Penerapan Metode UEQ dan Importance Performance Analysis dalam Evaluasi User Experience Layanan Pembayaran Akademik

Authors

  • Elang Safamoza Ramadhan Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur
  • Ilyas Nuryasin Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur
  • Briansyah Setio Wiyono Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.62411/tc.v24i4.14874

Abstract

Untuk memastikan layanan pembayaran akademik memenuhi ekspektasi pengguna, evaluasi kualitas pengalaman pengguna atau user experience (UX) wajib dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) yang mencakup enam dimensi penilaian yaitu Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Selanjutnya, metode Importance Performance Analysis (IPA) diterapkan untuk memetakan prioritas perbaikan, didukung oleh Key Performance Indicator (KPI) dari UEQ. Layanan pembayaran InfoKHS Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) digunakan sebagai objek penelitian. Sebanyak 38 dari 61 data responden valid digunakan setelah proses eliminasi data inkonsisten. Hasil UEQ menunjukkan penilaian positif pada lima dimensi (kecuali Novelty yang netral). Berdasarkan benchmark UEQ, terdapat empat dimensi yang dinilai di atas rata-rata, kecuali Stimulation dan Novelty. Analisis IPA menempatkan Perspicuity, Efficiency, dan Dependability pada Kuadran 1 untuk dipertahankan kinerjanya. Dimensi Attractiveness berada di Kuadran 2 yang memiliki performa berlebihan, sementara Stimulation dan Novelty masuk Kuadran 3 dengan prioritas perbaikan rendah. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa sistem layanan pembayaran InfoKHS UMM secara umum telah mencapai pengalaman pengguna yang baik. Namun, aspek Stimulation dan Novelty masih perlu diperhatikan untuk peningkatan kualitas sistem yang berkelanjutan.   Kata Kunci - User Experience Questionnaire, UEQ, Importance Performance Analysis, KPI, Universitas Muhammadiyah Malang

Downloads

Published

2025-11-28

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.