LOGIKA FUZZY MENGGUNAKAN METODE TSUKAMOTO UNTUK PREDIKSI PERILAKU KONSUMEN DI TOKO BANGUNAN

Authors

  • Akbar Ariya Caraka Teknik Informatika S1, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Hanny Haryanto Teknik Informatika S1, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Desi Purwanti Kusumaningrum Teknik Informatika S1, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Setia Astuti Teknik Informatika S1, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/tc.v14i4.970

Abstract

Para pedagang bahan bangunan sulit untuk menentukan barang apa yang harus dibeli untuk persediaan barang di gudang. Dalam menentukan persediaan barang di gudang dapat menggunakan cara melihat perilaku konsumen. Salah satu cara melihat perilaku konsumen yaitu dengan memprediksinya. Untuk itu perlu dibuat sistem untuk memprediksi perilaku konsumen. Di dalam penelitian ini akan dijelaskan bagaimana menerapkan logika fuzzy metode tsukamoto untuk memprediksi perilaku konsumen di toko bangunan. Metode Tsukamoto dipilih karena sifatnya sederhana, fleksibel, memiliki toleransi pada data yang ada, lebih cepat dalam melakukan  komputasi, lebih intuitif, diterima oleh banyak pihak, lebih cocok untuk masukan yang diterima dari manusia bukan oleh mesin. Hasil akhir (z) diperoleh dengan menggunakan rata-rata terpusat. Faktor yang digunakan sebagai input adalah nota pembelian barang setiap konsumen. Hasil dari penelititan ini adalah nilai prosentase perilaku konsumen berdasarkan penggunaan barang yang dibeli oleh konsumen. Penggunaannya dikelompokkan menjadi 3, yaitu bagian  tembok, lantai dan atap. hasil prediksi renovasi setiap bagian bangunan dengan akurasi perhitungan berkisar dari 0%, 50-100%, dengan nilai MAPE setiap renovasi yaitu bagian tembok sebesar 43,91%, lantai sebesar 36,23%, dan atap sebesar 18,11%.Untuk pengembangan penelitian selanjutnya dapat ditambahkan lebih bayak data atau juga dapat mengkombinasikan dengan metode yang lain supaya mendapatkan hasil yang lebih baik. Kata kunci : perilaku konsumen, logika fuzzy, tsukamoto, renovasi, toko bangunan

Downloads