Evaluasi Usability Aplikasi Rudaya Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v21i3.6392Keywords:
Rudaya Application, Usability, Usability Testing, USE QuestionnaireAbstract
Rudaya merupakan platform yang menjembatani pencari jasa seni dengan seniman tradisional diseluruh Indonesia. Saat ini aplikasi Rudaya sudah diunduh oleh 150 pengguna yang terdiri dari berbagai kalangan, serta seniman dari berbagai daerah. Meningkatnya jumlah user aplikasi Rudaya dengan pengguna yang bervariasi, menimbulkan permasalahan baru terkait usability. Berdasarkan permasalahan terkait usability, dilakukan pengukuran usability menggunakan metode usability testing dengan melakukan evaluasi secara langsung pada sampel pengguna 10 responden. Pengujian dilakukan melalui tiga tahapan, tes task scenario, mengisi kuesioner dan wawancara. Pengujian juga menggunakan USE Questionnaire (Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning, Satisfaction). Tahap akhir dilakukan perbaikan dengan menggunakan teori 8 golden rules dan 10 prinsip user interface aplikasi mobile, sehingga dihasilkan rekomendasi perbaikan prototype tampilan aplikasi Rudaya yang baru. Hasil pengujian usability pada success rate seniman pada pengujian awal 71,6%, Success rate pencari jasa seni 64%, Sedangkan success rate seniman pengujian akhir 93,3% dan success rate pencari jasa seni 90%. Untuk hasil time of working seniman dan pencari jasa seni rata-rata mengalami peningkatan pengerjaan waktu yang lebih cepat. Selanjutnya hasil pengujian usability berdasarkan USE Questionnaire yang dilakukan di awal diperoleh hasil 57,5%, terjadi perubahan yang signifikan pada pengujian kedua pada aplikasi Rudaya diperoleh nilai usability berdasarkan USE Questionnaire sebesar 89,4%.References
Santoso, S., Wahyuni, N. M. S. I., & Artika, I. W. "Features and themes of poetry in KOPI (komunitas puisi Indonesia) facebook group". KEMBARA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra dan Pengajarannya (e-Journal), vol. 7, no. 1, 34-52, 2021.
M. Sholeh, & S. Pradhityo. "Aplikasi Mobile Pencari Masjid Dan Mushola Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Google Maps". Prosiding Semnas Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim, Vol 1, No 1, 2014
F. Tahel and E. Ginting, “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android ”, Teknomatika, vol. 9, no. 02, pp. 113-120, Oct. 2019.
J. Nielsen, “Usability 101: Introduction to Usability,” NN/g Nielsen Norman Group, 2012. .
J. Nielsen, “Why You Only Need to Test with 5 Users,” NN/g Nielsen Norman Group, 2000. https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/ (accessed Oct. 22, 2021).
Kasih, A., & Delianti, V. I. "Analisis Usability Nagari Mobile Banking Menggunakan Metode Usability Testing Dengan Use Questionnaire". Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 8(1), 124, 2020.
Ningrum, S. W., Akrunanda, I., & Perdanakusuma, A. R. "Evaluasi Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire". Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 2019.
K. Aelani and Falahah, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. 2012 (SNATI 2012), vol. 2012, no. Snati, pp. 15–16, 2012.
A. M. Lund, “Measuring usability with the USE questionnaire,” Usability interface, vol. 8, no. 2, pp. 3–6, 2001.
Shneiderman’s, “Shneiderman ’ s 8 Golden Rules of Interface Design,” p. 8, 2016, [Online]. Available: https://www.interaction-design.org/literature/article/shneiderman-s-eight-golden-rules-will-help-you-design-better-interfaces.
J. Stark, “The 10 principles of mobile interface design,” 2012. https://www.creativebloq.com/mobile/10-principles-mobile-interface-design-4122910 (accessed Dec. 18, 2021).
J. Nielsen, “Success Rate: The Simplest Usability Metric,” Jakob Nielsen’s Alertbox, vol. 18, pp. 3–5, 2001, [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/success-rate-the-simplest-usability-metric/.
N.D. Pradana et. al., "Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan pada Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Kediri menggunakan Metode Heuristic Evaluation". Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 4, No. 4, 2020.
R. Firmansyah, "Usability Testing dengan Use Questionnaire pada Aplikasi Sipolin Provinsi Jawa Barat'. Jurnal Swabumi, Vol. 6 No. 1, Maret 2018.
T.K. Situmorang et. al., "Evaluasi Usability pada Aplikasi m-Kantor Pos dengan Menggunakan Metode Usability Testing", Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No. 5, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Irfan Walhidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/