THE IMPLEMENTATION OF RIJSTTAFEL SERVICES WITH THE CONCEPT OF DUTCH AND NUSANTARA CULTURE AS A MARKETING STRATEGY AT SEKAR KEDHATON RESTAURANT
Abstract
The purpose of this study is to find out and to analyze the implementation of the Rijsttafel service system of Dutch and Nusantara menu at Sekar Kedhaton Restaurant. This study is delivered descriptively to obtain an overview of the implementation of the rijsttafel service at the Sekar Kedhaton Restaurant. The methods used in this study are interviews, observation and documentation. The results obtained from this study indicate that the rijsttafel service flow consists of three important stages such as preparation stage, implementation stage, and outlet closing stage. The attraction of the restaurant in the form of a heritage building and a touch of Javanese royal luxury has a positive impact on the brand image and increases the attraction of the restaurant’s guests. It also does not escape from the history of each Rijsttafel dish menu in collaboration with Yogyakarta City Cultural Heritage Conservation Center (BPCB). Thus, the mix market strategy, especially with the implementation of the Rijsttafel service system, proves that Sekar Kedhaton Restaurant is able to provide a different experience to each guest. This study also provides recommendations for tourists who visit Kotagede, Yogyakarta and business owners to further strengthen marketing strategies for Rijsttafel services. The Sekar Kedhaton Restaurant Rijsttafel service system is able to increase the number of orders for dinner banquets from the upper classes and officials. Keywords: Acculturation; restaurant; Rijsttafel; serviceReferences
Wibowo, D.H., Arifin, Z., dan Sunarti. (2015). “Analisi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo)” dalam Jurnal Administrasi Bisnis, volume 29, Nomor 1, Desember.diakses 30 Oktober 2023.
Bahiyah, C., Hidayat, W.R., dan Sudarti. (2018). “Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata di Pantai Duta Kabupaten Probolinggo” dalam Jurnal Ilmu Ekonomi, volume 2, 95-103.diakses 30 Oktober 2023.
Rafsanjani, A., dan Pambayun, K.G. (2018). “Strategi Pengembangan Obyek Wisata Talangindah Bukit Pangonan di Kabupaten Peringsewu Provinsi Lampung” dalam Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintah, volume 3, Nomor 2, 114, November.diakses 30 Oktober 2023.
Riyadi, I.A., (2018). Mendulang Devisa Melalui Pariwisata. Jakarta: Gerai Info.
Furqon, Muhammad. (2019). “Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan usaha (Studi Pada toko Emas Barokah Turen Malang Jawa Timur)”. Skripsi. Malang: Prodi Manajemen Ekonomi Universitas Islam Negeri.diakses 31 Oktober 2023.
Hapsari, Mega Tunjung. (2022). “Halal Fashion: Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix 9P” dalam Journal of Halal Industry Studies, vol.1, No.1, diakses pada 31 Oktober 2023.
Anggraeni, Yaunita Ika. (2010). “Kegiatan Komunikasi Pemasaran Restoran Royal Garden (Studi Deskriptif Mengenai Kegiatan Komunikasi Pemasaran Restoran Royal Garden Jogja)”. Skripsi. Surakarta: Prodi Ilmu Sosial dan Imu Politik Univeristas Sebelas Maret.diakses 31 Oktober 2023.
Dewantara, Y.F., (2021). “Analisa Potensi Wisata Kuliner Khas Betawi Dalam Pengembangan Pariwisata di Kota DKI Jakarta” dalam Jurnal Sains Terapan Pariwisata, volume 6, Nomor 1, Februari.diakses 31 Oktober 2023.
Rachmawati, Rina. (2011). “Peranan Bauran (Marketing Mix Pemasaran terhadap Peningkatan Penjualan Study Bisnis Restoran” dalam Jurnal Kompetensi Teknik, volume 2, hal. 148.diakses 1 November 2023.
