Perancangan Maskot Program Enam Pojok Literasi untuk Membangun Citra Desa Loram Wetan
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v7i2.11015Abstract
Pada tahun 2017, Desa Loram Wetan di Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ditetapkan sebagai Desa Cerdas oleh Bupati Kudus, Dr. Musthofa. Untuk mendukung kerjasama tersebut dan meningkatkan kompetensi masyarakat Loram Wetan, diluncurkan Program "Enam Pojok Literasi" (ELIT) sebagai wadah pembelajaran literasi bagi masyarakat Loram Wetan. Karena Program "Enam Pojok Literasi" belum memiliki identitas visual, dirancanglah maskot untuk mempresentasikan sifat dan tampilan unik yang mewakili program tersebut dengan memanfaatkan salah satu kebudayaan Loram Wetan untuk membangun citra Desa Loram Wetan. Perolehan data untuk merancang karakter maskot dikumpulkan melalui metode kualitatif seperti wawancara, observasi, dan studi pustaka, yang melibatkan analisis SOAR dan brainstorming desain untuk menghasilkan konsep perancangan maskot. Metode perancangan ini dilakukan melalui 6 tahapan diantaranya : Data, Idea, Konsep, Media, Visualisasi, dan Prosuksi. Hasil akhir dalam perancangan ini adalah berupa maskot sebagai media utama, yang akan di distribusikan melalui media pendukung diantaranya, poster, sticker, gantungan kunci, totebag, dan mini notebook.References
Abidin, S., Muliyadi, I., Umar, T., & T, A. (2022). Sosialisasi Pentingnya Literasi Informasi di Madrasah Aliyah Mursyidut Thullab Lembanna Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 187. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1002
Aimmatus Solikhah, B. S. (2023). Perancangan Maskot Lembah Kecubung Untuk Meningkatkan Awareness Publik. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i1.112
Akhmad Nazaruddin, & Fitri Supratiwi. (2017). Loram Wetan Desa Cerdas Kedua di Indonesia.Antaranews. https://www.antaranews.com/berita/672761/loram-wetan-desa-cerdas-kedua-diindonesia Alamsah,
R., & Rois Abidin, M. (2022). PERANCANGAN MASKOT UNTUK MENDUKUNG IDENTITAS VISUAL OBJEK WISATA AIR MERAMBAT RORO KUNING BAJULAN NGANJUK. Jurnal Barik, 3(2), 151–164. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Binus University. (2020). Menuju Smart Village, Apa Saja yang Dibutuhkan? binus.ac.id. https://binus.ac.id/2023/06/menuju-smart-village/
Francois Rynasher. (2023, Agustus 30). Apa Itu Maskot? Fungsinya Dalam Branding Hingga Cara Membuatnya. vocasia.id. https://vocasia.id/blog/maskot-adalah/
Gede, P., Kresna, S., Yoga, D., Gde, C., Swendra, R., Ketut, N., & Sarjani, P. (2023). PERANCANGAN DESAIN MASKOT FESTIVAL UBUD CAMPUHAN BUDAYA DI YAYASAN JANAHITA MANDALA UBUD (Vol. 4, Nomor 1). https://doi.org/https://doi.org/10.59997/amarasi.v4i01.1952
Hendratman, H. (2010). Tips n Trix Computer Graphics Design! Informatika.
Hendro Wijoyo. (2022). ANALISIS TEKNIK WAWANCARA (PENGERTIAN WAWANCARA, BENTUKBENTUK PERTANYAAN WAWANCARA) DALAM PENELITIAN KUALITATIF BAGI MAHASISWA TEOLOGI DENGAN TEMA PEKABARAN INJIL MELALUI PENERJEMAHAN ALKITAB. Academia. Edu. https://encr.pw/JEHyr
Herdayati, S. Pd. , M. P. dan S. S. Th. I. (2019). DESAIN PENELITIAN DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN.
Herdiana D. (2019). Pengembangan Konsep Smart Village bagi Desa-Desa di Indonesia Developing the Smart Village Concept for Indonesian Villages. 21(1), 1–16. https://doi.org/10.33164/iptekkom.21.1.2019.hal
Imanuel, E., & Eko Nugroho, V. (2023). Perancangan Maskot “BIMA” Sebagai identitas Politeknik Bina Madani. https://jurnalbima.id/index.php/desmed/article/view/162/88
Ismail. (2022, Oktober 16). Prinsip-Prinsip Dasar Desain Grafis. Evetry.https://www.evetry.com/prinsip-prinsip-dasar-desain-grafis/
Sugiarti, W. S., Pujangkoro, A., & Trayan, M. (2023). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN ANALISIS SOAR (STRENGTH, OPPORTUNITY, ASPIRATION & RESULT) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI DIGITAL MARKET. JIMAK, 2(Mei), 2809–2406. https://l1nq.com/se0Xh
Madu, F. J., Jediut, M., & Mulu, M. (2022). IMPLEMENTASI TAHAP PEMBIASAAN DAN PENGEMBANGAN LITERASI MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SDI KUSU, MANGGARAI, NTT. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 658–671. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1962
Miles, M. B., & A. Michael Huberman. (1994). An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. Sage Publications.
Muchlisin Riadi. (2023, Mei 18). Desain Komunikasi Visual - Pengertian, Fungsi, Prinsip dan Unsur. kajianpustaka.com. https://www.kajianpustaka.com/2023/05/desain-komunikasi-visual.html
Rachmawati, R. (2018). PENGEM BANGAN SM ART VILLAGE UNTUK PENGUATAN SM ART CITY DAN SM ART REGENCY. Dalam Jurnal Sistem Cerdas (Vol. 01). https://doi.org/https://doi.org/10.37396/jsc.v1i2.9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisha Tsany Satorasih, Abi Senoprabowo, Adji Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


