DESAIN VISUALISASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v14i3.948Abstract
Media adalah salah satu faktor keberhasilan dalam belajar. Melalui media proses pembelajaran akan lebih menarik dan menyenangkan. Aspek penting dari penggunaan media adalah untuk membantu memperjelas pesan pembelajaran. Informasi disampaikan secara lisan kadang-kadang tidak sepenuhnya dipahami oleh siswa, terutama jika guru kurang mahir dalam menjelaskan material. Visual learners adalah metode yang memiliki persentase terbesar dari keberhasilan dalam mendukung proses pembelajaran dibandingkan dengan Active Learners dan Sense Learners. Ini berarti bahwa media berbasis komputer menjadi faktor yang sangat dominan dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah pengembangan modul media pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk membuat percepatan dalam memahami materi yang diajarkan dan menemukan model pembelajaran yang memberikan kesempatan dan kebebasan kepada pengajar untuk dapat melakukan improvisasi dan pengembangan materi yang disampaikan. Sedangkan metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Problem Based Learning diharapkan menjadi pengajar dalam pilihan bahan pengiriman di kelas. Pengembangan metode menggunakan Dick & Carey model dengan tahapan adalah analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Kata kunci : Media, pembelajar visual, pembelajar aktif, pembelajaran berbasis masalah.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2015 Sri Winarno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/