Analisis Pengalaman Pengguna Website OOPedia pada Materi Enkapsulasi dengan User Experience Questionnaire

Authors

  • Eka Larasati Amalia Politeknik Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Pramana Yoga Saputra Politeknik Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Achmad Savero Windi Pradana Politeknik Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62411/tc.v24i4.14817

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong pemanfaatan media pembelajaran berbasis web. Pada mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek (PBO), mahasiswa sering kesulitan memahami konsep abstrak seperti enkapsulasi. Penelitian ini mengembangkan OOPedia, platform e-learning berbasis web dengan fitur Fill in the Blanks untuk mendukung pemahaman mahasiswa secara interaktif. Sistem dibangun menggunakan model Waterfall melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Evaluasi dilakukan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) yang melibatkan 40 mahasiswa semester dua Program Studi Sistem Informasi Bisnis, Politeknik Negeri Malang. Hasil menunjukkan bahwa OOPedia memberikan pengalaman belajar positif pada seluruh aspek UEQ, dengan kategori Excellent pada Daya Tarik dan Stimulasi, serta Above Average pada aspek lainnya. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi fitur Fill in the Blanks dalam materi enkapsulasi serta kombinasi evaluasi UEQ dengan pre/post-test, yang memberikan perspektif baru dalam mengukur efektivitas media pembelajaran interaktif.   Kata Kunci: E-learning, OOPedia, Enkapsulasi, Fill in the Blanks, UEQ

Downloads

Published

2025-11-28

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.