Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Media Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Furniture Perusahaan Informa Kota Semarang

Authors

  • Ahmad Syaiful Gufron Department of Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Dian Nuswantoro
  • Maria Safitri Department of Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Dian Nuswantoro
  • Linda Ayu Oktoriza Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Ida Farida Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33633/jekobs.v3i4.11797

Keywords:

KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI MEDIA INSTAGRAM, KEPUTUSAN PEMBELIAN

Abstract

This study focuses on evaluating the extent to which product quality, price, and Instagram media promotion affect the purchase decision of furniture products in the company INFORMA Semarang City. This study applied a purposive sampling technique, involving 148 respondents consisting of consumers or visitors to INFORMA in Semarang City. For data analysis, this study applies the PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Model) method and the data is processed with Smart-PLS 3.0 software. The results of the study show that product quality has a positive and significant impact on purchasing decisions at INFORMA Semarang City, as well as price and Instagram media promotions also have a positive and significant impact on purchasing decisions at INFORMA Semarang City.   Studi ini berfokus untuk menganalisis sejauh mana kualitas produk, harga, dan promosi media Instagram memengaruhi keputusan pembelian produk furniture di perusahaan INFORMA Kota Semarang. Teknik purposive sampling yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan 148 responden terdiri dari konsumen atau pengunjung INFORMA di Kota Semarang. Untuk analisis data menerapkan metode PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Model) dan data diproses dengan perangkat lunak Smart-PLS 3.0. Hasil analisis memperlihatkan bahwasanya kualitas produk memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di INFORMA Kota Semarang, demikian juga harga dan promosi media Instagram ikut berdampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di perusahaan INFORMA Kota Semarang.

References

Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.

Anggraeny, A. D., Yudhari, I. D. A. S., & Arisena, G. M. K. (2022). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minyak Oles Bokashi. Jurnal Hexagro, 6(2), 83–97. https://doi.org/10.36423/hexagro.v6i2.923

Arianto, N., Asmalah, L., & Rahmat, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pengguna Mas Cleaner. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(2), 194. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i2.18521

Ayumi, B., & Budiatmo, A. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1169–1176. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31511

Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867

Citra Rizkianan, Sinta Mayasari Bekti, Edy Suryawardana, I. S. I. (2023). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada produk jasa wedding organizer.

Damayanti, S., Chan, A., & Barkah, C. S. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Image My Pangandaran Tour and Travel. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 852–862. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p852-862

Dima, N., & Dwiridotjahjono, J. (2022). Strategi Promosi Melalui “Media Sosial Instagram” Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(3), 356. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i3.20358

Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Faridah, Nurlina, R. W. (2023). PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Faridah1,. International Journal of Technology, 47(1), 100950. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2019.01.002%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cstp.2023.100950%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.geoforum.2021.04.007%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.trd.2021.102816%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.tra.2020.03.015%0Ahttps://doi.org/10.1016/j

Hulu, N. (2019). The Effect of Price and Location on Purchasing Decisions at the Swalayan Maju Bersama MMTC Medan. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 3(6), 9–16.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., PT, E. G., Analisis, H., Pelayanan, A. K., Fasilitas, L., & Putra, net B. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).

Kurniawati, D., & Judisseno, R. K. (2020). Penggunaan Skala Likert Untuk Menganalisa Efektivitas Registrasi Stakeholder Meeting : Exhibition Industry 2020. Seminar Nasional Riset Terapan Administrasi Bisnis Dan Mice, 10(1), 142–152.

Lininati, E. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Food Court. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 97–103. https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i2.4834

Liyana Warningrum, S. (2023). Pengaruh Promosi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 13–21. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.585

Lukitaningsih, A., & Lestari, F. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone. JForum Ekonomi Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 25(1), 89–96.

Muchtar, H. (2022). Volume . 18 Issue 4 ( 2022 ) Pages 826-831 INOVASI : Jurnal Ekonomi , Keuangan dan Manajemen ISSN : 0216-7786 ( Print ) 2528-1097 ( Online ) Pengaruh inovasi produk , kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian The influence of produk innovat. 18(4), 826–831.

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.

Nasution, H. H., Syarief, N., & Supriadi, Y. N. (2022). Pengaruh Strategi Promosi Media Sosial Instagram, Citra Merek, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hito Coffee Bekasi. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 2(1), 260–272. https://doi.org/10.53363/buss.v2i1.91

Nugroho, M. I., Doni Damara, R., & Sanjaya, V. F. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Iphone: Studi Kasus Mahasiswa UIN Raden Intan Bandar Lampung. Srikandi: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 35–44.

Pakan, E. D., & Purwanto, S. (2022). Pengaruh Beauty Influencer Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Facial Wash Garnier Di Surabaya. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 5(3), 764–772. https://doi.org/10.37481/sjr.v5i3.535

Prakoso, C., & Budiono. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram, Store Atmosphere dan Cita Rasa Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Ayam Geprek Juara di Rawamangun. Jurnal Manajemen STEI Volume, 6(1), 1–13.

Rahmawati, I., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan the Koffee Jakarta. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan the Koffee Jakarta, 25(1), 6.

Ratana, M. (2018). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP EKUITAS MEREK ( Program Crowdscourcing Foto Periode 18 Juli 2016 – 2 April 2017 di Instagram ) THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA MARKETING ON BRAND EQUITY ( Photo Crowdsourcing Program from July 18 , 2016 until April 2 , . April 2017, 13–28.

Ristanti, A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 1026. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p1026-1037

Rohmah, Z., & Sukaris, S. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian Wardah kosmetik. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 7(1), 37–48. https://doi.org/10.36407/jmsab.v7i1.1164

Rukmayanti, R., & Fitriana, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 206–217. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i2.6671

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Shopee di Bekasi). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–18. file:///C:/Users/THINKPAD/Downloads/21160000207_Artikel%20Indonesia_2020.pdf.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663

Ummah, M. S. (2019). PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TIKET.COM. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0A

Veronika, V., & Nainggolan, N. P. (2022). Pengaruh Promosi, Atribut Produk, Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(04). https://doi.org/10.34308/eqien.v11i04.1272

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1629

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Gufron, A. S., Safitri, M., Oktoriza, L. A., & Farida, I. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Media Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Furniture Perusahaan Informa Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(4), 289–241. https://doi.org/10.33633/jekobs.v3i4.11797

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.