DESAIN VISUALISASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v14i3.948Abstract
Media adalah salah satu faktor keberhasilan dalam belajar. Melalui media proses pembelajaran akan lebih menarik dan menyenangkan. Aspek penting dari penggunaan media adalah untuk membantu memperjelas pesan pembelajaran. Informasi disampaikan secara lisan kadang-kadang tidak sepenuhnya dipahami oleh siswa, terutama jika guru kurang mahir dalam menjelaskan material. Visual learners adalah metode yang memiliki persentase terbesar dari keberhasilan dalam mendukung proses pembelajaran dibandingkan dengan Active Learners dan Sense Learners. Ini berarti bahwa media berbasis komputer menjadi faktor yang sangat dominan dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah pengembangan modul media pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk membuat percepatan dalam memahami materi yang diajarkan dan menemukan model pembelajaran yang memberikan kesempatan dan kebebasan kepada pengajar untuk dapat melakukan improvisasi dan pengembangan materi yang disampaikan. Sedangkan metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Problem Based Learning diharapkan menjadi pengajar dalam pilihan bahan pengiriman di kelas. Pengembangan metode menggunakan Dick & Carey model dengan tahapan adalah analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Kata kunci : Media, pembelajar visual, pembelajar aktif, pembelajaran berbasis masalah.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2015 Sri Winarno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi
Artikel yang diterbitkan dalam jurnal Techno.Com dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Anda diperbolehkan untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan melakukan karya dari artikel ini serta membuat karya turunan selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan tidak menggunakan karya ini untuk tujuan komersial. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi [Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International](https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
---
Contoh pengkreditan:
- Penulis: [Nama Penulis]
- Judul Artikel: [Judul Artikel]
- Jurnal: Techno.Com, Vol. [Nomor Volume], No. [Nomor Edisi], Tahun [Tahun Penerbitan]
Jika Anda ingin menggunakan karya ini untuk tujuan komersial, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari penulis atau penerbit.
---