Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung oleh Generasi Z di Kota Semarang
Keywords:
kualitas produk, promosi, harga, keputusan pembelianAbstract
The development of communication technology media cannot be separated from the daily activities of todays society. With so many activities carried out by the community, it can encourage more diverse needs. A communication tool that is now a necessity is a smartphone. Competition for smartphone products from year to year continues to increase, especially with the emergence of new smartphone manufacturers that compete. This study aims to determine the influence of product quality, promotion, and price on the purchase decision of Samsung smartphones by generation Z in Semarang City. This study used purposive sampling with 100 respondents who are generation Z Samsung smartphone users in Semarang City and data collection using questionnaires. The data used is primary data. The data analysis technique used in this study was multiple linear regression using the help of IBM SPSS Statistics 25 software. The results of this study show that: (1) Product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions. (2) Promotions have a positive and significant effect on purchasing decisions. (3) Price has a positive and significant effect on purchasing decisions. Perkembangan media teknologi komunikasi tidak lepas dari aktivitas sehari-hari masyarakat saat ini. Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan masyarakat dapat mendorong kebutuhan yang lebih beragam. Alat komunikasi yang sekarang menjadi kebutuhan adalah smartphone. Persaingan produk smartphone dari tahun ke tahun terus meningkat, apalagi dengan munculnya produsen smartphone baru yang ikut bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung oleh generasi Z di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 100 responden yang merupakan generasi Z pengguna smartphone Samsung di Kota Semarang serta pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.References
Adrianto, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 55–61. http://journals.synthesispublication.org/index.php/ilman
Afifah, S. N., Hartono, S., & Hamidah, R. A. (2023). Product Quality, Service, And Promotion In View From The Purchase Decision Of An Oppo Smartphone At The Singosaren Surakarta Handphone Exchange. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 7(1), 1–6. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38279
Arinawati, E., & Suryadi, B. (2021). Penataan Produk (C3) Kompetensi Keahlian : Daring dan Pemasaran. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.
Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5222–5239. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p20
Bafadhal, A. S. (2020). Pemasaran Pariwisata Pendeketan Perilaku Wisatawan. Media Nusa Creative (MNC Publishing). Malang.
Basit, A., Purwanto, E., Kristian, A., Pratiwi, D. I., Krismira, Mardiana, I., & Saputri, G. W. (2022). Teknologi Komunikasi Smartphone Pada Interaksi Sosial. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.30656/lontar.v10i1.3254
Cahyani, N. M. A. D., & Aksari, N. M. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(11), 1957–1976. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i11.p06
Darma, N. N. G. G. D., & Hartati, P. S. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo pada Gerai Handphone Shop di Gianyar. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 349–361. https://doi.org/https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1185
Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Fadhilah, K. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(7), 1–22. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4128
Fauzani, E., Wahyudi, S., & Setiawati, N. (2021). Pengaruh Pengetahuan Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung di Kota Jambi. CITRA EKONOMI, 2(2), 38–47. https://ejournal.ugkmb.ac.id/index.php/jce/article/view/45
Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 441–469. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17
Fitriani, D. N., Fatimah, F., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Fitur, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo (Studi Kasus di Mentari Cell Jember). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 20(2), 443–456. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/growth-journal.v21i1.2685
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS 25) (Ke 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang. Semarang.
Gunawan, A. C., & Susanti, F. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/npjqh
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran (Cetakan pertama). CV Al Fath Zumar. Sukabumi.
Lestari, R. P., & Suhada. (2019). Pengaruh Pengembangan Karir dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 16(3), 248–267.
Lubis, A., & Ramadanti, A. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Smartphone Oppo Di Batam (Studi Kasus Pada Mal Nagoya Batam). Jurnal Manajemen Diversitas, 3(1), 14–32. https://ejournal-jayabaya.id/Manajemen-Diversitas
Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/economina
Putri, S. M., Yuliniar, & Sembiring, R. C. (2021). Analisis Brand Switching Pada Online Marketplace Shopee Oleh Generasi Z. KORELASI: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 1694–1708.
Rahmawaty, D., & Adek, R. N. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo. Jurnal Ekonomi , 23(1), 1–12.
Sihotang, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus Pada Konsumen Produk PT.HNI HPAI. Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 01(02), 399–413.
Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, Dr. H. T. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori (Tigor & T. Sihotang, Eds.). IOCS Publisher. Medan.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan pertama). Alfabeta. Bandung.
Suryani, N. I., & Batu, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Bogor. YUME : Journal of Management, 4(2), 254–272. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.787
Tarigan, L. L. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di PT Accentuates Samsung Center Medan. JEBIDI (Jurnal Ekonomi Bisnis Digital), 2(1), 106–113. https://doi.org/doi.org/jebidi.v2n1.2023
Wijayanti, T. C. (2022). Analisis Pengaruh Harga, Promosi Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Pada Pakuwon Trade Center/PTC Di Surabaya). Refleksi: Jurnal Riset Dan Pendidikan, 1(1), 17–27. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.14463
Wiranata, R., & Dewi, L. K. C. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Kota Tabanan Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Research of Management (JARMA), 4(1), 113–122. https://doi.org/https://doi.org/10.51713/jarma.v3i3.90
Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1629
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.