Optimasi K-Means Dengan Particle Swarm Optimization (PSO) Dalam Penentuan Titik Awal Pusat Klaster Data Telekomunikasi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.62411/tc.v23i1.9743

Keywords:

Klasterisasi, Strategi Promosi, paket data telekomunikasi, K-Means, PSO

Abstract

Berkembangnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan telekomunikasi telah mengakibatkan persaingan yang semakin sengit di antara perusahaan-perusahaan di industri tersebut. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan ini dituntut untuk mencari strategi promosi guna meningkatkan penjualan produk mereka. SiDompul adalah aplikasi yang dikembangkan XL Axiata untuk membantu RO (Retail Outlet) dalam melakukan penjualan paket data XL Axiata. Di tahun 2022 terjadinya penurunan penjualan paket data XL Axiata dilihat dari transaksi penjualan Retail Outlet melalui aplikasi SiDompul mengalami penurunan 37% dan targetnya tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk dan menguji pemodelan klasterisasi dari data transaksi penjualan dengan metode K-Means dan metode Particle Swarm Optimization (PSO). PSO untuk optimasi penentuan pusat klaster atau centroid. Pada penelitian ini, Algoritma K-Means dan PSO terbukti dapat membentuk 2 klaster yang lebih baik dimana nilai quantization errornya dan nilai SSE lebih rendah yaitu quantization 2.920 dan SSE 17.255 sedangkan pada K-Means quantization 2.939 dan SSE 17.288. 

Author Biographies

Raden Gesit Prasasti Alam, Budi Luhur University

Fakultas Teknologi Informasi, Magister Ilmu Komputer , Universitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia

Yan Everhard, Budi Luhur University

Fakultas Teknologi Informasi, Magister Ilmu Komputer , Universitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia

Downloads

Published

2024-06-18