Perbandingan Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Di Semarang Pada E-Commerce Shopee dan Lazada

Authors

  • Chansa Amallita Program Studi Manajemen -S1, Fakultas Ekonomidan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Amalia Nur Chasanah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomidan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Abstract

The study aimed to explore how Price, Product Quality, and Brand Image of Skintific Skincare items impact consumer decisions in e-commerce, specifically on Shopee and Lazada platforms, through a comparative analysis. Employing a quantitative methodology, the research surveyed Skintific skincare users who made purchases on either Shopee or Lazada, with a sample size of 100 respondents evenly split between the two platforms. Data gathered from the questionnaire underwent rigorous analysis, including validity and reliability assessments, as well as tests for classic assumptions such as normality, multicollinearity, heteroscedasticity, and multiple linear regression. Hypothesis testing encompassed t-tests, f-tests, and determination coefficient assessments. Additionally, an Independent Sample T-test was conducted. Findings revealed that the price of Skintific skincare products didn't significantly influence purchasing decisions on either Shopee or Lazada. While product quality didn't significantly affect decisions on Shopee, it did have a significant impact on Lazada. Brand image, however, significantly influenced purchasing decisions on both platforms. Moreover, there wasn't a significant discrepancy in the effects of price, product quality, and Skintific skincare brand image on purchasing decisions between Shopee and Lazada.   Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek dari produk Skincare Skintific terhadap Keputusan Pembelian pada e-commerce (Uji Banding Shopee dan Lazada). Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan populasi pengguna skincare Skintific yang memutuskan membeli produk di Shopee dan Lazada. Sampel terdiri dari 100 responden yang dibagi menjadi 50 pengguna Skintific yang membeli produk di Shopee dan 50 di Lazada. Data yang dikumpulkan dari kuesioner kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis uji validitas dan reliabilitas kuesioner. Uji asumsi klasik seperti normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, serta analisis regresi linier berganda. Adapun uji hipotesis berupa uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Serta dilakukan uji beda menggunkan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keputusan pembelian Shopee maupun Lazada harga tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Pada Shopee keputusan pembelian tidak dipengaruhi oleh kualitas produk, namun sebaliknya pada Lazada. Citra merek produk skincare Skintific pada Shopee dan Lazada memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Serta tidak ada perbedaan yang signifikan dari pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek skincare Skintific terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee dan Lazada.   Keywords: Quality of Service, Distribution Channel, Discount,Purchasing Decision

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustina, R. M., Efendi, N., & Tulim, A. (2024). Pengaruh Kualitassproduk , Hargaadan Promosi Terhadap Keputusan Pembeliannproduk Skincaree Skintificcpada Mahasiswa / i Kota Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (JWEM), 14(01), 90–100.

Annur, C. M. (2024). Perawatan dan Kecantikan, Kategori FMCG Terlaris di E-commerce RI 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/11/perawatan-dan-kecantikan-kategori-fmcg-terlaris-di-e-commerce-ri-2023

CNN Indonesia. (2023). Viral, SKINTIFIC Skincare Paling Diburu dan Raih Banyak Penghargaan. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230227194144-307-918563/viral-skintific-skincare-paling-diburu-dan-raih-banyak-penghargaan

Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya). Skripsi Manajemen, 1–114.

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi , Harga , dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 200–218.

Hanum, F., & Ahmadi Bi Rahmani, N. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Pada Kalangan Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT), 9(3), 986–998.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN.

Khasanah, S., Nurhidayah, & Sholehuddin, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Keamanan Bertransaksi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Skintific Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Angkatan 2020-2022 Universitas Islam Malang). e-Journal Riset Manajemen, 12(02), 2299–2309.

Lia, A., Ibdalsyah, & Hakiem, H. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen, Labelisasi Halal dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Skincare SR12. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 5, 263. https://doi.org/1047467/elmal.v5i2.788.

Marisa, O., & Rowena, J. (2019). Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kembali pada Produk High End Make Up and Skin Care Pada Generasi Millenial Jakarta. Jurnal Bina Manajemen, 7(2).

Maulidia, A., Ep, A., & Prabawani, B. (2020). “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN MUSTIKA RATU (STUDI PADA KONSUMEN MUSTIKA RATU DI KOTA SEMARANG).” In Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. X.

Ngazizah, L. N. (2023). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE POND’S MEN FACIAL WASH (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi.

Pangastuti, N. R., Kadi, D. C. A., & Sari, S. L. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk merek emina pada e-commerce shopee. CITACONOMIA : Economic and Business Studies, 1(1), 75–92. https://ejournal.citakonsultindo.or.id/index.php/CITACONOMIA/indexdex.

Shafwah, A. D., Fauzi, A., Andri, L., Caesar, Y., Octavia, A., Indrajaya, L., Endraswari, J. I., & Yulia, M. N. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare di E- Commerce Shopee ( Literature Review Manajemen Pemasaran ). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 5(3), 135–147. https://doi.org/10.38035/jimt.v5i3.

Sihabudin, Wibowo, D., Mulyono, S., Kusuma, J. W., Arofah, I., Ningsi, B. A., Saputra, E., Purwasih, R., & Syaharuddin. (2021). Ekonometrika Dasar Teori dan Praktik Berbasis SPSS.

Sinaga, R. P. Y. B., & Hutapea, J. Y. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Review Product Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Wardah pada Mahasiswa Unai. Jurnal Intelektiva, 3(8), 12–25.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., Promosi, P., Kualitas, D. A. N., & Terhadap, P. (2022). Pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare somethinc. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 2(2), 579–599.

Talopod, V., Tampi, J., & Mukuan, D. D. (2020). Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Skincare dan Kosmetik the Body Shop Manado Town Square (Vol. 1, Issue 3).

Downloads

Published

2024-06-20