Studi Terhadap Minat Beli Ulang Pada Hidden Gem Warga Lokal Kafe
DOI:
https://doi.org/10.33633/jekobs.v4i1.12553Keywords:
kualitas produk, harga, lokasi, store atmosphere, minat beli, cafeAbstract
This study analyzes the influence of product quality, price, location, and store atmosphere on customer repurchase intention at Warga Lokal Cafe, Semarang. Repurchase intention is crucial in the highly competitive coffee shop industry. Using a quantitative method, this study distributed questionnaires to 115 respondents who had made at least two purchases. Data was analyzed using PLS-SEM. The results show that product quality, price, location, and store atmosphere have a positive and significant influence on repurchase intention, with the greatest influence on location, followed by price, store atmosphere, and product quality. It is important for Warga Lokal Cafe to improve product quality, adjust prices, enhance accessibility, and create a better store atmosphere to attract and retain customers. Penelitian ini menguji pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan suasana toko terhadap minat beli ulang konsumen di Warga Lokal Kafe, Semarang. Minat beli ulang sangat penting di tengah persaingan ketat industri kafe. Dengan metode kuantitatif, penelitian ini menyebarkan kuesioner kepada 115 responden yang telah melakukan minimal dua kali pembelian. Data dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, lokasi, dan suasana toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, dengan pengaruh terbesar pada lokasi, diikuti oleh harga, suasana toko, dan kualitas produk. Penting bagi Warga Lokal Kafe untuk meningkatkan kualitas produk, penyesuaian harga, aksesibilitas, dan suasana toko untuk menarik serta mempertahankan pelanggan.References
Apriansyah, R., & Fikri, K. (2019). Pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Jurnal Ekonomis, 3(2), 171–176. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.78
Babay, E. A., & Nurjanah, S. (2022). Pengaruh lokasi dan store atmosphere terhadap minat beli ulang Kafe Bagus di Motoboi Kecil. Kalbisiana Jurnal Sains, Bisnis dan Teknologi, 8(4), 5107–5127. http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisiana/article/view/1737
Fansurizal, F., & Aprianti, K. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen, 14(2), 203–214. https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11210
Fauzana, H. M., & Asnur, L. (n.d.). Pengaruh variasi menu dan digital marketing terhadap minat beli konsumen pada Karsa Kafe Padang.
Ferdinand, A. (2014). Pengembangan minat beli merek ekstensi. Rineka.
Hananto, D. (2021). Pengaruh desain produk, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk jersey sepeda di Tangsel. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Hartanto, A. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan lingkungan fisik terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, 7(1), 287096.
Herman Djaya, M. (2023). Pengaruh kualitas produk dan promosi produk terhadap keputusan pembelian. Abhakte Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 16–24. https://doi.org/10.24929/abhakte.v1i2.3053
Huda, I. U., Karsudjono, A., & Darmawan, R. (2020). Pengaruh store atmosphere dan brand awareness terhadap minat beli ulang konsumen pada Warung Kopi 88 Banjar Indah Permai melalui kepuasan konsumen. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 492–508. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i4.360
Iskandar, H. (2022). Analisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Restoran Remaja Kuring Serpong. 4(2), 75–89.
Kasus, S., Konsumen, P., Cafe, S., Malang, K., Maulidya, A., Saroh, S., Zunaida, D., Studi, P., Bisnis, A., Administrasi, F. I., Islam, U., Mt, J., Malang, H., Universitas, L., Malang, I., Mt, J., & Malang, H. (2021). Pengaruh experiential marketing. 10(2), 205–213.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Prentice Hall.
Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Ko.We.Cok di Solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1.
Maulana, A. (2020). Analisis pengaruh public relation dan sales promotion terhadap minat beli pada produk Starbucks di Kota Bogor. 8(2), 47–64.
Milansari, Herlina, dkk. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada usaha Sweetin. Inovasi Manajemen dan Kebijakan Publik, 4(1). https://doi.org/10.54980/imkp.v4i1.114
Novitasari, W., & Handayani, C. M. S. (2022). Pengaruh harga, lokasi, WOM dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang pada Cafe Senewen Time Surabaya. Journal of Sustainability Business Research, 3(2), 2746–8607.
Permata Sari, D. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian: Kualitas produk, harga kompetitif, lokasi (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463
Purnawarman, A. F., Hermani, A., & Pradhanawati, A. (2022). Pengaruh kualitas produk dan suasana cafe terhadap minat beli ulang konsumen (studi pada Cafe Portobello Sumurboto Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 109–117. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33523
Ramadhina, A., & Mugiono, M. (2022). Pengaruh desain kemasan, variasi produk dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 59–67.
Rizal Hermawan, M., & Hadibrata, B. (2023). Pengaruh harga, promosi, suasana toko, kualitas layanan, citra merek terhadap keputusan pembelian coffee shop dengan sikap intervening. Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 2(8), 780–795. https://doi.org/10.58344/locus.v2i8.1579
Sahir, S. H. (2022). Metodologi penelitian [Makalah tidak diterbitkan]. Universitas Medan Area.
Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Sihombing, M. M., Arifin, M. H., & Maryono, M. (2022). Pengaruh varian menu, harga, dan suasana cafe terhadap kepuasan konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Smart Business Journal, 1(1), 26. https://doi.org/10.20527/sbj.v1i1.12787
Tanjung, A. (2020). Pengaruh store atmosphere, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(3), 1–18.
Triyoko. (2022). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap minat beli konsumen Kedai Yoko. Jurnal Daya Saing, 8(157).
Tonce, Y., & Rangga, Y. D. P. (2022). Minat dan keputusan pembelian: Tinjauan melalui persepsi harga & kualitas produk (Konsep dan studi kasus). CV. Adanu Abimata.
Tria, E. D., & Syah, T. A. (2021). Analisis pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap minat beli pada pelanggan Rita Pasaraya Cilacap. Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(2), 84–94. https://doi.org/10.53866/jimi.v1i2.8
Yodi Salo Tangkuan, Pongtuluran, A. K., & Pagiu, C. (2023). Pengaruh cafe atmosphere, customer experience, dan harga terhadap minat beli ulang pada Cafe Wai Teman Minum Kamu Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 317–328. https://doi.org/10.61132/rimba.v2i1.549
Yudi Oktavian, B. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada Cafe Dewan Kopi Pati). Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 4(2), 167–183. http://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe
Zhahra Lubis, A., Nahulae, L. L., Anggraini, N. M., Adawiyah, R., & Islam Negeri Sumatera Utara, U. (2024). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi penetapan harga. Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(204), 2022–2025.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ekonomi dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.