Atikah, N. et.al. (2021). “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran Ramen Aboy)” dalam Jurnal Manajemen dan Bisnis, volume 6, Nomor 1, Juli.diakses 1 November 2023.
Tambunan, W., Sukmono Y., dan Anggreani, L.O., (2021). “Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan dan Daya Saing” dalam Jurnal Optimalisasi, volume 7, Nomor 1, April.diakses 4 November 2023.
Armstrong, G., dan Kotler, P., (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Spyridou, Anastasia. (2017). “Perceived Service Quality and Customer Revisiting Intention: The Case of ‘All You Can Eat’ Asian Restaurants in Southern Taiwan” Journal of Tourism, Heritage, & Service Marketing, vol.3.diakses 8 November 2023.
Rohmat, M.N., (2019). “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 9P Pada Koplak Food di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember”. Skripsi. Jember: Prodi Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Jember.
Dewi, P.R. et.al. (2023). “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Restoran Zushioda Cirebon” dalam Jurnal Inovasi Penelitian, volume 4, Nomor 3, Agustus.
Hayani, Nurahmi Hayani. (2012). Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi. Pekanbaru: Suska Press.
Assauri, Sofjan. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Annisa, et.al. (2015). “Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Pada Mebel Ud. Jati Indah di Jember” dalam Jurnal (Unej), hal 6.
Lexy J. Moloeng., (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, hal. 190.
Rijsttafel, Budaya Makan Tengah Berbalut Nuansa Eropa. (2019). https://kumparan.com/kumparanfood/rijsttafel-budaya-makan-tengah-
berbalut-nuansa-eropa-1rg2kjKDNQf/full diakses pada Senin 13 November 2023
Wijanarko, Fajar. (2021). “Abdi Dalem Encik Dan Tradisi Jamuan Rijsttafel Di Keraton Yogyakarta” dalam Bandar Maulana Jurnal Sejarah Kebudayaan, vol.26, No.1, Oktober.diakses pada Senin 13 November 2023.
Radjab, Ramdan, dkk. (2020). “Pelayanan Makanan dan Minuman Pad aPesta Pernikahan Masyarakat Adat Sebagai Daya Tarik Pariwisata Berbasis Masyarakat” dalam Jurnal Gastronomi Indonesia, vol.8, No.2, Desember.diakses pada Senin 13 November 2023.
Subakti, Agung Gita. (2019). “Mengenal Pelayanan Rijsttafel Sebagai Bagian Dari Warisan Kolonial Belanda” dalam Jurnal Sains Terapan Pariwisata, vol.4, No.2, Juni.diakses pada Senin 13 November 2023.
Ningrum, D.P. (2020). “Bauran Pemasaran pada Bisnis Chockles Es Cokelat di Kota Yogyakarta” dalam Jurnal PIKMA: Publikasi Media dan Cinema, volume 3, No.1, September.diakses pada 30 Desember 2023.
Harja, O., dan Wardani, D.M., (2023). “Pengaruh Harga, Kualitas Makanan dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restaurant Hotel” dalam Journal of Innovation Research and Knowledge, vol.3, No.1, Juni.diakses pada 30 Desember 2023.
Tumpuan, Adiguna. (2021). “Penerapan Sistem Menu Engineering Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Menu di Restoran Bintan Inti Executive Village Clubhouse” dalam Jurnal Pariwisata Terapan, vol.5, No.1, September.diakses pada 30 Desember 2023.
Muliani, Lila. (2019). “Potensi Bubur Ase Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Jakarta” dalam Destinesia Jurnal Hospitaliti & Pariwisata, vol.1, No.1, September.diakses pada 31 Desember 2023.
R. Achamd Sunjayadi. (2018). Akulturasi Dalam Turisme di Hindia Belanda. Paradigma Jurnal Kajian Budaya, vol.8, No.1, halaman 11-23.diakses pada 10 Maret 2024.