Peran Desentralisasi Fiskal dan Pembangunan Infrastruktur dalam Mempengaruhi Ketimpangan Pendapatan di Pulau Jawa (2013-2022)

Authors

  • Muhammad Iqbal Program Studi Ekonomi - S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang
  • Nenik Woyanti Program Studi Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33633/jekobs.v4i4.14838

Keywords:

Desentralisasi Fiskal, Pembangunan Infrastruktur, Fixed Effect Model, Ekonomi Publik, road, electricity, sanitation

Abstract

Tren pelaksanaan desentralisasi fiskal dan pembangunan infrastruktur seperti jalan, sanitasi, listrik pada 6 Provinsi di Pulau Jawa yang cenderung meningkat setiap tahun seharusnya dapat mengurangi ketimpangan. Namun sebaliknya kondisi ketimpangan tersebut justru belum membaik secara signifikan. Penelitian ini menambahkan instrumen infrastruktur ekonomi sebagai pengembangan dari penelitian terdahulu yang hanya membahas pengaruh desentralisasi fiskal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desentralisasi fiskal dan pembangunan infrastruktur terhadap ketimpangan pendapatan 6 Provinsi di Pulau Jawa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel menggunakan Fixed Effect Model (FEM). Penelitian ini menggunakan data sekunder sebanyak 60. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari Badan Pusat Statistik dan Kementrian Keuangan. Berdasarkan hasil pada penelitian didapatkan bahwa variabel desentralisasi fiskal berpengaruh positif signifikan terhadap ketimpangan pendapatan. Variabel sanitasi berpengaruh negatif signifikan terhadap ketimpangan. Kemudian variabel jalan dan listrik tidak berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pendapatan. Penelitian ini dapat berkontribusi dalam memberikan perspektif baru bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan.   The increasing trend of fiscal decentralization and infrastructure development specifically roads, sanitation, and electricity across six provinces in Java should theoretically reduce inequality. However, conversely, inequality has not significantly improved. This study incorporates economic infrastructure instruments as an extension of previous research that solely discussed the impact of fiscal decentralization. This study aims to analyze the effect of fiscal decentralization and infrastructure development on income inequality in six provinces in Java. The analytical method employed is panel data regression using the Fixed Effect Model (FEM). This study utilizes 60 observations of secondary data sourced from Statistics Indonesia (BPS) and the Ministry of Finance. The results indicate that the fiscal decentralization variable has a significant positive effect on income inequality. The sanitation variable has a significant negative effect on inequality. Meanwhile, road and electricity variables do not have a significant effect on income inequality. This study contributes by providing a new perspective for the government in formulating policy.

References

Ashfahany, A. El, Djuuna, R. F., & Rofiq, N. F. (2020). Does Fiscal Decentralization Increases Regional Income Inequality in Indonesia? Jambura Equilibrium Journal, 2(2). https://doi.org/10.37479/jej.v2i2.6866

Carla, L. M., Andani, W., Fakhrunnisa, A.,(2023). Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Ketersediaan Infrastruktur Listrik, dan Sanitasi Terhadap Ketimpangan Pendapatan Antar Daerah di Kalimantan Barat. Forum Analisis Statistik 3(2), 100-119.

Digdowiseiso, K., Murshed, S. M., & Bergh, S. I. (2022). How Effective is Fiscal Decentralization For Inequality Reduction In Developing Countries?. Sustainability, 14(1), 505.

Farhan, M., & Sugianto, S. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Ketimpangan Pendapatan di Pulau Jawa. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), 243–258. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i4.29

Fitriyanti, N. I., & Handayani, H. R. (2021). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Belanja Daerah terhadap Tingkat Kemiskinan (Studi Kasus 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012-2016). Diponegoro Journal of Economics, 9(2), 79-90.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hastuti, P. (2018). Desentralisasi Fiskal Dan Stabilitas Politik Dalam Kerangka Pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia. Simposium Nasional Keuangan Negara, 784-799.

Huang, R., & Yao, X. (2023). The Role of Power Transmission Infrastructure in Income Inequality: Fresh Evidence from China. Energy Policy, 177. https://doi.org/10.1016/j.enpol.2023.113564

Huynh, C. M., Nguyen, T. L., & Lam, T. H. T. (2023). Fiscal Decentralization and Income Inequality in OECD Countries: Does Shadow Economy Matter? Eurasian Economic Review, 13(3–4), 515–533. https://doi.org/10.1007/s40822-023-00241-z

Iqbal, M., Rifin, A., & Juanda, B. (2019). Analisis Pengaruh Infrastruktur Terhadap Ketimpangan Pembangunan Ekonomi Wilayah di Provinsi Aceh. Tataloka, 21(1), 75. https://doi.org/10.14710/tataloka.21.1.75-84.

