APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS E-WAKAF SEBAGAI TOOL PENGELOLAAN ASET WAKAF PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SURAKARTA

Suryo Adi Nugroho, Amiq Fahmi

Abstract


Masalah pengelolaan dan pengendalian aset wakaf di Indonesia merupakan persoalan pelik sampai saat ini, kasus-kasus seperti hilang atau “menguapâ€-nya  sejumlah harta wakaf di berbagai daerah di hampir seluruh Indonesia, membuktikan bahwa masih banyak masalah yang harus segera dipecahkan. Dalam rangka  memperbaiki pengelolaan secara administrasi dan pengamanan aset (harta-harta) wakaf dalam jangka panjang, maka perlu dikembangkan sistem informasi geografis e-wakaf berbasiskan web dengan script API dari Google Earth untuk pemantauan ke titik lokasi aset wakaf. Penelitian dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta. Pemodelan dilakukan dalam mencari keterkaitan antara faktor manajemen secara manual dengan penggunaan teknologi informasi. Perancangan sistem informasi geografis e-wakaf, dengan metode development sekuensial linear SLC (system development life cycle) terdiri atas kegiatan analisa, desain dan implementasi sistem. Hasil pengembangan sistem aplikasi diharapkan dapat digunakan untuk mengelola (menghimpun, menyimpan, memproses), mengontrol dan mengendalikan aset wakaf melalui penginderaan jauh keruangan, serta menghasilkan informasi baik berupa laporan, dokumen, grafik, gambar peta dan keluaran lainnya yang relevan. Pada tahap implementasi diharapkan pengelolaan dan pengendalian aset wakaf pada masa yang akan datang dapat berjalan secara optimal, sehingga masalah hilang atau “menguapâ€-nya aset wakaf dalam jangka waktu yang panjang dapat dipecahkan, diperbaiki dan dikendalikan.

Kata Kunci: sistem informasi geografis, aset wakaf, kantor kementrian agama kota Surakarta.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v12i2.789

Article Metrics

Abstract view : 659 times
PDF - 674 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.