Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, dan Kemasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina di Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.33633/jekobs.v4i1.12554Keywords:
kualitas produk, brand image, kemasan produk, keputusan pembelianAbstract
This study aims to examine the impact of product quality, brand image, and packaging on purchasing decisions for Emina cosmetics products in Semarang City. This research uses a quantitative data type. The population of this study consists of consumers in Semarang City who have used Emina cosmetic products. The sample was determined using a non-probability sampling method with 105 respondents. The data obtained were analyzed using SPSS 25. The results of the study show that: (1) Product quality has a positive but insignificant effect on purchasing decisions; (2) Brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions; (3) Product packaging has a positive and significant effect on purchasing decisions. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk, brand image, dan kemasan produk terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen di Kota Semarang yang pemah menggunakan produk kosmetik Emina. Sampel ditentukan berdasarkan metode non• probability sampling dengan sampel sebanyak 105 responden. Data yang sudah didapat, dianalisa menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian; (2) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; (3) Kemasan Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.References
Afidah, N., Krisdianto, D., & Chanafi, A. (2023). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina. JIAGABI, 14(1), 112-125.
Amaliah, Ernitawati, Y., & Harini, D. (2023). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. Jurnal Manajemen Riset Inovasi (MRI), 1(4), 272-289. https://doi.org/10.55606/mri.v1i4.1872
Aprianti, W., & Tjiptodjojo, K. I. (2023). Pengaruh brand ambassador, brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian skincare Scarlett Whitening. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1275-1282. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Aulia, E. S., & Nugroho, N. E. (2023). Pengaruh brand image, price, dan packaging product terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. www.compas.co.id
Basri, A. I., Sumarni, M., Astuti, E. L. N., & Herdiany, H. D. (2023). Pengaruh kualitas produk, citra merk, dan iklan terhadap keputusan pembelian konsumen pada kosmetik Purbasari di Kota Yogyakarta. Efektor, 10(1), 1-9. https://doi.org/10.29407/e.v10i1.18891
Dahmiri, Hasbullah, H., & Sari, S. S. (2020). Pengaruh lifestyle terhadap keputusan pembelian kosmetik
Dwi, D. M. L., Pradiani, T., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, diskon, dan keputusan pembelian online Maharani Prima Skin Care di Blitar.
Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2021). Pengaruh kualitas produk, digital marketing dan citra merek terhadap keputusan pembelian lipcream Pixy di Kabupaten Sidoarjo. IQTISHADequity, 4(1).
Fachrudin, F. M., & Taufiqurahman, E. (2022). Pengaruh brand ambasador dan brand image terhadap keputusan pembelian kosmetik MS GLOW di distributor Karawang tahun 2021. YUME: Journal of Management, 5(2), 508-524. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.456
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Edisi Kesembilan).
Girsang, N. M., Rini, E. S., & Gultom, P. (2020). The effect of brand image and product quality on re-purchase intention with customer satisfaction as intervening variables in consumers of skincare Oriflame users. European Journal of Management and Marketing Studies, 5(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3627548
Hartati, B. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli produk cosmetics Jafra pada PT. Jafra Cosmetics Indonesia. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu), 10(01).
Ismayana, S., & Hayati, N. (2018). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk lipstik Pixy (Studi pada konsumen produk lipstik Pixy toserba Borma Cipadung). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, X(2).
Karamoy, T. S. (2022). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian kosmetik Maybelline di Kota Manado. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(1).
Khoirunnisa, S., Syarief, N., & Supriadi, Y. N. (2022). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian sunscreen Nivea. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 2(1), 240-259. https://doi.org/10.53363/buss.v2i1.90
Kolinug, M., Mananeke, L., & Tampenawas, J. L. A. (2022). Pembelian kosmetik Revlon (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA, 10(3), 101-111.
Lombok, E., & Samadi, R. (2022). Pengaruh brand image, brand trust dan digital marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Emina (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA, 10(03), 953-964.
Miranty, Sofia, S., & Rahayu, A. (2022). Pengaruh personal selling dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk kecantikan Purbasari Saga Departemen Store Kota Sorong. Kalianda Halok Gagas, 4(2). https://ojs.stiemkalianda.ac.id
Montolalu, N. A., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. C. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian skincare Scarlett Whitening pada platform digital. Productivity, 2(4).
Nola, N., Akhmad, I., & Fikri, K. (2023). Pengaruh brand trust dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian ulang lipstik Wardah di Kota Pekanbaru (Studi kasus pada Fajar Kosmetik Pekanbaru). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1). https://www.topbrandaward.com/
Poespa, A. A. R., Cahyono, R., & Martah, V. (2020). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian lotion Marina. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMAHA, 3(1), 2622-6367.
Rahmatika, N. P., Wahono, B., & Dianawati, E. (2023). Pengaruh brand image, kemasan produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada produk perawatan wajah Emina. E-Jurnal Riset Manajemen, 12(01). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm
Robiah, D., & Nopiana, M. (2022). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare Avoskin. YUME: Journal of Management, 5(1), 433-441. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.235
Sasongko, G. A., & Setyawati, H. A. (2022). Pengaruh brand ambassador, daya tarik iklan, dan product packaging terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Studi pada masyarakat di Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 4(4). http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index
Selvia, M., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2022). The effect of price and product quality on the purchase decision of Scarlett Whitening products on students of the Faculty of Economics and Business Sam Ratulangi Manado University. Jurnal EMBA, 10(4), 320-330.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sulistyani, I., & Rhamdhani, I. M. (2023). Pengaruh gaya hidup konsumtif, kemasan, dan electronic word of mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian lipstik Emina di Kabupaten Kebumen.
Tabar, F. A., & Farisi, H. (2023). Pengaruh kualitas produk, celebrity endorser, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital, 2(1), 1-19.
Valentin, I. (2021). Pengaruh brand image dan beauty vlogger terhadap keputusan pembelian kosmetik Make Over di media sosial (Instagram dan Youtube). JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ekonomi dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.