Perbandingan Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Di Semarang Pada E-Commerce Shopee dan Lazada
Abstract
The study aimed to explore how Price, Product Quality, and Brand Image of Skintific Skincare items impact consumer decisions in e-commerce, specifically on Shopee and Lazada platforms, through a comparative analysis. Employing a quantitative methodology, the research surveyed Skintific skincare users who made purchases on either Shopee or Lazada, with a sample size of 100 respondents evenly split between the two platforms. Data gathered from the questionnaire underwent rigorous analysis, including validity and reliability assessments, as well as tests for classic assumptions such as normality, multicollinearity, heteroscedasticity, and multiple linear regression. Hypothesis testing encompassed t-tests, f-tests, and determination coefficient assessments. Additionally, an Independent Sample T-test was conducted. Findings revealed that the price of Skintific skincare products didn't significantly influence purchasing decisions on either Shopee or Lazada. While product quality didn't significantly affect decisions on Shopee, it did have a significant impact on Lazada. Brand image, however, significantly influenced purchasing decisions on both platforms. Moreover, there wasn't a significant discrepancy in the effects of price, product quality, and Skintific skincare brand image on purchasing decisions between Shopee and Lazada. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek dari produk Skincare Skintific terhadap Keputusan Pembelian pada e-commerce (Uji Banding Shopee dan Lazada). Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan populasi pengguna skincare Skintific yang memutuskan membeli produk di Shopee dan Lazada. Sampel terdiri dari 100 responden yang dibagi menjadi 50 pengguna Skintific yang membeli produk di Shopee dan 50 di Lazada. Data yang dikumpulkan dari kuesioner kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis uji validitas dan reliabilitas kuesioner. Uji asumsi klasik seperti normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, serta analisis regresi linier berganda. Adapun uji hipotesis berupa uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Serta dilakukan uji beda menggunkan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keputusan pembelian Shopee maupun Lazada harga tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Pada Shopee keputusan pembelian tidak dipengaruhi oleh kualitas produk, namun sebaliknya pada Lazada. Citra merek produk skincare Skintific pada Shopee dan Lazada memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Serta tidak ada perbedaan yang signifikan dari pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek skincare Skintific terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee dan Lazada. Keywords: Quality of Service, Distribution Channel, Discount,Purchasing DecisionReferences
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, R. M., Efendi, N., & Tulim, A. (2024). Pengaruh Kualitassproduk , Hargaadan Promosi Terhadap Keputusan Pembeliannproduk Skincaree Skintificcpada Mahasiswa / i Kota Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (JWEM), 14(01), 90–100.
Annur, C. M. (2024). Perawatan dan Kecantikan, Kategori FMCG Terlaris di E-commerce RI 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/11/perawatan-dan-kecantikan-kategori-fmcg-terlaris-di-e-commerce-ri-2023
CNN Indonesia. (2023). Viral, SKINTIFIC Skincare Paling Diburu dan Raih Banyak Penghargaan. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230227194144-307-918563/viral-skintific-skincare-paling-diburu-dan-raih-banyak-penghargaan
Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya). Skripsi Manajemen, 1–114.
Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi , Harga , dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 200–218.
Hanum, F., & Ahmadi Bi Rahmani, N. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Pada Kalangan Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT), 9(3), 986–998.
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN.
Khasanah, S., Nurhidayah, & Sholehuddin, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Keamanan Bertransaksi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Skintific Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Angkatan 2020-2022 Universitas Islam Malang). e-Journal Riset Manajemen, 12(02), 2299–2309.
Lia, A., Ibdalsyah, & Hakiem, H. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen, Labelisasi Halal dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Skincare SR12. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 5, 263. https://doi.org/1047467/elmal.v5i2.788.
Marisa, O., & Rowena, J. (2019). Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kembali pada Produk High End Make Up and Skin Care Pada Generasi Millenial Jakarta. Jurnal Bina Manajemen, 7(2).
Maulidia, A., Ep, A., & Prabawani, B. (2020). “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN MUSTIKA RATU (STUDI PADA KONSUMEN MUSTIKA RATU DI KOTA SEMARANG).” In Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. X.
Ngazizah, L. N. (2023). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE POND’S MEN FACIAL WASH (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi.
Pangastuti, N. R., Kadi, D. C. A., & Sari, S. L. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk merek emina pada e-commerce shopee. CITACONOMIA : Economic and Business Studies, 1(1), 75–92. https://ejournal.citakonsultindo.or.id/index.php/CITACONOMIA/indexdex.
Shafwah, A. D., Fauzi, A., Andri, L., Caesar, Y., Octavia, A., Indrajaya, L., Endraswari, J. I., & Yulia, M. N. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare di E- Commerce Shopee ( Literature Review Manajemen Pemasaran ). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 5(3), 135–147. https://doi.org/10.38035/jimt.v5i3.
Sihabudin, Wibowo, D., Mulyono, S., Kusuma, J. W., Arofah, I., Ningsi, B. A., Saputra, E., Purwasih, R., & Syaharuddin. (2021). Ekonometrika Dasar Teori dan Praktik Berbasis SPSS.
Sinaga, R. P. Y. B., & Hutapea, J. Y. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Review Product Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Wardah pada Mahasiswa Unai. Jurnal Intelektiva, 3(8), 12–25.
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., Promosi, P., Kualitas, D. A. N., & Terhadap, P. (2022). Pengaruh promosi, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare somethinc. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 2(2), 579–599.
Talopod, V., Tampi, J., & Mukuan, D. D. (2020). Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Skincare dan Kosmetik the Body Shop Manado Town Square (Vol. 1, Issue 3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.