ANALISIS SENTIMENT PADA SOSIAL MEDIA TWITTER MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER TERHADAP KATA KUNCI “KURIKULUM 2013â€
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v14i4.975Abstract
Twitter salah satu situs sosial media yang memungkinkan penggunanya untuk menulis tentang berbagai hal yang terjadi dalam sehari-hari. Banyak pengguna mentweet sebuah produk atau layanan yang mereka gunakan. Tweet tersebut dapat digunakan sebagai sumber data untuk menilai sentimen pada Twitter. Pengguna sering menggunakan singkatan kata dan ejaan kata yang salah, dimana dapat menyulitkan fitur yang diambil serta mengurangi ketepatan klasifikasi. Dalam penelitian ini menggunakan Twitter Search API untuk mengambil data dari twitter, penulis menerapkan proses n-gram karakter untuk seleksi fitur serta menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier untuk mengklasifikasi sentimen secara otomatis. Penulis menggunakan 3300 data tweet tentang sentimen kepada kata kunci “kurikulum 2013â€. Data tersebut diklasifikasi secara manual dan dibagi kedalam masing-masing 1000 data untuk sentimen positif, negatif dan netral. Untuk proses latih di gunakan 3000 data tweet dan 1000 tweet tiap kategori sentimentnya. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat mengklasifikasi sentimen secara otomatis dengan hasil pengujian 3000 data latih dan 100 tweet data ujicoba mencapai 91 %. Kata kunci : Twitter, Twitter Search API, sosial media, tweet, analisis sentimen, sentimen, N-gram, Naive Bayes Classifier.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dyarsa Singgih Pamungkas, Noor Ageng Setiyanto, Erlin Dolphina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/










