KEPEMIMPINAN PELAYANAN, BUDAYA ORGANISASI DAN PENGARUHNYA PADA PROAKTIVITAS DAN KINERJA KARYAWAN

Artha Febriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengaruh antara variabel kepemimpinan pelayanan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dengan proaktivitas sebagai variabel pemediasi. Sampel yang digunakan
sebanyak 265 karyawan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pengujian SEM pada kelima hipotesis, hipotesis pertama menyatakan bahwa semakin kuat kepemimpinan pelayanan maka semakin tinggi
pengaruh proaktivitas dapat diterima ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0.049. Pada hipotesis kedua, ketiga, keempat dan kelima menyatakan bahwa semakin kuat kepemimpinan pelayanan dan budaya organisasi maka
semakin tinggi pula pengaruh proaktivitas dan kinerja karyawan dapat diterima dengan nilai signifikansi 0.001. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proaktivitas mampu memediasi hubungan kausalitas variabel kepemimpinan pelayanan terhadap kinerja karyawan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada perusahaan elektronik di Jawa Tengah.

Kata Kunci: Kepemimpinan Pelayanan; Budaya Organisasi; Proaktivitas; Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/jpeb.v4i1.2361

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 297 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.33633/jpeb.v4i1.2361.g1493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (JPEB)

Published by
Fakultas Ekonomi dan Bisnis | Universitas Dian Nuswantoro
Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang 50131, Indonesia

Email: udinusjpeb@gmail.com
Phone: (024) 3567010
Website:  http://www.jpeb.dinus.ac.id

ISSN
2442-5028 (Print)
2460-4291 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.