ARCA ARDHANARI DI MUSEUM MAJAPAHIT: SIMBOL KESEIMBANGAN GENDER DAN KORELASINYA PADA BUDAYA KONTEMPORER

(Studi Kasus: Produk Parfum Morris (Live More Is Morris)

Authors

  • Dzuha Hening Yanuarsari Pascasarjana Intitut Seni Indonesia Surakarta
  • Sarwanto Sarwanto Pascasarjana Intitut Seni Indonesia Surakarta

Abstract

Arca Ardhanari yang terdapat di Museum Majapahit merupakan salah satu simbol penting yang mencerminkan keseimbangan gender dalam budaya Jawa. Dalam konteks kontemporer, arca ini tidak hanya menjadi objek seni, tetapi juga sebagai representasi nilai-nilai gender yang relevan dengan kehidupan masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna simbolik dari Arca Ardhanari dan bagaimana simbol tersebut berhubungan dengan produk parfum Morris yang dipasarkan di Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif dan analisis estetika simbolik, penelitian ini mengungkapkan bahwa Arca Ardhanari tidak hanya mencerminkan harmoni antara pria dan wanita, tetapi juga menginspirasi produk-produk kontemporer yang mengusung tema keseimbangan gender. Dengan menggunakan data dari berbagai sumber, termasuk jurnal, artikel, dan wawancara, penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang interaksi antara budaya tradisional dan modernitas dalam konteks gender di Indonesia.

References

Bhartiya, N., & Bhatnagar, N. (2024). Ardhanarishvara as a Humanistic Construct of Hindu Philosophy: A Paradigm Shift beyond Spirituality. Library Progress International|, 44(3), 14400–14406. www.bpasjournals.com

Darme, M., & Andhifani, W. R. (2023). Masuk Dan Berkembang Agama Hindu Dalam Pengaruhnya Terhadap Sistem Kepercayaan Masyarakat Nusantara. Danadyaksa Historica, 3(1), 1. https://doi.org/10.32502/jdh.v3i1.6045

Fugate, D. L., & Phillips, J. (2010). Product gender perceptions and antecedents of product gender congruence. Journal of Consumer Marketing, 27(3), 251–261. https://doi.org/10.1108/07363761011038329

Gamberi, V. (2021). Experiencing Materiality. Berghahn Books. https://doi.org/10.2307/j.ctv2tsx97m

Gimri, F. D., Dewianti, A. F., Rahmasari, R., Rahmasari, R., & Purwanto, H. (2023). Konsep untuk Menciptakan Keseimbangan Hidup Manusia dalam Sistem Pendidikan Islam. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(2), 108–122. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i2.885

Haase, . Fee-Alexandra. (2010). Visual Culture as “Cultural Visualization” Cross-Cultural Studies on Meanings of Visuality as the NonVisual Conditions of Esthetics in Language as Cultural Memory. Semiosfera, 10.

Ilmi, N., & Rosmayani, R. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Vierra Oleh-Oleh Kota Pekanbaru. SYNERGY: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 68–71. https://doi.org/10.52364/synergy.v3i2.32

Judiasih, S. D. (2022). IMPLEMENTASI KESETARAAN GENDER DALAM BEBERAPA ASPEK KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI INDONESIA Pasal 28 I ayat ( 2 ) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ( UUD Tahun biasa disebut jenis kelamin . Padahal , gender dan jenis kelamin adalah hal. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 5, 284–302. file:///C:/Users/USER/Downloads/904-Article Text-3928-2-10-20220814 (3).pdf

Lindqvist, A. (2012). How is Commercial Gender Categorization of Perfumes Related to Consumers Preference of Fragrances? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 65(ICIBSoS), 370–374. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.136

Lubis, R., & Triadi, I. (2024). Menganalisis Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Konstitusi (Studi Tentang Perlindungan Hak Asasi Manusia). Indonesian Journal of Law and Justice, 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/ijlj.v1i4.2687

Po, S. (2016). Images of women in the semiotic landscape of the Baltic states. Miscellanea Anthropologica et Sociologica, 17(November 2016), 111–128.

R., L. R. A., & Stefani. (2019). Intensi Membeli, Jenis Kelamin, Gender Produk, Dan Tujuan Konsumsi. Jurnal Ekonomi, 24(3), 437–451. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24912/je.v24i3.608

Sulistyowati Yuni. (2020). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. Ijougs: Indonesian Journal of Gender Studies, Vol.1(No.2), 1–14. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/ijougs/article/view/2317

Uyun, Q. (2002). Peran Gender dalam Budaya Jawa. Psikologika : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 7(13). https://doi.org/10.20885/psikologika.vol7.iss13.art3

Virgianita, A., Anggitta, M., Dara, A. T., Yuliestiana, Amalia, A. D., Saputro, B. A. P., & Widyaswari, R. D. A. (2021). Gerakan Perempuan dan Proyeksi Kesetaraan Gender Indonesia 2045.

Downloads

Published

2025-12-09

How to Cite

Yanuarsari, D. H., & Sarwanto, S. (2025). ARCA ARDHANARI DI MUSEUM MAJAPAHIT: SIMBOL KESEIMBANGAN GENDER DAN KORELASINYA PADA BUDAYA KONTEMPORER: (Studi Kasus: Produk Parfum Morris (Live More Is Morris). CITRAKARA, 7(4), 415–424. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/citrakara/article/view/15189

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.