Pemodelan Enterprise Architecture Sistem Informasi Akademik SMA PL Don Bosko Semarang Dengan Framework Zachman

Maria Alfonsa Chintia Dea Prananingrum, Wellia Shinta Sari

Abstract


Abstrak

SMA PL Don Bosko Semarang belum dapat memanfaatkan teknologi komputer secara optimal karena masih menggunakan cara manual dalam pengelolaan berbagai macam data akademik sehingga memberikan masalah seperti lambatnya dalam pembuatan laporan yang menyulitkan kepala sekolah dalam pengambilan keputusan. Oleh sebab itu, SMA PL Don Bosko Semarang membutuhkan Sistem Informasi Akademik untuk memberikan kemudahan dalam mengelola berbagai macam data akademik secara terintegrasi serta memberikan layanan yang lebih baik kepada siswanya. Sebuah model architecture enterprise Sistem Informasi Akademik dibutuhkan agar meminimalisir kegagalan ketika menerapkan sistem tersebut sekaligus dapat berjalan sesuai kebutuhan di SMA PL Don Bosko Semarang. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Framework Zachman yang memberikan pondasi dalam membantu menyediakan struktur dasar organisasi sehingga dapat mendukung perancangan dan pengembangan sistem informasi suatu organisasi. Hasil dari penelitian ini berupa blueprint (cetak biru) pemodelan Sistem Informasi Akademik.

Kata kunci— sistem informasi akademik, architecture enterprise, framework zachman, bluprint


Full Text:

PDF

References


IBM, “The Framework Zachman.†[Online]. Available: http://www.ibm.com/support/knowledgecenter/SS6RBX_11.4.3/com.ibm.sa.bpr.doc/topics/r_Zachman_fmwk.html. [Accessed: 02-Dec-2016].

K. Surendro, Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi. Bandung: Informatika, 2009.

A. A. Slamento, E. Utami, and A. A. Pangera, “PENERAPAN 36 SEL ZACHMAN FRAMEWORK DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI,†J. Telemat., vol. Vol. 5 No., no. 1979–925X, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v16i2.1423

Article Metrics

Abstract view : 1107 times
PDF - 739 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.