Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung oleh Generasi Z di Kota Semarang

Authors

  • Septiani Wulansari Program Studi Manajemen -S1, Fakultas Ekonomidan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Handy Nur Cahya Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro

Keywords:

kualitas produk, promosi, harga, keputusan pembelian

Abstract

The development of communication technology media cannot be separated from the daily activities of todays society. With so many activities carried out by the community, it can encourage more diverse needs. A communication tool that is now a necessity is a smartphone. Competition for smartphone products from year to year continues to increase, especially with the emergence of new smartphone manufacturers that compete. This study aims to determine the influence of product quality, promotion, and price on the purchase decision of Samsung smartphones by generation Z in Semarang City. This study used purposive sampling with 100 respondents who are generation Z Samsung smartphone users in Semarang City and data collection using questionnaires. The data used is primary data. The data analysis technique used in this study was multiple linear regression using the help of IBM SPSS Statistics 25 software. The results of this study show that: (1) Product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions. (2) Promotions have a positive and significant effect on purchasing decisions. (3) Price has a positive and significant effect on purchasing decisions. Perkembangan media teknologi komunikasi tidak lepas dari aktivitas sehari-hari masyarakat saat ini. Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan masyarakat dapat mendorong kebutuhan yang lebih beragam. Alat komunikasi yang sekarang menjadi kebutuhan adalah smartphone. Persaingan produk smartphone dari tahun ke tahun terus meningkat, apalagi dengan munculnya produsen smartphone baru yang ikut bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung oleh generasi Z di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 100 responden yang merupakan generasi Z pengguna smartphone Samsung di Kota Semarang serta pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Adrianto, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 55–61. http://journals.synthesispublication.org/index.php/ilman

Afifah, S. N., Hartono, S., & Hamidah, R. A. (2023). Product Quality, Service, And Promotion In View From The Purchase Decision Of An Oppo Smartphone At The Singosaren Surakarta Handphone Exchange. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 7(1), 1–6. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38279

Arinawati, E., & Suryadi, B. (2021). Penataan Produk (C3) Kompetensi Keahlian : Daring dan Pemasaran. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5222–5239. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p20

Bafadhal, A. S. (2020). Pemasaran Pariwisata Pendeketan Perilaku Wisatawan. Media Nusa Creative (MNC Publishing). Malang.

Basit, A., Purwanto, E., Kristian, A., Pratiwi, D. I., Krismira, Mardiana, I., & Saputri, G. W. (2022). Teknologi Komunikasi Smartphone Pada Interaksi Sosial. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.30656/lontar.v10i1.3254

Cahyani, N. M. A. D., & Aksari, N. M. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(11), 1957–1976. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i11.p06

Darma, N. N. G. G. D., & Hartati, P. S. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo pada Gerai Handphone Shop di Gianyar. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 349–361. https://doi.org/https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1185

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Fadhilah, K. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(7), 1–22. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4128

Fauzani, E., Wahyudi, S., & Setiawati, N. (2021). Pengaruh Pengetahuan Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung di Kota Jambi. CITRA EKONOMI, 2(2), 38–47. https://ejournal.ugkmb.ac.id/index.php/jce/article/view/45

Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 441–469. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17

Fitriani, D. N., Fatimah, F., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Fitur, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo (Studi Kasus di Mentari Cell Jember). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 20(2), 443–456. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/growth-journal.v21i1.2685

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS 25) (Ke 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang. Semarang.

Gunawan, A. C., & Susanti, F. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/npjqh

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran (Cetakan pertama). CV Al Fath Zumar. Sukabumi.

Lestari, R. P., & Suhada. (2019). Pengaruh Pengembangan Karir dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 16(3), 248–267.

Lubis, A., & Ramadanti, A. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Smartphone Oppo Di Batam (Studi Kasus Pada Mal Nagoya Batam). Jurnal Manajemen Diversitas, 3(1), 14–32. https://ejournal-jayabaya.id/Manajemen-Diversitas

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/economina

Putri, S. M., Yuliniar, & Sembiring, R. C. (2021). Analisis Brand Switching Pada Online Marketplace Shopee Oleh Generasi Z. KORELASI: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 1694–1708.

Rahmawaty, D., & Adek, R. N. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo. Jurnal Ekonomi , 23(1), 1–12.

Sihotang, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus Pada Konsumen Produk PT.HNI HPAI. Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 01(02), 399–413.

Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, Dr. H. T. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori (Tigor & T. Sihotang, Eds.). IOCS Publisher. Medan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan pertama). Alfabeta. Bandung.

Suryani, N. I., & Batu, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Kota Bogor. YUME : Journal of Management, 4(2), 254–272. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.787

Tarigan, L. L. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di PT Accentuates Samsung Center Medan. JEBIDI (Jurnal Ekonomi Bisnis Digital), 2(1), 106–113. https://doi.org/doi.org/jebidi.v2n1.2023

Wijayanti, T. C. (2022). Analisis Pengaruh Harga, Promosi Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Pada Pakuwon Trade Center/PTC Di Surabaya). Refleksi: Jurnal Riset Dan Pendidikan, 1(1), 17–27. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.14463

Wiranata, R., & Dewi, L. K. C. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Kota Tabanan Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Research of Management (JARMA), 4(1), 113–122. https://doi.org/https://doi.org/10.51713/jarma.v3i3.90

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1629

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Wulansari, S., & Cahya, H. N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung oleh Generasi Z di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 124–136. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS/article/view/10420

Most read articles by the same author(s)