Juliansyah, R., Wijaya, A., Darma, D.C., & Kurniawan, E. (2022). Fiscal Decentralization and Income Inequality: A Prediction Using The SEM Model. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 24(3), 379-391.

Kharisma, B., & Hanifah, H. (2020). Desentralisasi Fiskal dan Ketimpangan Pendapatan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 23(2), 179-200. https://doi.org/10.31845/jwk.v23i2.666

Li, Y., & DaCosta, M. N. (2013). Transportation and Income Inequality in China: 1978-2007. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 55, 56–71. https://doi.org/10.1016/j.tra.2013.08.006

Lu, H., Zhao, P., Hu, H., Yan, J., & Chen, X. (2023). Exploring The Heterogeneous Impact of Road Infrastructure on Rural Residents Income: Evidence From Nationwide Panel Data in China. Transport Policy, 134, 155–166. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2023.02.019

Makmuri, A. (2017). Infrastructure and inequality: An empirical evidence from Indonesia. Economic Journal of Emerging Markets, 9(1), 29.

Maryaningsih, N., Hermansyah, O., & Savitri, M. (2014). Pengaruh Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 17(1), 62–98. https://doi.org/10.21098/bemp.v17i1.44

Mega Christia, A., & Ispriyarso, B. (2019). Desentralisasi Fiskal dan Otonomi Daerah di Indonesia. Law Reform, 15(1), 149-161.

Nurdina, W. (2021). Infrastructure And Income Inequality In Indonesia: 2009-2017. The Journal of Indonesia Sustainable Development Planning, 2(2), 129-144.

Riani, A., & Suseno, D. (2025). Pengaruh Infrastruktur, Teknologi, dan Tenaga Kerja terhadap PDRB Per Kapita dan Ketimpangan Pendapatan di Pulau Jawa. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 7 (1), 230-236.

Rosmeli (2018). Dampak Infrastruktur terhadap Ketimpangan Pembangunan Antar Daerah di Provinsi Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora 2(1), 75-83.

Sepulveda, C. F., & Martinez-Vazquez, J. (2011). The Consequences of Fiscal Decentralization on Poverty and Income Equality. Environment and Planning C: Government and Policy, 29(2), 321–343. https://doi.org/10.1068/c1033r

Siburian, M. E. (2020). Fiscal Decentralization and Regional Income Inequality: Evidence From Indonesia. Applied Economics Letters, 27(17), 1383–1386. https://doi.org/10.1080/13504851.2019.1683139

Song, Y. (2013). Rising Chinese Regional Income Inequality: The Role of Fiscal Decentralization. China Economic Review, 27, 294-309. https://doi.org/10.1016/j.chieco.2013.02.001

Tarigan, R. (2024). Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Taryn, L. A., Ruthshe, G., Lutfiani, S. L., Anjelika, S. N., & Tri, R. S. (2024). Menjembatani Kesenjangan: Menelusuri Dampak Pembangunan Infrastruktur terhadap Ketimpangan Pendapatan di 34 Provinsi Indonesia. In Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis 4(2), 775-784.

Todaro, M.P., & Stephen, C.S. (2011). Pembangunan Ekonomi Edisi ke-11. Jakarta: Erlangga.

Wahidah, F. N., Rahayu, V., Jujun, R., Bukhari, M., Liu Bie, K., & Oktober, D. (2024). Edukasi dan Pendampingan Pemeliharaan Infrastruktur Sanitasi Bagi Masyarakat Desa, Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(3), 96-105.

Wardhana, A., Juanda, B., Siregar, H., & Wibowo, D. K. (2013). Dampak Transfer Pemerintah Pusat Terhadap Penurunan Ketimpangan Pendapatan Di Indonesia, Sosiohumaniora 15(2), 111-118

Wibowo, T. (2016). Ketimpangan Pendapatan dan Middle Income Trap Income Inequality and Middle Income Trap. In Kajian Ekonomi Keuangan 20(2), 111 132. http://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal

Wijayanti, S., & Khoirunurrofik, K. (2022). Corruption, Road Infrastructure Quality and Income Inequality. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 15(2), 167-175

Zolfaghari, M., Kabiri, M., & Saadatmanesh, H. (2020). Impact of Socio-Economic Infrastructure Investments on Income Inequality in Iran. Journal of Policy Modeling, 42(5), 1146–1168. https://doi.org/10.1016/j.jpolmod.2020.02.004

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Iqbal, M., & Woyanti, N. (2025). Peran Desentralisasi Fiskal dan Pembangunan Infrastruktur dalam Mempengaruhi Ketimpangan Pendapatan di Pulau Jawa (2013-2022). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(4), 217–229. https://doi.org/10.33633/jekobs.v4i4.14838

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.