and Trust Brand and It’S Impact To Purchaseintention Case Study: Oppo Smartphone. Bussines and Entrepreneurial Review, p.183.

Wilyan, W. A. (2022). Pengaruh Harga dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk SAFI Skincare (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta). In MDP Student Conference, 1(1), 239–244.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Wasitaningrum, T., & Cahya, H. N. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 58–70. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS/article/view/7439

Most read articles by the same author(s)