Implementasi Teknik Visualisasi Dinamis pada Augmented Reality untuk Representasi Operasi Vektor
DOI:
https://doi.org/10.62411/tc.v24i4.14982Abstract
Konsep vektor, khususnya terkait arah dan transformasi besaran dalam ruang 3D, menuntut kemampuan visualisasi spasial yang tinggi. Media pembelajaran konvensional dan aplikasi AR statis seringkali memiliki keterbatasan dalam merepresentasikan proses terjadinya operasi vektor secara nyata. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan teknik Visualisasi Vektor Dinamis (Dynamic Vector Visualization) berbasis Augmented Reality (AR) untuk mensimulasikan perilaku vektor secara real-time. Sistem dikembangkan menggunakan engine Unity 3D dengan menerapkan arsitektur Visualisasi Berbasis Status (State-Driven Visualization). Metode ini mengintegrasikan aset adaptif dari Blender (Keyframe Animation) dengan logika kontrol Finite State Machine (FSM) untuk menjamin presisi geometris dan efisiensi komputasi pada perangkat mobile. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media, serta uji usability terhadap 30 mahasiswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa teknik visualisasi dinamis memperoleh skor validasi ahli materi sebesar 86% dan ahli media sebesar 95%. Uji penerimaan pengguna menghasilkan skor System Usability Scale (SUS) sebesar 92,7 yang masuk dalam kategori "Best Imaginable". Temuan ini mengonfirmasi bahwa integrasi mekanisme animasi prosedural dalam lingkungan AR terbukti efektif dalam membantu mahasiswa memvisualisasikan konsep abstrak operasi vektor dibandingkan representasi statis. Kata Kunci - Augmented Reality; Visualisasi Dinamis; Vektor; Finite State Machine; Unity 3D.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Triana Harmini, Oddy Virgantara Putra, Hibatullah Agung Prihadian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/










