Pengaruh Promosi, Brand Ambassador, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Marketplace Tokopedia di Kota Semarang

Authors

  • Nabila Tesra Sandjaya Program Studi Manajemen S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33633/jekobs.v4i1.12561

Keywords:

promosi, brand ambassador, kualitas pelayanan, keputusan pembelian

Abstract

This research aims to analyze the influence of promotions, brand ambassadors, and service quality on consumer purchasing decisions on the Tokopedia e-marketplace in Semarang City. The population in this study were users of the Tokopedia e-marketplace application in the city of Semarang. This sample was determined using purposive sampling. Data processing analysis was obtained using the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) program. The results of the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) analysis show that promotion variables and service quality have a positive significant effect on consumer purchasing decisions on the Tokopedia e-marketplace in Semarang City. Meanwhile, the brand ambassador variable does not have a positive significant effect on consumer purchasing decisions on the Tokopedia e-marketplace in Semarang City.   Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, brand ambassador, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di e-marketplace Tokopedia di Kota Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi e-marketplace Tokopedia di kota Semarang. Penentuan sampel ini menggunakan purposive sampling. Analisis pengolahan data diperoleh dengan menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil analisis Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) menunjukkan bahwa variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di e-marketplace Tokopedia di Kota Semarang. Sedangkan variabel brand ambassador tidak berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di e-marketplace Tokopedia di Kota Semarang

References

Aisyah, N. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Idol Kpop, Promosi Dan FiturTerhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee yang Ada di Jember). UMJember Proceeding Series, 439-446.

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 663-674.

Brestilliani, L., & Suhermin. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen , 1-19.

Cherstiawan, A. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian di Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana. Ilmiah Manajemen Bisnis.

D, W. I., & Rodhiyah. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhdap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 202-208.

Dihni, V. A. (2022, 07 19). 10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2022. Dipetik 09 20, 2022, dari databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2022

Edrin, F., & Fhatiyah, N. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Band Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Kasus Pada Event Free Photocard BTS Tokopedia). Proceeding Seminar Nasional Bisnis , 78-84.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisa Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Herawati, H., & Muslikah. (2019). Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat (Studi Kasus Pada Factory Outlet PT.Martina Berto Tbk.). KINERJA Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17-35.

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. IQTISHADequity Jurnal Manajemen , 113-126.

Mardhiyyah, K., & Fadilla, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Journal of Management, 345-355.

Mudiar, W., & Hervianto, D. R. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Online Tokopedia (Studi Pada Konsumen Tokopedia Jakarta). Simposium Nasional Ilmiah , 415-423.

Nadia, S. M., & Aulia, P. (2020). Pengaruh Brand Ambassador BTS KPOP Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. E-Proceeding of Management, 3616-3634.

Novianti, K. F., & Lestari, F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada e-commerce Tokopedia. Banking & Management Review, 1369-1385.

Oktavia, E. B., Fatimah, F., & Puspitadewi, I. (2022). Pengaruh Haga, Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening Indonesia Di Tokopedia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH, 361-375.

Pratama, R. A., & Sujani. (2022). Pengaruh Iklan, Brand Ambassador Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Tokopedia. EPrints, 1-15.

Rani, E. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-21.

Sari, D. P., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia Di Kota Semarang. Proceeding SENDIU, 341-348.

Solikha, A. M. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online Dalam Perspektif Islam Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Konsumen Tokopedia Kota Salatiga). Universitas Islam Negeri Salatiga.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Syarif, S. H., & Hiya, N. (2021). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia . Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 40-51.

Ustman, M., & Wahyuati, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Wibowo, E. A., Ramli, R. A., & Rahmah, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Idol K-POP, Brand Image, Promotion Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia Di Kota Batam. Jurnal Equilibiria, 48-60.

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Sandjaya, N. T. (2025). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Marketplace Tokopedia di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 63–76. https://doi.org/10.33633/jekobs.v4i1.12561

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.