ARCA ARDHANARI DI MUSEUM MAJAPAHIT: SIMBOL KESEIMBANGAN GENDER DAN KORELASINYA PADA BUDAYA KONTEMPORER
(Studi Kasus: Produk Parfum Morris (Live More Is Morris)
Abstract
Arca Ardhanari yang terdapat di Museum Majapahit merupakan salah satu simbol penting yang mencerminkan keseimbangan gender dalam budaya Jawa. Dalam konteks kontemporer, arca ini tidak hanya menjadi objek seni, tetapi juga sebagai representasi nilai-nilai gender yang relevan dengan kehidupan masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna simbolik dari Arca Ardhanari dan bagaimana simbol tersebut berhubungan dengan produk parfum Morris yang dipasarkan di Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif dan analisis estetika simbolik, penelitian ini mengungkapkan bahwa Arca Ardhanari tidak hanya mencerminkan harmoni antara pria dan wanita, tetapi juga menginspirasi produk-produk kontemporer yang mengusung tema keseimbangan gender. Dengan menggunakan data dari berbagai sumber, termasuk jurnal, artikel, dan wawancara, penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang interaksi antara budaya tradisional dan modernitas dalam konteks gender di Indonesia.References
Bhartiya, N., & Bhatnagar, N. (2024). Ardhanarishvara as a Humanistic Construct of Hindu Philosophy: A Paradigm Shift beyond Spirituality. Library Progress International|, 44(3), 14400–14406. www.bpasjournals.com
Darme, M., & Andhifani, W. R. (2023). Masuk Dan Berkembang Agama Hindu Dalam Pengaruhnya Terhadap Sistem Kepercayaan Masyarakat Nusantara. Danadyaksa Historica, 3(1), 1. https://doi.org/10.32502/jdh.v3i1.6045
Fugate, D. L., & Phillips, J. (2010). Product gender perceptions and antecedents of product gender congruence. Journal of Consumer Marketing, 27(3), 251–261. https://doi.org/10.1108/07363761011038329
Gamberi, V. (2021). Experiencing Materiality. Berghahn Books. https://doi.org/10.2307/j.ctv2tsx97m
Gimri, F. D., Dewianti, A. F., Rahmasari, R., Rahmasari, R., & Purwanto, H. (2023). Konsep untuk Menciptakan Keseimbangan Hidup Manusia dalam Sistem Pendidikan Islam. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(2), 108–122. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i2.885
Haase, . Fee-Alexandra. (2010). Visual Culture as “Cultural Visualization” Cross-Cultural Studies on Meanings of Visuality as the NonVisual Conditions of Esthetics in Language as Cultural Memory. Semiosfera, 10.
Ilmi, N., & Rosmayani, R. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Vierra Oleh-Oleh Kota Pekanbaru. SYNERGY: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 68–71. https://doi.org/10.52364/synergy.v3i2.32
Judiasih, S. D. (2022). IMPLEMENTASI KESETARAAN GENDER DALAM BEBERAPA ASPEK KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI INDONESIA Pasal 28 I ayat ( 2 ) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ( UUD Tahun biasa disebut jenis kelamin . Padahal , gender dan jenis kelamin adalah hal. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 5, 284–302. file:///C:/Users/USER/Downloads/904-Article Text-3928-2-10-20220814 (3).pdf
Lindqvist, A. (2012). How is Commercial Gender Categorization of Perfumes Related to Consumers Preference of Fragrances? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 65(ICIBSoS), 370–374. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.136
Lubis, R., & Triadi, I. (2024). Menganalisis Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Konstitusi (Studi Tentang Perlindungan Hak Asasi Manusia). Indonesian Journal of Law and Justice, 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/ijlj.v1i4.2687
Po, S. (2016). Images of women in the semiotic landscape of the Baltic states. Miscellanea Anthropologica et Sociologica, 17(November 2016), 111–128.
R., L. R. A., & Stefani. (2019). Intensi Membeli, Jenis Kelamin, Gender Produk, Dan Tujuan Konsumsi. Jurnal Ekonomi, 24(3), 437–451. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24912/je.v24i3.608
Sulistyowati Yuni. (2020). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. Ijougs: Indonesian Journal of Gender Studies, Vol.1(No.2), 1–14. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/ijougs/article/view/2317
Uyun, Q. (2002). Peran Gender dalam Budaya Jawa. Psikologika : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 7(13). https://doi.org/10.20885/psikologika.vol7.iss13.art3
Virgianita, A., Anggitta, M., Dara, A. T., Yuliestiana, Amalia, A. D., Saputro, B. A. P., & Widyaswari, R. D. A. (2021). Gerakan Perempuan dan Proyeksi Kesetaraan Gender Indonesia 2045.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dzuha Hening Yanuarsari, Sarwanto Sarwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


