Mendeteksi Emosi Berdasarkan Postingan Sosial Media X Menggunakan Algoritma Long Short-Term Memory

Authors

  • Irni Irana Ainin Nadhiroh Universitas Merdeka Pasuruan
  • Mohammad Zoqi Sarwani Universitas Merdeka Pasuruan
  • Muhammad Udin Universitas Merdeka Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.62411/tc.v24i3.13509

Abstract

Emosi merupakan aspek penting dalam komunikasi manusia yang sering muncul melalui unggahan di media sosial. Emosi tersebut diekspresikan dalam teks berbahasa Indonesia di platform media sosial X. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi lima kategori emosi, yaitu marah, takut, senang, cinta, dan sedih. Model yang digunakan adalah algoritma Long Short-Term Memory (LSTM) dengan representasi kata dari FastText. Model dilatih menggunakan metode EarlyStopping dan dievaluasi dengan metrik akurasi, presisi, recall, dan F1-score. Hasil  menunjukkan bahwa model mencapai akurasi sebesar 79% pada data testing dengan performa yang relatif seimbang untuk setiap kategori emosi. Penelitian ini menunjukkan bahwa FastText dan LSTM efektif untuk mendeteksi emosi dalam teks media sosial berbahasa Indonesia. Penelitian ini diharapkan bermanfaat  dalam pengembangan penelitian berbasis emosi, seperti analisis sentimen, pemantauan opini publik, dan sistem pendukung kesehatan mental.   Kata Kunci – Deteksi Emosi, Sosial Media, Long Short-Term Memory, FastText

Downloads

Published

2025-08-18

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.