Peran Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Converse

Authors

  • Hana Widya Pramudita Program Studi Manajemen -S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Handy Nur Cahya Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

This study aims to explore the impact of various factors on product purchase decisions. The independent variables, namely brand image, price, and product quality, are tested against the dependent variable, namely purchase decision. The data collection method involves Converse shoe users who have made a purchase, with a sample of 150 respondents selected through the Purposive Sampling method. Data testing was carried out using the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). The results of the SPSS analysis show that brand image, price, and product quality have a positive and significant influence on purchasing decisions for Converse shoe products both partially and simultaneously.   Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak berbagai faktor terhadap keputusan pembelian produk. Variabel independen, yaitu brand image, harga, dan kualitas produk, diuji terhadap variabel dependen, yaitu keputusan pembelian. Metode pengumpulan data melibatkan pengguna sepatu Converse yang pernah melakukan pembelian, dengan sampel sebanyak 150 responden yang dipilih melalui metode Purposive Sampling. Pengujian data dilakukan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil analisis SPSS menunjukkan bahwa brand image, harga, dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepatu Converse baik secara parsial maupun simultan. Keywords: Brand Image, Harga, Keputusan pembelian, Converse.

References

Alamsyah, I., & Budiarti, A. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU LOKAL COMPASS. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(11).

Azizah, L. N. (2016). PENGARUHCITRAMEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP PENGAMBILANKEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATUNIKE PADAMAHASISWAFAKULTAS EKONOMIUNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2).

Firmansyah. (2021). Influence of product quality, price, and promotion on purchase decision of Philips Products. Jurnal Ekonomi LLDikti Wilayah, 1(1), 26.

Ghozali, imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi Kesembilan (9th ed.). Badan Penerbit-Undip.

Hariyanti, N. T., Rudijanto W.W, E. T. D., & Siswanto, E. (2023). Effect of Perceived Price and Brand Image on Purchase Decision through Customer Satisfaction, a Study on Azarine Buyers in Malang City. Journal of Business Management and Economic Development, 1(02), 291–297. https://doi.org/10.59653/jbmed.v1i02.147

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management (13th ed., Vol. 1). Pearson Education.

Ningsih, S., & Pradanawati, L. (2021). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, PRICE AND PROMOTION ON PURCHASE DECISION (Case Study on Gea Geo Store). Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Nur Aeni, N., & Oktafani, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Pada Mahasiswa di Kota Bandung The Effect of Product Quality and Price on Converse Shoes Purchase Decision on Students in Bandung City. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/ management/article/download/17658/17477

Pangestika, N., Ato’illah, M., & Jariah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Nike Di Lumajang. Journal of Organization and Business Management, 4(1). http://jkm.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/jrm|1

Rotinsulu, R. R. J., Ogi, I. W. J., & Loindong, S. S. (2022). DAMPAK CITRA MEREK DAN CELEBRITY ENDORSMENT LIONEL MESSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN SEPATU FUTSAL ADIDAS DI MANTOS IMPACT OF LIONEL MESSI’S BRAND IMAGE AND CELEBRITY ENDORSMENT ON MARKETING PERFORMANCE OF ADIDAS FUTSAL SHOES AT MANTOS. Jurnal EMBA, 10(4).

Safiri Nababan, J., & Soesanto, H. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Fladeo Ladies di Jakarta). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 8(4), 58–69. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom

Sakka, U. F., & Winarso, B. S. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 489–492.

Saputri, L. E., & Utomo, A. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU CONVERSE DI SURAKARTA. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, 8(1), 92–103.

Selvia, M., & Tumbel, A. L. (2022). THE EFFECT OF PRICE AND PRODUCT QUALITY ON THE PURCHASE DECISION OF SCARLETT WHITENING PRODUCTS ON STUDENTS OF THE FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS SAM RATULANGI MANADO UNIVERSITY. In Djemly 320 Jurnal EMBA (Vol. 10, Issue 4).

Smith, P. (2023, August 31). Global footwear market - statistics & facts. Statista.

Supriyadi, Fristin, Y., & Indra K.N, G. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1).

Suwardi, & Berliana, R. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU VANS. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 19–28.

Varreldiazka, G., Syarief, N., & Supriadi, Y. N. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NIKE. Bussman Journal : Indonesian Journal of Business and Management, 2(3), 691–704. https://doi.org/10.53363/buss.v2i3.92

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN: HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). Jurnal Ilmu Manjamen Terapan, 3(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Pramudita, H. W., & Cahya, H. N. (2024). Peran Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Converse. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 102–112. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS/article/view/10423

Most read articles by the same author(s)