Pemeriksaan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret (Studi Pada Konsumen Indomaret Semarang)
Abstract
The purpose of this research is to examine the effect of corporate social responsibility, social media marketing, store area, sales promotion, and the value of profits experienced on purchasing decisions at Indomaret minimarkets. Research methods use quantitative and information collected from Indomaret consumers. The results of testing the partial t-hypothesis of store environment variables and profit values influence purchasing decisions, while CSR variables, social media marketing variables, and sales promotion variables do not have an influence on purchasing decisions. Determination coefficient value of 0.477 or 47.7%Tujuan dari riset ini utuk menguji pengaruh corporate sosial responsibility, pemasaran media sosial, area toko, promosi penjualan, serta nilai keuntungan yang dialami pada keputusan pembelian di minimarket indomaret. Tata cara riset memakai kuantitatif serta informasi yang di kumpulkan berasal dari konsumen indomaret. Hasil pengujian hipotesis t-parsial variabel lingkungan toko dan nilai keuntungan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel CSR, variabel pemasaran media sosial, dan variabel promosi penjualan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisiensi determinasi sebesar 0,477 atau 47,7% Keywords:Corporate sosial responsibility, pemasaran media sosial, lingkungan Toko, promosi penjualan, nilai keuntunganReferences
Abdillah, Mohamad Faud, and Agung Utama. 2018. “Pengaruh Green Product Dan Corporate Social Responsibility Terhaap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli (Studi Pada Konsumen Lampu Philips LED Di Yogyakarta ).” Jurnal Ilmu Manajemen 15(2): 81–90.
Amanah, Dita, and Dedy Ansari Harahap. 2018. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan Terhadap Kesadaran Merek Pelanggan.” Jurnal Manajemen Teori dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management 11(3): 207.
Amin, Mia Adisty, and Lucky Rachmawati. 2020. “Pengaruh Label Halal, Citra Merek, Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah.” Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 3(3): 151–64.
Ayu, Dhika Rara. 2020. “Impulsif Buying Tendency Sebagai Dampak Dari Stimulus Lingkungan Toko Dengan Pemediasi Emosi Positif (Studi Kasus Matahari Departemen Store Di Thamrin Plaza Medan).” JaManKu 2(1): 59–71.
Ayu Pangastuti, Trisyani, and Nurhadi Nurhadi. 2021. “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Pt. Groen Indonesia.” Jurnal Bisnis Indonesia 12(2).
Balawera, Asrianto. 2018. “Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik Di Freshmart Kota Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1(4): 2117–29.
Batee, Maria Magdalena. 2019. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 2(2): 313–24.
Bya, E. F., & Sharif, O. O. 2021. “Factors-Factors Affecting Consumer Purchasing Decisions At.” 8(4): 3121–29.
Catur, Kuspuji, and Bagus Wicaksono. 2013. “MENGUKUR EFEKTIVITAS SOCIAL MEDIA BAGI PERUSAHAAN Landasan Teori.” (9): 551–64.
Ferdinan, C. E., & Nugraheni, R. (2013). 2013. 2 Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki (Studi Pada Pembeli–Pengguna Sepeda Motor Suzuki Di Kota Solo) (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis).
Hadi, Ryan Krisna et al. 2013. “Pengaruh Keunggulan Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Rangka Atap Baja Ringan Taso C75.75.” Pengaruh Keunggulan Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Rangka Atap Baja Ringan Taso C75.75 12(3): 346–56.
Khoiro, Failatul, N Rachma, and M Hufron. 2019. “Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketting Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Konsumen Warung Siji House and Resto Malang ).” e – Jurnal Riset Manajemen: 140–53.
Lachram, Ananda Cynthia, and Osa Omar Sharif. 2020. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Matahari Department Store Factors Affecting the Consumer Purchase Decision in Matahari Department Store.” Jurnal Mitra Manajemen 4(1): 65–75.
Lukito, Wibi Anindra, and D Lukito Fahmi. 2020. “Pengaruh Promosi Dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa.” Journal of Economics and Accounting 1(2): 90–95.
Napitupulu, R B, C br Sirait, and ... 2022. “Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Darma Agung Medan.” Jurnal Global ….
Naufal, Arif Rahman, and Rizal Hari Magnadi. 2017. “Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rahma Rahmi Collection).” Diponegoro Journal of Management 6(4): 1–9.
Prasetya, Mellisa. 2012. “PENGARUH LINGKUNGAN TOKO, NILAI YANG DIRASAKAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION ZARA DI SURABAYA.” STIE Perbanas Surabaya (022): 0–16.
Ramadhani, Hellena, Retno Endah Supeni, and Wahyu Eko Setianingsih. 2022. “Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Emina Di Masa Pandemi Covid-19.” National Multidisciplinary Sciences 1(3): 402–9.
Ratih, I., Astiti, D. 2016. “Impulsif Buying Pada Remaja Putri Di Denpasar.” Jurnal Psikologi Udayana 3(2): 209–19.
Rifai, Ahmad. 2020. “Analisis Pengaruh Lingkungan Toko, Emosi Positif Dan Motif Hedonis Terhadap Pembelian Tidak Direncanakan Pada Bangkit Mart Sapuran Wonosobo.” Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) 1(2): 281–89.
Robbiansyah, Davi. 2018. “Analisis Pengaruh Kualitas Makanan, Keadilan Harga Dan Lingkungan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.” : 140.
Sondak, Chrisny, Altje Tumbel, and Debry Lintong. 2021. “Analisis Pengaruh Promosi Penjualan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Indogrosir Manado.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 9(2): 754–64.
Sukma, Erlangga Andi, Achmad Fauzi DH, and Fransisca Yaningwati. 2012. “Suasana Toko Dalam Menciptakan Emosi Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Profit 6(1): 60–87.
Supangkat, Aditya Hangga, and Supriyatin. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 6(9): 1–19.
Tjahjono, Amelia et al. 2018. “Analisa Marketing Mix , Lingkungan Sosial , Psikologi Online Pakaian Wanita.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 1(2): 1–9.
Wahyuningrum, Yuniarti, Irwan Noor, and Abdul Wachid. 2014. “PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PENIGKATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Pada Implementasi CSR PT. Amerta Indah Otsuka Desa Pacarkeling Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan).” Jap) 1(5): 109–15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.