PENERAPAN GOOGLE EARTH UNTUK PENYAJIAN DATA KOMODITI KERAJINAN GAMELAN PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SUKOHARJO

Eka Listiana, Much Aziz Muslim

Abstract


Kerajinan gamelan merupakan salah satu produk komoditi unggulan di kabupaten Sukoharjo. Di mana komoditi unggulan kabupaten Sukoharjo berada di bawah naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).  Dengan adanya komoditi kerajinan gamelan dapat meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kualitas produk akan meningkat. Komoditi kerajinan gamelan di kabupaten Sukoharjo terletak dibeberapa daerah. Bagi pendatang, untuk mencari tempat yang mempunyai produk kerajinan gamelan akan susah mencari informasi dan tempatnya. Setelah mengetahui masalah di atas maka akan diterapkan google earth untuk menyajikan data komoditi kerajinan gamelan kabupaten Sukoharjo, dengan tujuan google earth dapat memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara, dan globe GIS tiga dimensi sehingga akan menghasilkan 16 data yang lengkap dari produk komodti kerajinan gamelan. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut yaitu mengumpulkan data dengan cara metode observasi dan studi pustaka. Dalam melakukan observasi yang diamati secara langsung, yaitu bagaimana proses penyajian data komoditi kerajinan gamelan pada dinas perindustrian dan perdaganan kabupaten Sukoharjo. Kesimpulan yang diperoleh, yaitu data komoditi unggulan kerajinan gamelan kabupaten Sukoharjo yang disajikan dalam google earth 100% sudah lengkap dengan 16 data.


Full Text:

PDF

References


Muslim, M. A., & Pramesti, A. A. 2015. Penyajian Data Pelanggan pada Lima Area PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Pekalongan Menggunakan Google Earth. Scientific Journal of Informatics, 1(2), 193-200.

Muslim, M. A. 2005. Aplikasi Penentuan Rute Terbaik Berbasis Sistem Informasi Geografis. Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, 10(2).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hal. 308.

Nasution, M. A., S. 1964. Azas-Azas Kurikulum. Penerbit Terate: Bandung. Hlm. 364.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v15i4.1221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh : 

Jurnal Techno.Com terindex di :

   

 

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang bekerjasama dengan IndoCEISS dan CORIS. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.