MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DI BALAI PENGOBATAN PUSKESMAS BULU LOR SEMARANG TAHUN 2012

Enni Wulandari, Eti Rimawati, Retno Astuti Astuti

Abstract


Dari survei awal yang dilakukan untuk 20 responden, 75 % dari mereka menyatakan bahwamereka tidak puas dengan layanan rawat jalan yang disebabkan oleh durasi menunggu,antrian panjang, dan hampir tidak ada pemeriksaan oleh dokter. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui korelasi antara layanan dengan keunggulan pelayanan kesehatan rawat jalan diBulu Lor Pusat Kesehatan (Puskesmas) Semarang pada tahun 2012.Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan cross sectional. Sampeldiambil berdasarkan metode accidental sampling untuk 94 responden. Data primer diperolehmelalui wawancara dengan pasien dan dianalisis menggunakan Uji Rank Spearman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pelayanan administrasi dilakukan denganbaik (50 %), dokter melayani dengan baik (60,6 %) dan kualitas obat baik (69,1 %). Adakorelasi antara pelayanan administrasi, pelayanan dokter dan pelayanan pengobatan dengankepuasan pasien.Berdasarkan hasil yang ditampilkan, supervisi dan evaluasi perlu dilakukan secara teraturmelalui survei kepuasan konsumen, tindak lanjut dari survei kepuasan konsumen diterapkandan peningkatan keterampilan petugas dalam memberikan perawatan kepada pasien melaluilayanan pelatihan keunggulan dibuat.

Keywords : Layanan keunggulan, kepuasan pasien rawat jalan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/visikes.v12i1.624

Article Metrics

Abstract view : 245 times
PDF - 262 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.site
stats View My Stats

 

Supporting Professional Organizations

iakmiahla