OPTIMALISASI KUALITAS PRODUK LAYANAN PURNA JUAL CHEVROLET SUMBER ANDALAN JOGJA DENGAN PENDEKATAN QFD

Handy Nur Cahya

Abstract


Penjualan yang stagnan pada produk Chevrolet terindikasi disebabkan oleh kualitas produk layanan purna jual yang belum optimal. Kinerja penjualan yang kurang baik memaksa Chevrolet melakukan efisiensi dengan menutup sebagian dealernya. Akibatnya Chevrolet Sumber Andalan Jogja menjadi dealer tunggal di kawasan pulau Jawa bagian Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kebutuhan konsumen, mengidentifikasi bagaimana perusahaan dapat memenuhi kebutuhan konsumen (respon teknis), dan menentukan tingkat prioritas masing masing. Penelitian dilakukan secara descriptive research dengan melakukan observasi di Chevrolet Sumber Andalan Jogja, melakukan penyebaran kuesioner, mengolah data dan menganalisa menggunakan QFD. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan konsumen akan produk layanan purna jual Chevrolet secara prioritas meliputi 6 variabel, yaitu keandalan, harga, kecepatan, stok, sarana, dan pelayanan. Respon teknis perusahaan berdasarkan urutan prioritas meliputi: melengkapi alat servis dan perbaikan, menambah terminal servis, memperpanjang jam operasional, memberi pelatihan kepada staf dan teknisi, dan menambah pegawai.


Kata Kunci : Quality Function Deployment; Operasional; Peningkatan Kualitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2301

Article Metrics

Abstract view : 634 times
PDF - 639 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2301.g1460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (JPEB)

Published by
Fakultas Ekonomi dan Bisnis | Universitas Dian Nuswantoro
Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang 50131, Indonesia

Email: udinusjpeb@gmail.com
Phone: (024) 3567010
Website:  http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/jpeb

ISSN
2442-5028 (Print)
2460-4291 (Online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.