GAME EDUKASI “EVAKUATOR” BERGENRE PUZZLE DENGAN GAMEPLAY BERBASIS KLASIFIKASI SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN DALAM MITIGASI BENCANA

Authors

  • Hanny Haryanto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Rahmatsyam Lakoro Jurusan Desain Produk Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya Gedung R Desain Produk Industri

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v11i1.939

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang paling rawan terhadap bencana di dunia. Banyaknya korban manusia yang meninggal ketika bencana terjadi disebabkan karena kurangnya pendidikan tentang mitigasi bencana di Indonesia. Mitigasi bencana yang dapat dilakukan antara lain adalah mempersiapkan kebutuhan untuk evakuasi. Materi tentang mitigasi bencana tersebut dapat diberikan dengan menggunakan game. Game merupakan sarana hiburan yang dapat digunakan sebagai media edukasi karena sifatnya yang menyenangkan dan adiktif. Peneliti menggunakan game bergenre puzzle dengan gameplay yang menekankan klasifikasi dalam mempersiapkan kebutuhan dalam evakuasi. Untuk personalisasi pengalaman bermain, game ini menyediakan dua karakter lokal yang dapat dipilih untuk mewakili personal pemain dalam game. Kata kunci : edukasi, mitigasi, game, puzzle, gameplay.

Downloads

Published

2012-02-01